Danau Ranau

Danau Ranau

Danau Ranau adalah danau terbesar ke dua di Sumatera. Danau ini terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Danau ini tercipta dari gempa akbar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan akbar. Terletak pada posisi koordinat Tunjukkan lokasi di peta interaktif 4°51′45″LS,103°55′50″BT

Danau Ranau

Secara geografis topografi danau Ranau adalah perbukitan yang berlembah hal ini praktis menjadikan danau Ranau benar cuaca yang sejuk.

Kekuatan tarik

Danau terkenal sering para nelayan untuk mencari ikan seperti mujair, kepor, kepiat, dan harongan.

Baca Juga:  Danau Poso: Danau Terbesar Ketiga di Indonesia

Tepat di tengah danau terdapat pulau yang bernama Pulau Marisa. Di sana terdapat sumber air panas yang sering dipakai para penduduk setempat ataupun para wisatawan yang datang ke pulau tersebut, terdapat air terjun, dan penginapan. Danau ini juga menjadi objek wisata andalan dari Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

Ekosistem Danau

Beberapa gangguan ekosistem yang terjadi di Danau Ranau, malu satunya matinya ikan yang disebabkan pelepasan belerang H2S ke dalam air. Hal tersebut terjadi pada tahun 1962, 1993, 1998, dan pada tanggal 04 April 2011.

Artikel Terkait:

Baca Juga:  Objek Wisata Medan Simarjarunjung Yang Viral!