Whanki Museum

Belanja di Dongdaemun memang mengasyikkan, menikmati gemerlap kota Seoul di Sepanjang sungai Han juga sangat romantis. Atau Anda mungkin sudah mencoba menjadi pasangan Ji Eun dan Yeong Jae di rumah Full House. Kini saatnya mengunjungi Whanki Museum yang tak kalah menarik.

Whanki MuseumMuseum ini dibangun sebagai penghormatan atas dedikasi pelukis Kim Whanki (1913-1974). Kim adalah seniman abstrak Korea yang terkenal dan pegiat seni pertama yang diakui dunia internasional. Sebutan itu tak berlebihan karena pengalaman internasional Kim sangat panjang.

Ia pernah 3 tahun tinggal di Paris dan melalukan kegiatan kreatif disana. Kim juga sempat berpartisipasi dalam Sao Paulo Biennale sebagai pelukis wakil dari Korea Selatan dan menerima penghargaan kehormatan dalam katagori lukisan. Ia juga pernah tinggal di New York dan berkarya di sana.

Baca Juga:  Mengeksplorasi Kawasan Rawa Nan Indah, Upo Marsh

Museum Whanki sendiri terletak di lembah Buam-dong, di Jongno-gu pusat kota Seoul. Sesuai dengan tempat dimana ia hidup, karya Kim juga didominasi kurva tebal dan garis bergelombang. Ciri khas karya seni Kim ini tidak dapat dipungkiri membawa pengaruh besar kepada generasi seniman kontemporer Korea saat ini.

Selain koleksi benda seni yang mencapai lebih dari 1000, ada banyak peninggalan pribadi Kim. Ada beberapa sketsa kasar yang dipajang, lukisan abstrak dan beberapa lukisan lain yang menampilkan Dinasti Chosun.

Whanki MuseumTidak itu saja, arsitektur museum ini banyak dikagumi wisatawan. Dibangun oleh Hyangan Kim- yang tak lain adalah istri Kim Whanki – pada 1993, Whanki Museum dirancang oleh Kyuseung Woo yang karya arsitekturnya sudah mendapatkan penghargaan dari berbagai ajang.

Baca Juga:  Memandang Laut di Yongduam Rock

Tak heran jika ada yang menyebut bahwa bangunan Whanki Museum tidak hanya menjadi “rumah” bagi berbagai karya seni Kim, namun juga menjelma sebagai seni itu sendiri.

Whanki Museum juga menyediakan kopi untuk mengobati dahaga para pengunjung. Museum ini buka dari jam 10.00 hingga 18.00 dengan tiket 3000 won. Khusus hari Senin, Whanki Museum tidak beroperasi.

Bagi Anda yang berminat dengan karya seni, tak ada salahnya jika Whanki Museum menjadi salah satu pilihan destinasi Anda. Untuk sampai ke tempat ini Anda hanya perlu menumpang jalur 3 dari stasiun Gyeonbokgung lalu gunakan bus hijau nomor 7022, 1020, atau 0212. Alternatif hotel di daerah Seoul adalah Somerset Palace Seoul ResidenceVabien Suite2 Residence atau Uljiro Co-op Residence.