Beranda Wisata Alam Danau Danau Poso: Danau Terbesar Ketiga di Indonesia

Danau Poso: Danau Terbesar Ketiga di Indonesia

84

Danau Poso

Daftar Isi

Danau Poso sebuah danau yang berada di propinsi Sulawesi tengah, Indonesia. Persisnya di Kabupaten Poso. Danau ini sebagai danau paling besar ke-3 di Indonesia dengan adanya panjang 32 km dan lebar 16 km.

Danau ini berada di ketinggian 657 m. Danau Poso sebagai salah satu Danau paling indah di alam dengan Pasir putih yang ada pada pinggir sampai di Dasar Danau. Danau poso berada di Disktrik Pamona Utara dengan ibukota Tentena. Datang beberapa kekhasan Danau ini yang bisa dicicipi oleh beberapa Pengunjung selang lain : Ikan Mujair, Nilam, Lele, Ikan Mas dsb-nya.

Danau Poso

Tapi yang paling unik yakni Ikan Sugili yang saat ini komunitasnya hampir musnah yang disebabkan karena makin lebihnya warga dan mungkin saja dikarenakan oleh dibuatnya Mega project PLTA Sulewana yang berperanan benar-benar besar dalam putuskan Mata Rantai pengembangbiakan tipe Ikan sangat jarang ini. Menurut cerita jika pada saat ikan ini akan berkembangbiak, mereka akan melakukan Migrasi ke muara sungai yang bertemu dengan cairan laut dan seterusnya saat anak-anak sugili naik dewasa, mereka akan balik ke danau.

Tapi saat Mega Project PLTA dibuat ditengah-tengah Poso dan Tentena karena itu secara automatis mekanisme pengembangbiakan komunitas Sugili yang cuman bisa terjadi secara alamaiah ini juga alami permasalahan besar, hingga kelangsungan komunitas ikan ini dalam kurun waktu tidak jauh diprediksikan akan alami setop atau alami kemusnahan seperti komunitas ikan bungu komunitas ciri khas Danau Poso yang tak lagi bisa ditemui. Selain itu ada peristiwa alam yang bau mistik yakni Lampu Danau yang disebut salah satu kekhasan setiap saat bisa dilihat di saat malam hari.

Baca Juga:  Gua Liang Bua: Jejak Manusia Kerdil (Hobbit) di Pulau Flores

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here