kongnamulguk

Travel.biz.id – Bagi Anda pecinta kuliner Korea, pasti tidak asing dengan menu yang satu ini, kongnamulguk. Kuliner unik berbahan tauge ini kerap kali dikeluarkan bersama dengan kimchi sebagai salah satu menu pembuka di berbagai resto yang mengangkat kuliner Korea. Tak usah buang waktu lagi, yuk segera berkenalan dengan kongnamulguk!

Jika Anda menyukai dan sering berburu menu ala Korea di beragam resto Korea yang ada di negara aslinya ataupun di beberapa negara lain, termasuk di Indonesia, sangat memungkinkan sekali jika Anda bertemu dengan menu yang satu ini, kongnamulguk.

Menu ini biasa disajikan dalam mangkuk kecil bersama dengan kimchi yang terbuat dari sawi putih. Selain merupakan camilan khas Korea yang menyegarkan lidah Anda, menu yang satu ini juga merupakan salah satu menu kaya manfaat karena berbahan dasar tauge yang kaya akan vitamin E.

Kongnamul Guk (Soybean Sprout Soup)

Jika Di Indonesia tauge kerap kali dibuat sebagai bahan pelengkap dalam menu soto, tahu guling ataupun pecel, di Korea tauge menjelma menjadi salah satu menu sehat yang kaya manfaat bernama kongnamulguk.

Baca Juga:  Menikmati Pohon Sansuyu yang Indah di Incheon

Sebagai salah satu sup yang dikonsumsi sehari-hari oleh warga Korea, kongnamulguk sangat mudah dibuat hingga sangat mudah dipraktekkan di dapur Anda. Ya, selain dikenal dengan sebutan Hansik Cuisine, beragam masakan Korea juga dikenal cukup mudah untuk dipraktekkan di dapur. Tidak percaya, coba saja!

Seperti kebanyakan jenis sup lainnya, kongnamulguk dapat dibuat dengan kuah berupa kaldu sapi, kaldu ikan teri atau hanya air putih saja. Kelebihan jika Anda memasak sendiri menu ini tentu Anda bisa menentukan jenis kuah apa yang akan menemani kecambah dalam menu kongnamulguk  itu sendiri bukan? Salah satu kelebihan kongnamulguk terletak pada segi ekonomi yakni sangat ramah di kantong.

Ditambah lagi dengan ketersediaan bahan yang cukup mudah didapat di pasaran. Kalau di dalam pecel Anda akan menemukan tauge yang cenderung dimasak hingga matang, dalam kongnamulguk Anda masih dapat merasakan tekstur crunchy yang menambah nikmat jenis sup ala negeri ginseng yang satu ini.

Baca Juga:  Disneyland California Akhirnya Dibuka Setelah 13 Bulan Tutup karena Pandemi Covid-19

kongnamulgukUntuk membuat menu yang satu ini Anda cukup mengambil beberapa bahan seperti kecambah, bawang putih, daun bawang, dengan tambahan bumbu berupa garam dan merica sesuai selera, sangat simpel bukan? Jika Anda menyukai menggunakan teri sebagai bahan kaldu, cukup gunakan beberapa buah teri berukuran sedang.

Namun jika lebih menyukai menyantapnya bersama gurihnya kaldu sapi, Anda dapat membuat air kaldunya terlebih dahulu. Setelah air kaldu mendidih, masukkan kecambah yang sudah dicuci bersih selama beberapa menit saja, lalu bumbui dengan garam dan merica sesuai selera. Angkat, sajikan hangat.

Tak hanya nikmat kala disajikan hangat, sup kecambah yang satu ini juga tak kalah lezat jika disajikan dalam keadaan dingin. Jika Anda juga ingin memasaknya dengan kaldu dingin, diperlukan waktu yang lebih lama agar tauge menyatu dengan air kaldu yang Anda gunakan.

Baca Juga:  Tempat Wisata Di Thailand Untuk Dikunjungi

Jika menyukai rasa pedas, Anda bisa menambahkan cabai pada sup. Namun demikian, kongnamulguk yang biasa disajikan di beberapa kedai ala Korea umumnya menggunakan kuah berupa air putih saja. Soal rasa itu tergantung selera bukan? Happy eating travel lovers!

Namun jika Anda berkunjung di negeri cantik ini jangan lewatkan untuk mencicipi berbagai kuliner lezatnya seperti Sinseollo, salah satu sajian khas ala kerajaan yang diperkenalkan pada masa Dinasti Qing, Jeonju BibimBap, nasi dengan topping berbagai sayur lengkap dengan hiasan kuning telur bertabur biji wijen serta tteok, kue beras ala Korea yang tersohor itu. Jika Anda mengagendakan untuk berlibur di kawasan Seoul, Korea Selatan, The Plaza HotelSheraton Grande Walkerhill HotelMillennium Seoul Hilton Hotel atau Grand Ambassador Seoul dapat Anda jadikan referensi sebagai tempat istirahat yang nyaman. Selamat berlibur!