Sekotong

Kawasan Sekotong tidak seterkenal Pantai Kuta maupun Senggigi, namun di kalangan wisatawan asing, pantai-pantai di daerah ini sangat menawan. Ya, Sekotong yang berada di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat ini merupakan destinasi utama bagi mereka yang ingin surfing, snorkling maupun diving.

Sekotong terkenal dengan keindahan panorama pantainya yang berpasir putih. Ada beberapa pantai yang sering dijadikan pilihan wisata oleh turis asing dan lokal yakni pantai Mekaki, pantai Bangko Bangko dan pantai Sepi. Daerah Sekotong juga terkenal dengan banyaknya gili atau pulau kecil yang juga menawarkan keindahan dan spot-spot olahraga air yang menantang. Ada Gili Gede, Gili Poh, Gili Lontar, Gili Nanggu, Gili Renggit, Gili Sudak, Gili Tangkong, Gili Layar, Gili Asahan, Gili Genting dan Gili Goleng.

Sekotong

Kita akan mendapatkan pemandangan ekstra indah jika menyelam di pantai dan teluk yang menghampar di Sekotong. Berbagai macam kehidupan bawah lautnya menawarkan diving yang santai dan berwarna.

Terumbu karang berupa soft koral yang terang dan penuh serta krinoid yang beraneka warna akan menemani kita sepanjang melakukan penyelaman.

Sekotong merupakan pelabuhan bagi marin life yang langka seperti Gosh Pipe Fish, Leaf Fish, Pygmy Seahorses dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Serunya Menyelam di Teluk Belongas

Karena kondisinya yang bervariasi, Sekotong cocok bagi semua level para penggemar scuba diving. Tidak itu saja, keindahan bawah lautnya itu kini menjadi incaran para fotografer untuk berlomba-lomba mengabadikan aneka momen menarik. Bagi yang bukan penyelam, Anda bisa menikmati terumbu karang dengan menggunakan masker dan snorkel atau mencoba bermain kayak di sekitar teluk.

SekotongSetidaknya, ada 6 titik yang biasa didatangi oleh para penyelam. Yang pertama adalah Gili Kura-Kura. Lokasi ini menjadi favorit untuk penyelaman di pagi dan malam hari. Terumbu karangnya terbentuk oleh formasi koral keras dengan koral kipas. Anda juga akan bertemu dengan ikan Juvenille dan Krustasea.

Menyelamlah hingga kedalaman 16 meter dan Anda akan menemui kehidupan bawah laut yang luar biasa. Titik selanjutnya adalah Gili Renggit Timur. Lokasi ini adalah tempat yang sempurna untuk mengeksplorasi keberadaan biota makro.

Jangan terkejut jika Anda akan dikelilingi Shrimps, Ghost Pipefish, dan Glassfish. Sepanjang penyelaman, kita akan ditemani dengan soft koral dan Feather Stars, Blue Spotted Rays, Cuttlefish, Moray Eels dan masih banyak lagi. Berbeda dengan Gili Renggit Timur, Gili Renggit Barat menawarkan species yang langka bagi para penyelam. Anda akan dibuat terkagum-kagum dengan keindahan mereka.

Sunken Island adalah titik lain yang juga sering dikunjungi oleh para peselam. Saat menyelam di sore hari, kita akan menjumpai cahaya yang unik di kedalaman 16 meter. Koral, Ghost Pipefish, Shrimps yang berwarna-warni tetap menjadi pemandangan wajib di Sunken Island. Titik selanjutnya yang harus Anda selami adalah Stairs to Medang.

Baca Juga:  Pertunjukkan Sapi Gerumbungan di Bali

Turunlah hingga kedalaman 14 meter – 35 meter, Anda akan menyaksikan pemandangan yang mempesona. Banyak yang mengatakan, titik Stairs to Medang adalah spot diving terbaik di perairan Indo Pasifik. Anda akan melihat dari dekat Manta, Hiu dengan aneka spesies dan ikan karang beragam ukuran. Diatas palung di titik ini akan terlihat lobster dan kura-kura. Lighthouse adalah spot terakhir yang bisa kita capai. Kita masih akan bertemu dengan satwa laut seperti Emperor Fish dan Surgeon Fish di kedalaman 14 meter .

sekotong lombokJika Anda ingin melakukan diving di Sekotong, sebaiknya perhatikan kalender event yang tersedia. Karena pada bulan Januari – Maret, penyelaman di pantai ini ditutup. Penyelaman akan dibuka lagi pada bulan-bulan setelahnya dengan corak dan visibilitas yang berbeda.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan perlengkapan diving atau snorkling karena di Sekotong fasilitas untuk menyelam sudah sangat lengkap. Anda tinggal meminjam dari dive operator yang juga menyediakan guide untuk menemani diving Anda selama di pantai indah ini.

Baca Juga:  Pantai Mekaki, Keindahan yang Tersembunyi

Untuk mencapai tempat ini, Anda harus menempuh perjalanan sepanjang 60 km dari Mataram atau sekitar 2 jam perjalanan. Lebih baik menyewa mobil agar perjalanan Anda lebih nyaman. Hotel yang bisa Anda singgahi selama liburan di Sekotong adalah Cocotinus Hotel Sekotong Lombok. Atau jika ingin kembali ke Mataram, Anda bisa menginap di Lombok Raya Hotel atau Lombok Garden Hotel.

Jangan lupa untuk mencoba olahraga air di pantai Gerupuk dan Teluk Belongas yang tak kalah menariknya. Dijamin liburan Anda akan lengkap dan memuaskan. Selamat menyelam!

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • cinderamata pantai sekotong lombok
  • alamat pantai sekotong lombok
  • gambar fariwisata lombok sekotong
  • pantai kura-kura d sekotong
  • Pantaí terkenal di sekotong
  • pante terkenal di sekotong
  • teluk medang sekotong