jagalchi market building

Pasar Jagalchi atau Jagalchi market adalah pasar seafood terbesar di Korea. Setelah Perang Korea, pasar ini mengkhususkan diri sebagai pasar ikan yang uniknya sebagian besar pedagangnya adalah perempuan. Para pedagang wanita ini kerap disebut dengan julukan Jagalchi Ajumma. Ajumma merujuk pada wanita setengah baya atau wanita yang sudah menikah.

Jagalchi MarketPasar ini membentang diantara Chungmu-dong dan Nampo-dong. Mengunjungi Pasar Jagalchi ini seperti melihat sebuah akuarium yang besar dengan berbagai macam ikan didalamnya. Beberapa diantaranya mungkin belum pernah kita lihat sebelumnya.

Jagalchi market adalah salah satu landmark kota Busan dan sangat terkenal diseluruh Korea Selatan. Jika Anda mengunjungi tempat ini, Anda akan mendapatkan ikan segar mentah di pasar karena pasar ini berada tepat di sebelah pelabuhan Busan. Di pelabuhan ini tempat dimana ikan-ikan tersebut datang dan langsung dijual di Jagalchi market. Jika berada di pasar ini, kita akan melihat banyak sekali hasil laut yang bahkan kadang kita tidak tahu namanya. Ya, banyak sekali jenis hasil laut yang dijual oleh para ajumma.

Baca Juga:  Beomeosa, Kuil di Tepi Geumjeongsan

Busan Jagalchi MarketSecara umum, pasar ini terbagi kedalam 2 bagian. Bagian pertama adalah pasar yang menjual hasil laut yang sudah dikeringkan, sedangkan bagian yang lain untuk menjual hasil laut yang masih segar. Di bagian ini, semua ikan yang baru ditangkap dan diturunkan dari kapal langsung dijual kepada konsumen.

Segala macam ikan seperti belut, cumi, kerang dan gurita. Anda mungkin akan terpana dengan “atraksi” yang diperlihatkan para ajumma yang dengan cekatan mengolah ikan-ikan tersebut mulai dari memenggal kepala ikan, memotongnya menjadi beberapa bagian, dan menyimpannya kedalam kotak es.  Semuanya dikerjakan dalam waktu yang sangat singkat.

Sedangkan di bagian yang hanya menjual hasil laut yang sudah dikeringkan. Disini kita bisa membeli ikan dalam jumlah yang besar. Bahkan, Jagalchi market disebut sebagai pasar grosir terbesar di Korea. Di kawasan pasar Jagalchi terdapat restoran yang menyediakan seafood mentah yang dimasak aneka rupa. Anda bisa langsung mampir ke rumah makan ini untuk menikmati segarnya seafood Busan.  Oya, setiap bulan Oktober digelar event Jagalchi Cultural Tourism yang seringkali dipenuhi para wisatawan dan pecinta seafood dari seluruh dunia.

Baca Juga:  Taman Eden Jawa Barat

Korea Busan Jagalchi MarketPasar Jagalchi buka setiap hari dari pukul 8 pagi hingga pukul 10 malam. Anda bisa keisni pada hari apa saja, karena Jagalchi tidak mengenal hari libur. Untuk mencapai Jagalchi kita bisa naik subway jalur 1 dari Jagalchi Station dan keluar melalui pintu nomor 10.

Sesampainya di Jagalchi Station berjalanlah selama 5 menit menuju Jagalchi market.  Selain, pasar Jagalchi selama di Busan kita bisa mengunjungi destinasi wisata lainnya seperti pantai HaendaeBeomeosa temple dan pasar Bujeon. Sedangkan hotel di Busan yang bisa Anda singgahi adalah Commodore Hotel, Haeundae Grand Hotel dan Lotte Hotel Busan. Selamat berbelanja!