Ladang Garam Terbesar di Taepyeong Salt Farm

Barangkali inilah sudut Korea Selatan yang jarang diketahui oleh khalayak luas. Ya, negara ini ternyata menyimpan ladang garam yang tidak hanya menjadi kekayaan alam tetapi destinasi wisata. Ladang garam itu bernama Tapyeong Salt Farm yang berada di pulau Jeungdo Jeollanam-do.

taepyeong salt farm korea selatanDisini, Anda bisa melihat hamparan ladang garam yang sekaligus menjadi produsen garam terbesar di Korea. Tidak itu saja, kita juga bisa melihat produksi garam dan bagaimana proses budidaya-nya.

Berlibur di Taepyeong juga membuat kita paham kehidupan para petani garam di perkampungan yang sudah biasa disinggahi para pelancong.

Pengelola pariwisata di pulau ini juga menyediakan kunjungan atau tur ke museum garam dan program-program wisata lainnya yang pastinya akan memberikan warna tersendiri dibandingkan dengan destinasi yang lain. Banyak orang yang mengatakan bahwa ladang garam ini membuat pulau Jeungdo menjadi lebih magis. Bayangkan saja, yang kita lihat bukanlah ladang dengan luas selayaknya sawah atau kebun di tempat biasa.

Baca Juga:  4 Situs Suci untuk Dikunjungi selama Liburan Keluarga Thailand

Sepanjang mata memandang yang terlihat adalah ladang garam dengan air laut yang jernih dan angin pantai yang lembut. Taepyeong Salt Farm telah ditetapkan sebagai cagar biosfer (Biosphere Reserves) oleh UNESCO pada tahun 1997. Oya, untuk melihat dari dekat produksi garam dan mengunjungi museum, Anda harus memesan tiket kunjungannya terlebih dahulu minimal 3 hari sebelum kedatangan. Biaya yang harus Anda keluarkan agar bisa mengikuti tur wisata di Taepyeong Salt Farm adalah 7000 Won untuk pengunjung dewasa, 6000 Won untuk remaja dan 5000 Won untuk anak-anak.

South Korea Jeungdo Island Salt MuseumSementara itu, pulau Jeungdo adalah kota pertama di Asia yang akan ditetapkan sebagai “slow city” berkat kemurnian alam dan airnya yang masih terjaga kebersihannya.

Baca Juga:  Belanja Ala Bintang K-Pop di Sinchon

Oleh UNESCO, pulau Jeungdo ditetapkan sebagai kawasan keanekaragaman konservasi hayati. Selain hamparan ladang garam, pulau Jeungdo juga secara rutin menghelat mudflats festival setiap awal bulan Agustus.

Untuk sampai ke Taepyeong Salt Farm, Anda harus naik bus dari Seoul Central City Express Bus Terminal menuju Gwangju U-Square Bus Terminal. Anda juga bisa menumpang bus dari Seoul Central City Express Bus Terminal menuju Mokpo Bus Terminal dengan waktu tempuh sekitar 4 jam. Selain Taepyeong Salt Farm, destinasi wisata yang unik lainnya adalah Upo Marsh, pulau Ulleung dan jembatan Gwang-An di Busan.

Selama liburan di Korea, Anda bisa menginap di Lotte Seoul Hotel, Hamilton Hotel Itaewon atau Airport Hotel. Semuanya berada di kawasan kota Seoul.

Baca Juga:  Haeundae Beach, Pantai Terpopuler di Musim Panas