Hansik Cuisine Korea

Travel.biz.id – Kini siapa yang tak mengenal Korea Selatan? Dengan berbagai usahanya yang luar biasa, kini negara cantik ini banyak dikenal dunia internasional melalui berbagai hal. Bagi pecinta dunia hiburan, Pop dan K-drama telah menjadi salah satu tontonan dan hiburan favorit bagi banyak remaja berbagai negara, termasuk Indonesia.

Berbagai group band negeri ginseng ini pun tercatat pernah beberapa kali sukses menggelar konser di sini. Korea juga dikenal memiliki beragam kuliner khas yang lezat dan sehat. Berbagai makanan Korea Selatan ini kini dikenal dengan istilah Hansik Cuisine. Ingin tahu lebih banyak terkait kuliner khas negeri asal Daejanggeum ini? Mari simak informasi menariknya berikut ini.

Hansik Cuisine
www.antiquealive.com

Bukan rahasia lagi rasanya jika kuliner asal Korea Selatan kini telah menjadi salah satu jenis makanan favorit bagi banyak orang, termasuk warga mancanegara. Bagaimana tidak, selain lezat, berbagai menu khas Korea dikenal sangat menyehatkan.

Baca Juga:  Pantai Jolosutro, Keindahan Blitar di Sisi Selatan

Jika Perancis terkenal dengan hasil olahan susu berupa aneka macam jenis keju, Korea dikenal memiliki berbagai olahan makanan yang diolah dengan cara yang sama, yaitu melalui proses fermentasi. Bedanya, negeri K-Pop ini memiliki kebiasaan memfermentasi bumbu atau sayur. Boomingnya berbagai olahan fermentasi yang berasal dari Korea menjadikan negeri ini memperoleh julukan negeri kimchi.

Awalnya tujuan fermentasi tak lain untuk mengawetkan makanan agar dapat digunakan sebagai cadangan makanan kala musim dingin ataupun musim paceklik tiba. Namun seiring waktu, manfaat fermentasi pun akhirnya mulai terkuak. Hasil kerja bakteri yang ada selama proses fermentasi berlangsung ditengarai dapat mempermudah kerja sistem pencernaan hingga pada akhirnya berkembanglah berbagai produk fermentasi di pasaran, termasuk di dalamnya sebuah makanan khas Korea yaitu kimchi.

Baca Juga:  Mengenal Kehidupan Istana di Museum Nasional Istana Korea

Kini berbagai olahan fermentasi sayur atau buah telah menjadi bagian tak terpisahkan dari penyajian berbagai kuliner di Korea Selatan. Jika Anda berkunjung di restoran ala Korea, dipastikan Anda akan menemukan satu atau lebih sayur ataupun buah yang telah difermentasi. Tidak percaya? Coba saja!

Uniknya, Korea tak hanya terkenal dengan berbagai olahan makanan hasil fermentasi. Negeri asal chef Daejanggeum ini juga memiliki aneka rupa bumbu yang diolah dengan proses fermentasi. Beberapa diantaranya telah dikenal banyak pihak, seperti ganjang atau kecap, gochujang atau pasta cabe merah dan doenjang atau pasta kedelai. Salah satu penyebab kepopuleran beberapa bumbu fermentasi khas negeri kimchi ini sedikit banyak juga dipengaruhi boomingnya serial televisi berjudul Jewel in the Palace atau yang lebih dikenal dengan sebutan Daejanggeum.

Baca Juga:  Mengintip Tempat Semedi Terakhir Patih Gajah Mada Di Air Terjun Madakaripura

Tak lengkap rasanya jika berlibur di Korea Selatan tanpa berkunjung di kawasan Busan. Di sini Anda dapat mencicipi Sinseollo, salah satu sajian khas ala kerajaan yang diperkenalkan pada masa Dinasti Qing, berkeliling kota menggunakan Busan City Tour ataupun menikmati keindahan jembatan Gwang-an, sebuah jembatan terbesar di atas Laut Korea. Jika Anda sedang berlibur ke Busan, ada beberapa pilihan hotel yang dapat dijadikan sebagai tempat istirahat, seperti Commodore HotelHaeundae Grand Hotel  ataupun Lotte Hotel Busan. Selamat berlibur!