upo marsh korea selatan

Rawa ini bukan rawa biasa. Upo Marsh banyak dikagumi wisatawan karena keindahannya. Bagi Anda yang menyukai foto – foto alam, Upo Marsh adalah tempat yang wajib Anda kunjungi. Dijamin tidak akan kecewa dan akan terpesona dengan panorama alam taman ekologi yang terletak di Changnyeong, Gyeongsangnam-do, Korea Selatan ini.

Kawasan Upo Marsh ini memiliki lapisan humus yang sangat tebal, dibentuk oleh pengurai bahan organik alias sisa-sisa tumbuhan dan hewan. Itu sebabnya Upo Marsh disebut dengan museum hidup sejarah alam. Upo Marsh terdiri dari empat zona yang berbeda yakni Upo, Sajipo, Jjokjibeol dan Mokpo. Masing-masing zona memiliki rute eksplorasi seluas 2 hingga 4 km.

Rawa yang bernama “Upo” ini jika dilihat dari atas bentuknya seperti sapi jantan. Kedalaman rata-rata rawa hanya berkisar 1-2 meter namun uniknya ia merupakan habitat dari 1000 varietas kehidupan, termasuk 160 jenis burung dan 28 jenis ikan.

Baca Juga:  Panduan Perjalanan di Hoi An, Vietnam

Upo Wetlands Korea SelatanPada tahun 1997, Upo ditetapkan sebagai zona ekologi yang dilindungi. Pada tahun 1998, Upo menjadi salah satu lahan basah (wetland) yang dilindungi oleh Konvensi Ramsar (Convention on Wetlands of International Importance especially as Waterfowl Habitat). Upo juga menjadi tuan rumah Ramsar Wetland Convention Meeting pada tahun 2008 lalu.

Mengunjungi Upo pada musim-musim yang berbeda, artinya Anda juga akan mendapatkan panorama yang berbeda pula. Saat musim semi, rawa berwarna kehijauan. Sedangkan saat musim panas berganti nuansa dengan warna-warni bunga liar yang bermekaran. Saat musim gugur tiba-tiba, hamparan rawa ini akan ditumbuhi rerumputan yang berbentuk seperti ilalang berwarna kecoklatan. Suasana rawa ini berubah menjadi serba putih saat musim dingin tiba dengan selimut saljunya.

Baca Juga:  Mencicipi Tteok, Kue Beras Ala Korea

keindahan upo marsh korea selatanPara penghobi fotografi biasanya berbondong-bondong datang ke Upo Marsh saat musim panas. Rawa ini seolah tidak terlihat karena tertutup dengan tanaman air. Sebuah pemandangan yang sayang untuk dilewatkan. Suasana Upo Marsh bertambah magis saat kabut menyelimuti kawasan ini.

Jika Anda ingin mengabadikan seluruh keindahan kawasan ini, naiklah ke sebuah dek observasi yang membuat kamera Anda bisa menyapu semua panorama yang ada. Ruang observasi ini juga dilengkapi dengan teleskop yang memungkinkan kita bisa melihat berbagai tumbuhan dan hewan dengan jelas. Pengelola Upo Marsh juga memiliki paket bersepeda mengelilingi kawasan ini. Sebuah paket wisata yang menggiurkan.

Untuk mengunjungi Upo Marsh Anda harus membayar tiket masuk seharga 2000 Won untuk pengunjung dewasa, 1.500 Won untuk remaja dan 1000 Won untuk anak-anak. Upo Marsh bisa dicapai dengan naik bus jurusan Yibang-myeon dari Changryeong Intercity Bus Terminal dan turun di Somoak Jangjae Village. Sesampainya disana berjalanlah sekitar 5 menit menuju tanda yang bertuliskan Green Upo’s Friend.

Baca Juga:  Legenda di Balik Cerita Tentang Air Terjun Benang Stokel

Destinasi wisata lainnya yang juga menjadi jujugan photo hunting adalah pantai Ggotjipulau Ulleung dan Seopjikoji di Jeju. Selama berlibur dan mengejar aneka momen indah di Korea sebaiknya Anda menginap di Grand Ambassador SeoulGrand Hyatt Hotel dan Renaissance Seoul Hotel. Semuanya berada di Seoul.