Senin, Oktober 25, 2021
Beranda blog

Tempat Wisata Sumbawa Besar Yang Mesti Dikunjungi!

Destinasi Wisata Terbaik – Wisata Sumbawa Besar adalah salah satu daerah yang cukup populer belakangan ini sebagai tempat wisata. hal ini disebabkan karena Sumbawa besar lokasinya ada di antara Bali dan Lombok sehingga sering juga digunakan untuk wisata. untuk anda yang ingin tahu apa saja Wisata Sumbawa Besar yang bisa dicoba, berikut ini adalah ulasannya.

Wisata Istana Tua Dalam Loka

Wisata yang pertama yang akan kami bahas dari Sumbawa adalah wisata sejarah yang ada di sana. Sumbawa adalah salah satu daerah di Indonesia. Sudah pasti ia memiliki keanekaragaman dari budaya yang dimilikinya. budaya dari Sumbawa salah satunya diwujudkan dalam keindahan sejarah yang ada di tempat ini.

Istana Tua Dalam Loka

salah satu peninggalan budaya dari Sumbawa adalah istana tua dalam loka. Rumah ini merupakan rumah yang sangat populer sebagai tempat wisata di Sumbawa. Hal ini disebabkan karena pada masa lalu tempat ini merupakan salah satu tempat yang sangat penting. Ya, sesuai namanya istana tua dalam loka merupakan sebuah rumah yang digunakan sebagai kerajaan di masa lalu.

rumah ini berdiri pada tahun 1885 dan merupakan istana yang dimiliki dan dibangun pada masa Sultan Muhammad Syah III. Hingga kini, istana ini tetap menjadi sebuah istana yang populer karena ukurannya yang sangat besar. sebagai sebuah rumah tradisional dan rumah panggung, istana dalam loka ini menjadi salah satu istana yang ukurannya paling besar di Indonesia dan juga di dunia.

Rumah panggung yang lokasinya ada di tengah kota Sumbawa besar ini disebut sebagai Wisata Sumbawa Besar yang paling besar di dunia karena memiliki luas 904 m2. Tidak salah bukan jika tempat ini sangat populer? selain itu, lokasi dari rumah ini juga sangat mudah untuk dijangkau sehingga bisa menjadi tempat tujuan wisata yang cocok untuk dikunjungi. Untuk saat ini, tempat ini dimanfaatkan sebagai museum daerah Sumbawa untuk menyimpan benda-benda peninggalan sejarah.

Wisma Praja

Wisma Praja Sumbawa

Selain istana tua dalam loka, tempat wisata selanjutnya yang tidak kalah menarik di Sumbawa ini adalah Wisma Praja. Wisma praja merupakan istana Belanda pada tahun 1932. Tempat ini sesungguhnya adalah sebuah kediaman terakhir Sultan Kaharuddin III.

Jika dahulu digunakan sebagai rumah, pada saat ini wisma Praja ini digunakan sebagai tempat untuk menerima tamu kebesaran daerah ini dan kegiatan upacara atau resepsi formal. Biasanya jika ada acara yang berhubungan dengan pemerintahan, tempat ini juga digunakan sebagai lokasi pertemuan.

Pantai Kencana

Kita lanjut ke tempat-tempat indah yang ada di Sumbawa. Salah satu Wisata Sumbawa Besar yang indah adalah pantai kencana. Pantai ini adalah pantai yang sangat populer di Sumbawa karena sudah memiliki fasilitas wisata yang sangat lengkap. Hal ini disebabkan karena memang banyak wisatawan yang datang ke pantai ini untuk berwisata. Salah satu tempat wisata menarik yang dimiliki oleh Sumbawa besar adalah banyaknya hotel yang bisa ditemukan di pantai ini.

Pantai Kencana

Untuk jaraknya, pantai ini lokasinya ada di 11 km dari Kota Sumbawa Besar. untuk kelebihannya, pantai ini memiliki kelebihan berupa bagian ujung-ujung melengkung yang dimilikinya. salah satu ujung melengkung yang dimiliki oleh pantai ini sangat menarik karena memiliki banyak batu karang yang cocok untuk digunakan berfoto. Untuk anda yang gemar melihat pemandangan matahari terbenam, tempat ini juga cocok digunakan untuk menghabiskan sore hari anda di Sumbawa besar.

Desa Poto

Tempat Wisata Sumbawa Besar selanjutnya yang akan kami rekomendasikan adalah Desa Poto. Desa ini adalah salah satu desa di kabupaten Sumbawa. Hal yang menarik dari desa ini adalah budayanya yang masih sangat terjaga. Hal ini menyebabkan anda bisa berwisata sambil belajar mengenai budaya dan bahkan sejarah dari desa dan daerah Sumbawa besar ini.

Desa Poto

Salah satu budaya yang dimiliki oleh Desa Poto yang sangat populer adalah kegiatan tenun yang dimilikinya. daerah ini merupakan daerah penghasil tenun yang terbaik yang bisa di temukan di Sumbawa besar. untuk anda yang penasaran dengan hasil tenun dan juga proses tenun yang dimiliki oleh desa ini anda bisa mengabadikan aktivitas ini pada saat berkunjung ke daerah Wisata Sumbawa Besar ini.

Wisata Hutan Rimba di Kuala Koh National Park Kelantan

Destinasi Wisata Terbaik – Berwisata ke Kelantan memang seakan tak ada habisnya. Selalu ada objek wisata yang harus dikunjungi agar perjalanan menjadi tak sia-sia. Satu yang bisa dikunjungi oleh Anda dan keluarga selama berwisata di Kelantan adalah Kuala Koh National Park Kelantan. Kuala Koh National Park Kelantan merupakan situs cagar alam yang ditujukan untuk melindungi flora dan fauna asli Malaysia yang terancam kepunahan. Pelestarian tersebut juga dipergunakan untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan ilmiah.

Kuala Koh National Park Kelantan

 

Kuala Koh National Park Kelantan berdiri di lahan seluas 4.343 kilometer persegi. Lahan seluas itu mampu meliputi area dari 3 kota besar yang ada di Malaysia, yaitu Pahang, Kelantan, dan Trengganu. Kuala Koh National Park Kelantan termasuk ke dalam kategori hutan hujan tropis primer yang diperkirakan berusia lebih dari 130 juta tahun. Bila awalnya digunakan sebagai cagar alam semata, kini pemerintah Kelantan juga mengembangkan potensi wisata bagi pengunjung yang ingin menikmati petualangan hutan yang mengasyikkan di Kuala Koh National Park Kelantan.

Kuala Koh National Park Kelantan

Ada beberapa aktivitas yang ditawarkan oleh pengelola Kuala Koh National Park Kelantan untuk menarik wisatawan berkunjung. Diantaranya wisata Jungle Trekking, arung jeram, malam safari, out bond, dan area untuk perkemahan ataupun penginapan di areal taman nasional.

Karena menawarkan berbagai kegiatan outdoor maka diperlukan banyak akomodasi untuk kenyamanan pengunjung. Beruntung pengelolaan taman nasional ini sudah professional sehingga anda tak perlu mengkhawatirkan ketidaknyamanan yang mungkin ditemui selama berwisata di Kuala Koh National Park Kelantan.

Kuala Koh National Park Kelantan

Bila ingin mencoba petualangan ala hutan rimba maka silahkan memilih paket wisata yang ditawarkan oleh pengelola Kuala Koh National Park Kelantan. Untuk menuju taman nasional ini, bisa mengambil rute dari Kuala Lumpur menuju Gua Musang melewati Kota Bahru. Anda bisa menggunakan transportasi umum atau pribadi. Atau bisa menggunakan servis shuttle car dengan biaya RM 70 per orang. Minimal pemesanan untuk 2 orang. Bila perlu lakukan reservasi kurang lebih 3 hari sebelum keberangkatan untuk memesan shuttle tersebut agar anda tak terhambat untuk segera mengikuti petualangan hutan yang tak terlupakan.

Klik Objek Wisata Kelantan yang lainnya!

Yuk Menjelajah Alam dengan Jungle Railway Kelantan

Destinasi Wisata Terbaik – Pernah membayangkan menikmati pemandangan hutan melalui jendela kereta api? Pengalaman tersebut ditawarkan sebagai salah satu bentuk wisata oleh pemerintah Kelantan melalui Jungle Railway Kelantan. Ya, penumpang kereta ditawari untuk menikmati indahnya pemandangan hutan dan pantai dengan kereta api yang melewati semenanjung Malaysia dan pinggiran hutan dari areal cagar alam taman nasional.

Jungle Railway Kelantan

Jalur kereta api Jungle Railway Kelantan ini dibangun secara bertahap pada rentang tahun 1910 hingga 1930. Awalnya digunakan untuk mengamodasi perang yang berlangsung pada saat itu. Namun saat ini Jungle Railway Kelantan telah di alih fungsikan untuk untuk wisata alam melalui jendela kereta. Perjalanan yang dialami oleh penumpang Jungle Railway Kelantan disebut-sebut begitu indah dan mampu menyejukkan perasaan hingga menimbulkan rasa damai ketika turun dari kereta.

Perjalanan Jungle Railway Kelantan ini pun membutuhkan waktu yang lumayan lama, yakni sekitar 9 jam tergantung rute yang ditempuh. Namun Anda bisa menentukan jalur mana yang dirasa memiliki pemandangan yang terbaik sehingga tak perlu terlalu jenuh untuk perjalanan yang dirasakan amat panjang menggunakan kereta. Berikut pedoman ‘areal pemandangan terbaik’ yang bisa anda pilih melalui rute-rute tertentu yang dilewati oleh Jungle Railway Kelantan.

Jungle Railway Kelantan

Menuju arah utara anda bisa memilih rute dari Gemas ke Kuala Kerau. Disini terdapat rute yang menyajikan pemandangan kebun kelapa sawit dan perkebunan karet dengan medan yang relatif datar. Ingin menikmati areal yang lebih menantang, silahkan memesan tiket untuk menuju Kuala Lipis dari Kuala Kerau. Rute ini mengharuskan kereta melewati lintasan berbukit dan menyeberangi sungai-sungai besar dengan pemandangan yang menakjubkan.

Jungle Railway Kelantan

Bila masih dirasa kurang, silahkan memesan perjalanan dari Kuala Lipis ke Kuala Krai. Menurut penumpang yang telah mencoba berbagai rute, rute inilah yang memiliki pemandangan terbaik. Rute ini membawa anda melewati bukit – bukit kapur, sungai-sungai besar, dan pemandangan indah di sekitar Gua Musang. Bila dilanjutkan ke Wakaf Bahru akan anda dapati pemandangan sawah, perkampungan tradisional dan kehidupan pedesaan yang menarik untuk diperhatikan.

Klik Objek Wisata Kelantan yang lainnya!

Berkunjung Ke Pasar Rantau Panjang Kelantan

Destinasi Wisata Terbaik – Wisata Kelantan lain yang perlu Anda coba adalah mengunjungi Rantau Panjang Kelantan. Yaitu sebuah pasar semi tradisional yang menjual berbagai kebutuhan rumah tangga. Ah, kalau Cuma pasar, banyak juga kan di Indonesia? Tapi jangan salah, di Pasar Rantau Panjang Kelantan ini harganya benar-benar murah dan meriah namun kualitasnya dijamin impor. Karena pasar ini memang menjual barang-barang impor yang kebanyakan berasal dari Thailand.

Berkunjung Ke Pasar Rantau Panjang Kelantan

Pasar Rantau Panjang Kelantan bisa dikatakan sebagai pasar yang paling terkenal di Kelantan. Dibuka mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore, pasar ini hampir selalu dipadati oleh pembeli. Maraknya kegiatan perdagangan tersebut disebabkan oleh terjangkaunya harga barang-barang yang diperjual belikan. Apalagi bila tiba waktu libur sekolah. Bisa dipastikan pedagang merayu pembeli-pembelinya dengan menawarkan harga yang lebih murah. Bahkan ada yang memberikan diskon hingga setengah harga. Wah, sayang untuk dilewatkan bukan?

Pasar Rantau Panjang Kelantan

Beberapa dagangan yang kerap di temui di Pasar Rantau Panjang Kelantan ini di antaranya penjualan jersey bola dan peralatan olahraga –terutama sepakbola lainnya. Bila Anda sering melihat penawaran jersey baju bola berlabel ‘Ori Thailand’ yang dijual oleh pedagang di Indonesia, di pasar ini akan anda dapati harga yang lebih murah dari yang ditawarkan pedagang di tanah air.

Tak percaya? Silahkan mengecek sendiri di Pasar Rantau Panjang Kelantan ini. Namun pastikan untuk mensurvei harga serta mengecek kualitas jersey yang akan di beli. Pastikan membeli Jersey grade A yang ditawarkan oleh para pedagang.

Pasar Rantau Panjang Kelantan

Apalagi yang murah di Rantau Panjang Kelantan ini? Produk yang banyak diperjualbelikan berikutnya adalah barang pecah belah serta peralatan dapur. Cocok bagi Anda yang memiliki hobi memasak, atau ibu muda yang ingin melengkapi dapurnya dengan barang bermerek tanpa membuat suami bersungut-sungut.

Banyak pilihan merek yang bisa di pilih, antara lain merek Pyrex, Tefal, Corningware, dan sebagainya. Kebanyakan adalah merek kenamaan yang berasal dari luar negeri. Pastinya untuk kualitas sudah tak perlu diragukan lagi. Bila lelah berbelanja pun sudah disediakan area makan dan minum yang cukup higienis sehingga anda bisa mengisi ulang tenaga untuk berburu barang belanjaan selanjutnya.

Klik Objek Wisata Kelantan yang lainnya!

Kuliner Gurih dan Unik, Si Biru Nasi Kerabu Kelantan

Destinasi Wisata Terbaik – Akrab dengan kuliner Nasi Kuning di Indonesia? Nasi yang sengaja diberi air parutan kunyit agar berwarna kuning ini ternyata memiliki ‘teman berwarna’ di Malaysia. Bila disini disebut dengan Nasi Kuning –sesuai dengan warnanya, di Malaysia terkenal si nasi biru bernama Nasi Kerabu.

Nasi Kerabu ini biasanya menjadi kuliner khas wilayah pantai timur Malaysia seperti di Kelantan. Oleh karena itu sering disebut dengan Nasi Kerabu Kelantan. Wah, bagaimana bentuk dan rasa Nasi Kerabu Kelantan ini ya?

Nasi Kerabu Kelantan

Nasi Kerabu Kelantan sebenarnya memiliki dua versi, Nasi Kerabu biru dan Nasi Kerabu putih. Versi yang putihnya tentu tak terlalu menarik untuk dibahas karena memang begitulah warna dasar nasi. Nah, untuk yang Nasi Kerabu biru ini banyak yang tertarik untuk mencicipi karena warnanya yang menarik. Apakah aman dimakan? Tentu saja. Kok bisa menjadi biru, apa menggunakan pewarna kimia? Oh tidak, Nasi Kerabu Kelantan yang berwarna biru menggunakan sari kelopak Kembang Telang (Clitoria ternatea) yang diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan warna biru yang tetap aman dikonsumsi.

Nasi Kerabu Kelantan

Konon cara memasak Nasi Kerabu Kelantan biru ini sangatlah susah. Sehingga menjadi kebanggan tersendiri bagi mereka yang mampu menghidangkan masakan satu ini. Walau demikian Nasi Kerabu Kelantan –baik yang putih atau biru, sama-sama nikmat dan cocok untuk dinikmati oleh lidah Asia. Kuliner ini bahkan telah dikenal luas dan merambah negara-negara tetangga seperti Negara Thailand. Di sana Nasi Kerabu lebih dikenal dengan nama Khaoyam.

Lantas apakah ada perbedaan antara Nasi Kerabu biru dan putih? Yang membedakan biasanya Nasi Kerabu Kelantan biru tidak dimakan dengan kuah tumis melainkan di sajikan bersama sambal kelapa ataupun sambal biasa. Kuliner ini kerap ditemui dengan pelengkap seperti kerupuk, daging goreng, dan telur asin.

Hmm, mirip dengan lauk yang menemani Nasi Kuning kebanggan Indonesia ya. Rasa Nasi Kerabu Kelantan memang cenderung gurih, sehingga amat cocok ditemani dengan lauk yang erasa pedas dan manis. Beberapa lauk lain yang bisa digunakan sebagai pelengkap Nasi Kerabu Kelantan ini antara lain ikan goring serta taburan serundeng kelapa.

Klik Objek Wisata Kelantan yang lainnya!

Pelni Telah Angkut 6,4 Juta Ton Per Mtr. Kubik Muatan Pos Laut semenjak 2014

Destinasi Wisata Terbaik –  PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PT Pelni sudah mengusung 6,empat juta ton per mtr. kubik muatan pos laut semenjak 2014. Hal tersebut dikatakan Pjs. Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI Opik Taufik selesai penandatangan kerja-sama pengiriman “Kirimanpos Laut” dengan PT Pos Indonesia. “Kerjasama ini telah terikat semenjak 2014 dan masih bersambung sampai sekarang,” katanya dalam tayangan jurnalis, Jakarta, Kamis (30/9/2021).

Pelni Telah Angkut 6,4 Juta Ton Per Mtr. Kubik Muatan Pos Laut semenjak 2014

Adapun penandatanganan kerja-sama dikerjakan langsung oleh Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT PELNI Yahya Kuncoro dengan Direktur Operasi dan Tehnologi Info PT Pos Indonesia Hariadi di Jakarta, Kamis. Opik menjelaskan, lanjutan kerja-sama pengangkutan muatan pos laut memberi nilai lebih untuk Pelni dan PT Pos Indonesia. Iya percaya kerja-sama itu akan memberi kontributor ekspedisi untuk ke-2 perusahaan di tengah-tengah pandemu Covid-19.

“Ini hari jadi cara kebersinambungan sebuah loyalitas bersama di antara Pelni dengan Pos Indonesia yang sudah kami bangun semenjak 2014. Kami terus akan pastikan muatan pos akan tersalurkan secara baik hingga bisa dilanjutkan kembali oleh pihak Pos sampai ke pengguna akhir,” terang Opik.

Awalnya, PT PELNI sudah merajut kerja-sama di bagian logistik yakni jasa service dooring pengurusan transportasi (JPT) dengan PT Tiki Lajur Nugraha Ekakurir (JNE) pada Selasa (21/9/2021). “Kerja-sama ini sebagai wujud loyalitas Perusahaan dalam meningkatkan usaha logistik untuk capai misi serta visi Perusahaan,” sebut Opik. Pelni menulis sampai Agustus 2021, faksinya telah mengusung General Cargo sekitar 13.212 ton, container sekitar 3.196 TEUs, dan kendaraan sekitar 2.959 unit.

Baca Ketetapan Gratis Bagasi 40 Kg Untuk Penumpang Kapal Pelni

Destinasi Wisata Terbaik –  PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) memberi sarana bagasi gratis 40 kg untuk tiap penumpangnya. Hal tersebut dilaksanakan sesuai Ketentuan Menteri Perhubungan Nomor 02 Tahun 2019. Pjs. Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Opik Taufik menjelaskan, sarana bagasi gratis 40 kg diberi untuk memberi kenyamanan penumpang dan optimasi ruangan kapal penumpang. “Penumpang sama barang bawaan di atas 40 kg tentu saja bisa mengusik kenyamanan dan keteraturan penumpang yang lain hingga ini perlu kami awasi.

Bagasi 40 Kg Untuk Penumpang Kapal Pelni

Disamping itu, kelebihan barang bawaan dapat membahayakan keselamatan penumpang bila pada kondisi genting,” tutur Opik dalam info tercatatnya, Jumat (8/10/2021).

Tetapi, untuk memperoleh sarana bagasi gratis 40 kg itu, ada beberapa ketetapan yang perlu disanggupi. Ketetapan itu, yaitu volume barang bawaan sama dengan 0,1 m3 atau dimensi maksimal 70 x 40 x 35 cm dan berat maksimal 40 kg. “Kami tawarkan service kelebihan bagasi atau over bagasi, yakni tiap barang bawaan penumpang yang melewati ketetapan bagasi bebas, yakni dengan berat maksimal 40 kg,” kata Opik.

Opik menambah, ketetapan itu sebaiknya bisa dipatuhi beberapa penumpang PELNI untuk jaga keteraturan dan kenyamanan penumpang supaya memberikan dukungan keselamatan dalam pelayaran. “Kami terus menyosialisasikan berkaitan service free bagasi ke penumpang kapal Pelni, baik itu lewat kantor cabang, loket servis ticket, media sosial,” sebut ia.

Adapun bagasi yang diizinkan termuat di atas kapal diantaranya koper dan tas tangan; tas jinjing dan semacamnya; portable electronic; barang keperluan setiap hari sepanjang ada di atas kapal; dan barang kepentingan yang lain sesuai dimensi dan berat selainnya dengan bagasi yang tidak diizinkan.

Untuk penumpang sama barang bawaan melewati 40 kg, PT Pelni mempunyai service parsel Redpack yang bisa digunakan oleh penumpang. Redpack sebagai service logistik yang sudah dikenalkan perusahaan BUMN itu semenjak tahun 2018. Dengan memakai service itu, beberapa penumpang bisa bawa muatan dengan batas dimensi 100 x 50 x 50 cm atau berat optimal 120 kg.

“Kami mempunyai call-center 162 dan service lewat WhatssApp di nomor 0811-161-1-162 sepanjang 24 jam untuk penuhi keperluan info semua konsumen setia kapal Pelni,” tutup Opik. Pelni sebagai perusahaan BUMN yang beroperasi pada sektor transportasi laut sampai sekarang ini sudah menjalankan sekitar 26 kapal penumpang dan singgah 76 dermaga dan layani 1.058 batas.

Selainnya angkutan penumpang, Pelni layani 45 rute kapal pelopor sebagai fasilitas aksesbilitas untuk mobilisasi warga di wilayah 3TP di mana kapal pelopor singgah 285 dermaga dengan 3.811 batas. Perusahaan plat merah itu menjalankan sekitar 16 kapal Rede. Dan pada servis usaha logistik, sekarang Pelni menjalankan 10 rute tol laut dan 1 rute khusus untuk angkutan ternak.

Pura Besakih Terbesar dan Agung di Bali

Destinasi Wisata Terbaik – Salah satunya pura yang agung di Bali yang paling besar dan terbanyak didatangi pelancong ialah Besakih. Tempat peribadatan ini bukanlah saja didatangi oleh penganut agama hindu saja, tapi juga membuat takjub semuanya orang. Pura Besakih sering jadi jadwal lawatan rekreasi yang ditata oleh beberapa pengurus travel agent khususnya untuk grup tur besar atau rekreasi siswa, mahasiswa dan pegawai lembaga. Keagungannya selalu memberikan daya magnet tertentu untuk pengunjung pulau Bali.

Pura Besakih Terbesar dan Agung di Bali

Letak pura Besakih berada di kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali Timur. Dari bandara Ngurah Rai ke arah tempat ini diperlukan waktu sekitaran 2,5 jam dengan tempuh jarak 75 km. Umumnya lawatan ke arah tempat beribadah ini digabungkan dengan tur berkunjung Ubud atau Kintamani dan Batur, supaya perjalanan rekreasi jadi lebih efisien.

Bila anda wanita, seharusnya tidak boleh sedang pada kondisi haid dan kenakan pakaian santun tertutup. Seluruh agama tentu setuju bila kita ke arah tempat beribadah seperti ke pura Besakih ini harus dengan baju rapi dan santun, kan?

Pura Besakih

Daftar Isi

Pura Besakih Bali

Objek Pura Besakih ini terdiri dari 1 pura besar dan khusus yang ditemani 18 pura kecil. Dan untuk warga Bali, tempat beribadah ini mempunyai filosofi kehidupan yang sangatlah baik dan sebagai beberapa unsur kebudayaan. Salah satunya:

  • Sistem pengetahuan
  • Peralatan hidup dan teknologi.
  • Organisasi sosial dan kemasyarakatan.
  • Mata pencaharian hidup.
  • Sistem Bahasa.
  • Religi dan upacara.
  • Kesenian

(sumber: wikipedia)

Kami merekomendasikan supaya anda berkunjung tempat ini. Pulau ini bukanlah sekadar mempunyai pantai yang memikat di Indonesia, tapi juga memperlihatkan keelokan alam yang lain terhitung tempat melaksanakan ibadah.

9 Tempat Wisata Di Surabaya Yang Seru Dan Asyik Dikunjungi

Inilah Daftar 9 Tempat Wisata Di Surabaya Yang Seru Dan Asyik Dikunjungi

Kamu bingung mencari tempat wisata di Surabaya yang seru dan asyik? Surabaya banyak memberikan pilihan objek wisata keren dan terlengkap. Kamu bisa mengunjungi objek wisata alam dengan pemandangan yang menakjubkan. Surabaya juga dikenal dengan Kota Pahlawan. Ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mengulik sejarah Indonesia.

Surabaya juga memiliki objek wisata malam dengan pemandangan lampu berwarna warni. Belakangan beberapa objek wisata di kota ini sangat hits dan instagramable. Penasaran? Yuk, kunjungi beberapa tempat wisata di Surabaya di bawah ini!

1. Hutan Bambu Keputih

Hutan Bambu Keputih

Siapa yang menyangka jika tempat pembuangan sampah bisa disulap menjadi objek wisata yang keren? Sejak tidak digunakan sebagai pembuangan sampah, kini dimanfaatkan menjadi Hutan Bambu yang indah. Pengelola menanami dengan aneka jenis bambu. Kamu juga bisa berswafoto dengan Bunga Sakura di tempat ini.

Disana sudah disediakan taman yang indah dan cantik terutama saat bunga sakura bermekaran. Ingin melihat berbagai jenis bambu dan berfoto dengan bunga sakura? Kamu bisa datang langsung ke objek wisata ini yang beralamatkan di Jl. Raya Marina Asri Surabaya.

2. Ekowisata Mangrove

Ekowisata Mangrove

Pecinta objek wisata alam bisa coba mendatangi Ekowisata Mangrove. Tempat wisata alam di Surabaya ini sangat mudah dijangkau karena dekat dengan pusat kota. Untuk datang ke sini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi. Tiket masuknya sangat murah paket hanya Rp 5 ribu sudah termasuk biaya parkir.

Keuntungan mengunjungi Ekowisata Mangrove ini bisa sebagai menikmati pemandangan mangrove yang indah dan edukasi ke anak-anak tentang alam. Objek wisata ini berada di Jl. Raya Wonorejo No. 1 Kota Surabaya.

3. Kenpark Surabaya

Kenpark Surabaya

Kenpark Surabaya cukup menarik untuk dikunjungi. Objek wisata ini berdekatan dengan Pantai Kenjeran yang sangat terkenal di Surabaya. Namun, pantai ini mendadak jadi sepi pengunjung karena kurang terkelola dengan baik.

Alhasil, wisatawan lebih memilih datang ke Kenpark Surabaya yang sering dikenal juga dengan sebutan Kenjeran Park. Di sini kamu bisa menikmati objek yang menarik seperti Klenteng Sanggar Agung. Uniknya, bangunan ini berdiri dengan megah dan gagah di pinggir laut.

Kenpark Surabaya juga terdapat tiruan Temple of Heaven yang berada di Cina. Keunikan ini memancing wisatawan untuk berburu foto di sini. Kamu juga ingin mengabadikan momen terbaikmu di sini? Datang saja ke Jl. Pantai Kenjeran Bulak Kota Surabaya dengan armada rental mobil surabaya.

4. Kebun Bibit

Kebun Bibit Wonorejo

Kebun Bibit adalah tempat wisata keluarga di Surabaya yang cocok untuk kamu kunjungi. Kamu bisa menikmati pemandangan alam dan berinteraksi dengan hewan di sini. Sangat cocok jika kamu datang ke sini mengajak keluarga tercinta. Di sini terdapat taman-taman yang rimbun. Ada juga loh tempat bermain anak yang lokasinya outbound. Anak-anak jadi bisa bermain sepuasnya di area playground.

Anak-anak bisa juga sambil memberikan makan rusa di sini. Objek wisata ini murah meriah. Tidak tiket masuknya, kamu hanya perlu bayar biaya parkir saja. Kunjungi objek wisata keluarga yang menarik ini yang berada di Jalan Raya Manyar No. 80A, Surabaya.

5. Food Junction Grand Pakuwon

Food Junction Grand Pakuwon

Bingung mencari tempat wisata kuliner di Surabaya itu di mana? Kamu bisa datang ke Food Junction Grand Pakuwon. Tempatnya nyaman, unik, dan menarik. Objek wisata ini sengaja di desain sebagai tempat makan yang berada di alam. Kamu bisa merasakan santapan dalam negeri dan luar negeri sambil melihat tepi danau buatan yang memukau.

Food Junction Grand Pakuwon ini sangat lengkap. Kamu bisa memilih kuliner apapun yang kamu mau. Ada 100 penjual makanan yang lezat dan berbeda-beda satu sama lain. Jadi laper, ya? Yuk datang saja ke Jl. Grand Banjar Boulevard, Surabaya.

6. Air Mancur Menari

Air Mancur Menari

Berburu Foto indah dan cantik bisa kamu dapatkan di Air Mancur Menari. Lokasi objek wisata ini ada pesisir Pantai Kenjeran. Di sana ada jembatan panjang 800 meter yang megah.

Kamu bisa menikmati pemandangan memukau jika mengunjunginya pada malam hari. Pengunjung akan dimanjakan dengan gemerlap lampu yang akan menambah kehangatan suasana malammu.

Apalagi saat kamu melihat indahnya air mancur menari akan menambah kenyamanan berkunjung. Di sana kamu juga akan disuguhkan dengan iringan musik khas Surabaya. Bagi kamu yang akan mengunjungi objek wisata ini bisa langsung ke Jalan Kenjeran yang tentunya ada di Kota Surabaya.

7. Pelabuhan Tanjung Perak

Pelabuhan Tanjung Perak

Salah satu ciri khas Surabaya adalah adanya Pelabuhan Tanjung Perak. Saat kamu datang ke Surabaya wajib untuk datang ke objek wisata ini.
Waktu terbaik berkunjung adalah saat waktu senja. Kamu bisa mengambil momen dengan mengabadikan foto.

Ada pemandangan indah yang bisa kamu nikmati seperti paduan warna langit jingga yang memukau dan siluet kapal-kapal yang berada di tengah laut. Penampakan ini akan menghasilkan foto terbaik untuk di upload di media sosial kamu. Lokasi Pelabuhan Tanjung Perak ada di Kelurahan Perak Timur, Kota Surabaya.

8. Balai Kota Surabaya

Balai Kota Surabaya

Surabaya menyimpan banyak hal menarik untuk dinikmati. Seperti yang ada di Balai Kota Surabaya ini, kamu bisa menikmati arsitektur klasik bangunan Balai Kota Surabaya untuk dijadikan latar foto. Bangunan ini cukup megah dan terdapat tulisan Balai Kota Surabaya yang sangat indah jika dilihat saat malam hari karena ada lampu yang menyala.

Momen ini wajib kamu abadikan dan menjadi kenangan kamu di Surabaya. Untuk mengunjungi lokasi ini kamu bisa menuju Jl. Walikota Mustajab Surabaya.

9. Surabaya Carnival Night Market

Surabaya Carnival Night Market

Wisata malam di Surabaya bisa kamu dapatkan di Surabaya Carnival Night Market. Di sini ada wahana seru yang bisa dinikmati dan kamu juga bisa sambil rekreasi di malam hari. Tiket masuknya sangat terjangkau sekali. Kamu cukup membayar dengan harga Rp 10 ribu saja. Namun, untuk menaiki wahana yang ada kamu harus bayar kembali yang biayanya itu sangat bervariasi.

Hobi jalan-jalan malam? Langsung saja datang ke Surabaya Carnival Night Market di Jalan Ahmad Yani No. 333, Kota Surabaya. Bervariasi sekali ya tempat wisata di Surabaya ini? Kamu tertarik mengunjungi yang mana? Yuk rencanakan berlibur di Surabaya dan Sewa Bus Pariwisata Surabaya dan juga siapkan akomodasinya. Jangan sampai ada yang ketinggalan, ya.

Ini 10 Tempat Wisata di Bengkulu Paling Terkenal

Keunikan tempat wisata di Bengkulu dapat Anda temukan dalam sejumlah pesona alam dan peninggalan sejarah yang mempesona. Bengkulu adalah sebuah provinsi yang terletak di pesisir barat Pulau Sumatra dan berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia. Anda dapat pergi ke Pulau Tikus untuk merasakan gelombang keras lautan samudera tersebut.

Bunga Rafflesia Arnoldi yang terkenal itu dapat Anda temukan di Kota Curup, sebuah tempat wisata di Bengkulu yang populer. Bunga Rafflesia ini adalah bunga terbesar di dunia dengan diameter 100 cm. Bunga ini membutuhkan 6 sampai 8 bulan untuk tumbuh dan 15 hari setelah itu untuk berbunga. Keunikan dari bunga ini adalah tidak memiliki akar, daun dan batang.

Bengkulu adalah juga salah satu tempat pembuangan sejumlah aktivis pejuang kemerdekaan, termasuk Bung Karno yang diasingkan ke dari tahun 1938-1941. Di masa inilah Bung Karno berkenalan dengan Fatmawati yang kemudian menjadi isterinya. Jika Anda telah puas mengelilingi berbagai tempat wisata di Bengkulu, Anda dapat menjajal beberapa kuliner Bengkulu yang terkenal, seperti pendap, gulai tempoyak, dan bagar kambing.

Tempat Wisata di Bengkulu

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah 10 tempat wisata di Bengkulu yang paling terkenal. Beberapa di antaranya adalah wisata alam yang memikat dan peninggalan bersejarah yang mengagumkan.

1. Pantai Panjang

Pantai Panjang Bengkulu

Garis pantai yang sangat panjang sejauh 7 km adalah keunikan yang dimiliki tempat wisata di Bengkulu yang satu ini. Pantai Panjang terletak di kawasan strategis pariwisata Bengkulu, sebuah kawasan yang lengkap dengan fasilitas publik dan akomodasi yang lengkap. Dari pusat kota, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit untuk dapat sampai di Pantai Panjang ini, atau berjarak sekitar 3 km.

Objek wisata bengkulu yang satu ini memiliki banyak fasilitas,dari penginapan, restoran dan cafe, pusat perbelanjaan, arena bermain anak, hingga fasilitas olah raga. Tak ayal, Pantai Panjang adalah salah satu pesona wisata di Bengkulu yang populer. Bagi masyarakat lokal, pantai ini adalah juga salah satu pusat terapi dengan berjogging pagi atau sore hari di lintasannya.

Pantai Panjang Bengkulu
Pantai Panjang Bengkulu

Pohon cemara dan pohon pinus yang tumbuh di sepanjang bibir pantai adalah daya tarik lain yang melengkapi keindahan panorama matahari tenggelam di kawasan pantai.

Pantai Panjang memiliki pasir putih yang halus sehingga saat Anda berjalan maka pasirnya tidak akan mengotori kaki. Berolahraga di pantai ini merupakan kegiatan yang tepat karena di sepanjang pantai tersedia jogging trek.

Penggemar volly pantai dapat bermain di lapangan yang dibangun di atas pasir-pasir alami, pecintasurfing pun memiliki titik sendiri untuk menaklukan ombak bersama papan selancarnya. Jika Anda ingin sesuatu yang lain, Anda dapat mencoba menikmati kuliner laut di kawasan pantai ini. Ada banyak restoran hingga tempat-tempat makan yang mudah Anda temukan di sana.

2. Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu

Rumah Pengasingan Bung Karno
Rumah Pengasingan Bung Karno

Bung Karno menempati rumah ini pada tahun 1938 – 1942. Di Bengkulu pula Sang Proklamator bertemu dengan Fatmawati, gadis asli Bengkulu yang kemudian menjadi istrinya sekaligus sang penjahit Bendera Sang Saka Merah Putih saat Proklamasi 17 Agustus 1945. Objek wisata di Bengkulu ini menyimpan benda-benda peninggalan Bung Karno yang memiliki nilai sejarah sekaligus menemani Bapak Proklamator dalam menyusun strategi-strategi perjuangan selama di pengasingan. Ada sepeda ontel kesayangan Bung Karno, koleksi buku, hingga surat cinta Bung Karno untuk Ibu Fatmawati.

Pada awalnya, rumah ini adalah milik pengusaha Tionghoa bernama Tan Eng Cian yang bekerja saat itu sebagai penyumplai sembako untuk Pemerintah Belanda. Lalu, Belanda menyewanya untuk menempatkan Bung Karno di rumah tersebut selama diasingkan di Bengkulu. Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Rumah Pengasingan Bung Karno sebesar Rp 2.500 per orang.

3. Benteng Marlborough

Benteng Marlborough di Bengkulu
Benteng Marlborough di Bengkulu

Inilah benteng pertahanan kekuasaan Inggris di kawasan pantai barat Sumatera dan sekaligus untuk mempertahankan Bengkulu sebagai daerah monopoli lada dan perdagangan. Benteng Marlborough dibangun oleh East India Company (EIC) tahun 1713-1719 pada masa kepemimpinan Gubernur Joseph Callet. Benteng ini dianggap sebagai benteng terkuat kedua milik Inggris di wilayah timur setelah benteng St. George di Madras, India.

Tempat wisata di Bengkulu yang satu ini adalah wisata sejarah yang menarik, Anda dapat menyaksikan sebuah benteng yang berdiri kokoh di lahan seluas 44.100 m persegi dengan panjang 240,5 m dan lebar 170,5 m, menghadap ke arah selatan dan membelakangi Samudra Hindia. Bentuk arsitektur bangunan Benteng Marlborough ini mirip kura-kura, terdapat jembatan yang menghubungkan bagian kepala dan badan, sebuah jembatan di atas parit yang membentuk ekor dan jembatan yang menghubungkan jalan masuk dengan bagian luar.

4. Pantai Tapak Paderi

Pantai Tapak Paderi
Pantai Tapak Paderi Bengkulu

Pantai ini terhubung dengan Pantai Panjang dan Pantai Jakat di Bengkulu, sebuah pantai yang pada awal mulanya adalah pusat pelabuhan laut pertama di Bengkulu serta menjadi penunjang transporasi laut pemerintah Inggris di Bengkulu pada masa itu yang berjarak 100 meter dari Benteng Marlborough.

Sunset yang begitu indah adalah pesona yang dapat Anda temukan di tempat wisata Bengkulu yang satu ini. Dari bagian atas Tapak Paderi, Anda dapat menyaksikan keindahan laut Bengkulu. Berjalan-jalan kaki di sekitar pantai atau menikmati jagung bakar di pantai ini adalah kegiatan menarik yang dapat Anda nikmati. Objek wisata di Bengkulu yang satu ini memiliki garis pantai yang panjang dan menawan, tidaklah mengherankan jika Pantai Tapak Paderi ini ramai dengan kunjungan orang.

5. Kota Curup

Kota Curup Bengkulu
Kota Curup Bengkulu
Kota Curup Bengkulu
Suasana Kota Curup Bengkulu

Kota Curup adalah ibukota Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Inilah tempat yang menjadi rumah Bunga Rafflesia Arnoldi yang terkenal itu. Suhu dingin mencapai 18 derajat celcius di pagi hari adalah karakter Kota Curup. Topografis Kabupaten Rejang Lebong adalah sebuah daerah yang berdiri di atas pegunungan Bukit Barisan dengan ketinggian 100 – 1.000 meter dpl. Ladang-ladang masih diselimuti kabut sehingga buah dan sayur yang ditanam berpetak-petak terlihat samar.

Dari kota ini, Anda dapat pergi ke Bukit Kaba, mendakinya hingga ke puncak untuk menyaksikan panorama alam yang memikat di sana. Atau, menikmati wisata di Danau Mas Harun Bastari. Jika Anda ingin mandi air panas di kota ini, datanglah ke Suban Air Panas, sebuah tempat pemandian air panas di Bengkulu dengan sumber air dari pegunungan yang langsung menuju kolam-kolam. Kota Curup adalah tempat wisata di Bengkulu dengan keunikan daerahnya yang menarik.

6. Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah

Danau ini terletak di Kota Curup, Bengkulu Utara, tidak jauh dari pusat Kota Bengkulu dengan jarak hanya sekitar 6 km. Danau yang dikelilingi bukit-bukit hijau ini merupakan kawasan cagar alam yang menyimpan banyak potensi ekologi dan keseimbangan ekosistem.

Kawasan hijau berudara sejuk, panorama yang menawan di kawasan danau pada saat pagi hari, serta kekayaan flora dan fauna di kawasan Danau Dendam Tak Sudah adalah beberapa hal yang dimiliki tempat wisata Bengkulu yang satu ini. Berperahu dan menaiki rakit untuk mengelilingi danau adalah salah satu kegiatan menarik yang harus Anda lakukan. Jika Anda memiliki hobi memancing, tempat ini adalah salah satu yang tepat untuk Anda.

7. Danau Mas Harun Bastari

Danau Mas Harun Bastari

Danau Mas Harun Bestari terletak di Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, berjarak sekitar 17 km dari pusat Kota Curup dan berada di pinggir jalan raya antara Curup – Lubuk Linggau. Lokasinya yang dekat dengan Bukit Kaba membuat daerah ini sebagai salah satu pilihan tempat wisata di Bengkulu yang menarik.

Danau Mas Harus Bastari adalah salah satu objek wisata keluarga di Bengkulu yang disukai. Terdapat banyak permainan bagi anak-anak hingga orang dewasa. Perahu-perahu dan sepeda air dapat dimanfaatkan untuk berkeliling danau. Anak-anak lazimnya suka bermain dengan komedi putar dan kursi ayun. Kawasan wisata Danau Mas Harun Bastari memiliki luas 36 hektar, bukit di sekelilingnya ditanami sayur-mayur segar.

8. Museum Negeri Bengkulu

Museum Negeri Bengkulu
Koleksi Museum Negeri Bengkulu

Museum ini adalah tempat menyimpan, merawat, melestarikan mengamankan dan memanfaatkan koleksi berupa benda cagar budaya. Awalnya, museum ini bertempat di Benteng Marlborough namun tiga tahun kemudian pada 3 Januari 1983, museum ini dipindahkan ke gedung baru hingga sekarang.

Museum Negeri Bengkulu
Museum Negeri Bengkulu

Tempat wisata di Bengkulu yang satu ini dibuka setiap hari untuk umum, kecuali Senin, dari pukul 8 pagi hingga 1 siang. Terdapat dua ruang pameran di dalam museum yang menyimpan sekitar 6.220 macam koleksi, meliputi 10 macam kategori. Kategori tersebut adalah geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika, filologika, keramologika, seni rupa, hingga teknologika.

Hampir separuh koleksi tersebut adalah benda budaya kategori etnografi atau benda budaya yang merupakan perlengkapan hidup, seperti kain tenun tradisional, benda upacara, senjata, dan lainnya baik yang masih dipakai dan diproduksi maupun perlengkapan kuno yang sudah tidak diproduksi atau digunakan lagi.

9. Bukit Kaba

 

Bukit Kaba
Bukit Kaba di Bengkulu

Terletak di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupuh Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bukit Kaba adalah gunung api aktif tipe A, yaitu tipe gunung yang pernah meletus tahun 1600 sampai sekarang, berketinggian sekitar 1.952 m dpl. Ada 8 kawah yang dimiliki gunung ini, tapi 5 diantaranya tertutup vegetasi. Gunung Kaba atau masyarakat Bengkulu menyebutnya sebagai Bukit Kaba, menyuguhkan pemandangan alam nan hijau dan menawan hati. Untuk dapat mencapai kawah dan puncak Bukit Kaba, Anda harus menaiki 307 anak tangga.

Menyaksikan jajaran Bukit Barisan yang berdiri indah serta pendar cahaya matahari terbenam adalah beberapa hal memikat yang dapat Anda rasakan di tempat wisata Bengkulu yang satu ini. Berkemah di puncak bukit untuk menyaksikan gemerlap lampu Kota Curup pada malam hari adalah satu hal yang menawan. Untuk dapat masuk kawasan wisata Bukit Kaba di Bengkulu ini, Anda harus membayar retribusi sebesar Rp 2.500 per orang.

10. Pulau Tikus

Pulau Tikus di Bengkulu

Pulau Tikus ini memiliki luas lahan sekitar 1,5 Ha, sebuah pulau di Bengkulu yang dikelilingi terumbu karang yang luas dan secara alami melindungi pulau dari abrasi akibat gelombang yang besar. Panorama pulau yang indah, air laut yang jernih, dan kegiatan snorkel untuk menyaksikan pesona batu karang yang indah serta ikan-ikan laut penuh warna adalah beberapa hal yang paling memikat di objek wisata Bengkulu yang satu ini.

Terletak 10 km di arah barat dari kota Bengkulu, Pulau Tikus adalah sebuah pulau yang terhubung langsung dengan Samudera Hindia. Anda dapat sampai di salah tempat wisata di Bengkulu ini dengan menyewa kapal nelayan di pantai Jakat, dengan durasi waktu perjalanan sekitar 1 jam. Jika menyewa boat untuk pergi ke Pulau Tikus, akan memakan waktu sekitar 40 menit dari Pelabuhan Pulau Baai. Pulau Tikus dulunya adalah tempat kapal-kapal untuk berlabuh dan berlindung dari hantaman badai ombak laut Samudra Indonesia.

Tetapi, ulah manusia yang merusak ekosistem terumbu karang di kawasan Pulau Tikus membawa dampak negatif bagi kelangsungan salah satu tempat wisata Bengkulu tersebut. Yang paling mencolok adalah semakin berkurangnya luas Pulau Tikus karena mengalami abrasi yang berlangsung makin cepat dari tahun ke tahun.

22,036FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

#Paling Populer

Berita >>