Beranda Wisata Mengenal Lebih Jauh Koleksi Tekstil di Seluruh Nusantara Melalui Museum Tekstil Jakarta

Mengenal Lebih Jauh Koleksi Tekstil di Seluruh Nusantara Melalui Museum Tekstil Jakarta

29

Mengunjungi dan Mengenal Lebih Jauh Koleksi Tekstil di Seluruh Nusantara Melalui Museum Tekstil Jakarta

Travelbiz – Informasi Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia – Sandang atau pakaian yang merupakan salah satu kebutuhan utama manusia memiliki arti lebih dari hanya sebagai penutup atau pembungkus tubuh. Sebagai contoh, pakaian yang digunakan oleh suatu kalangan masyarakat tertentu pada masa tertentu dapat mencirikan kebudayaan dan selera dari masyarakat tersebut.

Oleh karena itu, pengetahuan tentang dunia tekstil merupakan salah satu kajian budaya. Jika anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang berbagai macam kain dan pakaian yang ada di seluruh Nusantara dari waktu ke waktu, maka tidak ada salahnya jika anda mengunjungi obyek wisata Museum Tekstil yang berada di Jalan Aipda K.S. Tubun No. 4, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Mengenal Lebih Jauh Koleksi Tekstil di Seluruh Nusantara Melalui Museum Tekstil Jakarta

Jika anda belum tahu, obyek wisata Museum Tekstil yang berada di Jakarta Pusat ini merupakan museum tekstil terbesar di Indonesia. Koleksi tekstil di museum ini terhitung tidak kurang dari 1.000 buah. Koleksi tersebut terdiri dari empat bagian, yaitu koleksi kain batik, koleksi kain tenun, koleksi peralatan, dan koleksi campuran. Dalam masing-masing dari keempat kategori tersebut, terdapat berbagai macam koleksi lainnya. Sebagai contoh, dalam koleksi kain batik, kita dapat menemukan koleksi kain batik dengan berbagai macam motif, mulai dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling rumit.

Baca Juga:  Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Da Nang, Vietnam

Museum Tekstil Jakarta

Selain koleksi-koleksi tekstil tersebut, di obyek wisata Museum Tekstil ini juga terdapat bendera Keraton Cirebon. Bendera Keraton Cirebon ini merupakan koleksi pilihan, karena selain usianya yang paling tua (sekitar hampir 2,5 abad), bendera ini juga terbuat dari kapas dengan hiasan kaligrafi Arab dan dahulu sangat disakralkan di Istana Cirebon. Selain itu, di Museum Tekstil Jakarta ini juga anda bisa mengikuti kursus membatik yang waktunya disesuaikan dengan jam buka museum ini jika anda mau. Sangat menarik, bukan?.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here