Sungkyunkwan UniversitySalah satu universitas terbaik di Seoul ini sebenarnya sudah sejak lama termasyur, namun karena drama serial Sangkyukwan Scandal berhasil membius penonton, maka kampus yang berdiri sejak 1398 ini pun ikut terangkat naik. Baiklah, mari kita telusuri apa keistimewaan Sangkyukwan University sehinggga tempat ini layak dijadikan destinasi wisata Anda.

Sangkyukwan University adalah akademi yang beraliran konfusianisme. Konfusianisme adalah aliran yang dicetuskan oleh Konfusius  dan berisikan ajaran-ajaran tentang nilai-nilai kebaikan. Universitas yang memiliki motto “Humanity, Righteousness, Propriety, and Wisdom” ini didirikan sejak masa pemerintahan Raja Taejong. Kampus tua di Korea ini berada di dua lokasi sekaligus yakni jurusan Ilmu Kemanusiaan dan Sosial terletak di Myeongnyun Dong, Jongno-gu, di pusat Seoul. Sedangkan jurusan Ilmu Pengetahuan di Cheoncheon Dong, Jangan Gu, Suwon.

Baca Juga:  Bebatuan yang Menawan di Tanjung Perak dan Tanjung Cina

Sungkyunkwan University Samsung LibraryKeistimewaan lain dari peguruan tinggi yang menjadi setting drama Sangkyukwan Scandal tersebut adalah keberadaan Sangkyukwan University Museum yang bisa diakses oleh masyarakat luas termasuk wisatawan tanpa dipungut biaya. Museum ini dibuka setiap Senin hingga Jumat pada pukul 10.00 – 19.00.

Daya tarik Sangkyukwan University tidak hanya berhenti disini, sejumlah artis terkenal Korea juga terdaftar menjadi mahasiswanya, sebut saja, Ji Hyun Woo (Becomming Billionaire), Song Joong Ki, Moon Geung Young, dan Go Hye Sun (God of Study).

Bagi Anda yang menyukai foto dengan lanskap-lanskap megah, maka bangunan dan areal sekitar Sangkyukwan University layak untuk dipilih untuk membuktikan kepada teman-teman bahwa Anda sudah mengunjungi Korea Selatan saat liburan. Jika memang ingin meluangkan waktu untuk menikmati keindahan bangunan Sangkyukwan University, Anda bisa menginap di beberapa hotel di Seoul yakni The Westin Chosun Seoul dan Sejong Hotel yang berada di dekat jurusan Ilmu Kemanusiaan dan Sosial.

Baca Juga:  Berwisata Pantai Glagah Kulonprogo

Jika Anda sudah puas dengan wisata di Seoul, tidak ada salahnya mencoba sensai Jeju Island, seperti Yongduam Rock , Air Terjun Cheonjiyeon atau mengendarai kapal selam di Seogwipo. Selamat berwisata!