Air Terjun Kerta Gangga

Siapa yang menyangka jika Jennifer Lopez dan Brad Pritt pernah mengunjungi air terjun Kerta Gangga ini pada tahun 1999. Ya, keindahan Kerta Gangga memang sudah membuat siapapun ingin merasakan sejuk dan dinginnya air yang terjun dari ketinggian 35 – 40 meter tersebut. Air terjun Kerta Gangga terletak di dusun Kertaraharja, desa Genggelang, Gangga, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

air terjun kerta gangga waterfallAir terjun Kerta Gangga memiliki dua tingkat, satu berada di bawah dan dua diatas. Untuk tingkatan yang diatas letaknya berdampingan, namun satu lainnya berada agak tersembunyi. Untuk melihatnya kita harus melewati jembatan bambu kecil. Saat musim panas, debit air terjun Kerta Gangga tidak sebanyak saat musim hujan. Panoramanya luar biasa indah terdiri dari bukit dan pegunungan serta tebing curam serta panorama ratusan hektar sawah yang bisa kita lihat sepanjang mata memandang.

Baca Juga:  Mari Kembali ke Masa Lalu di Sade Desa Rambitan

Untuk mencapai lokasi dimana air terjun Kerta Gangga berada kita bisa menyewa kendaraan roda dua maupun roda empat. Letaknya berjarak 42 km dari arah utara kota Mataram dengan jarak tempuh 1,5 jam atau 7 km dari Kecamatan Gangga. Rute perjalananny adalah Mataram – Pemenang – Tanjung – Gondang – Lendang Bagian – Penjor – Kertaraharja. Sayangnya, 2 km menjelang lokasi air terjun kondisi jalan agak buruk. Sesampainya di areal parkir perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak yang menanjak sejauh kira-kira 500 m hingga tiba di lokasi air terjun berada.

air terjun kertaganggaPerjalanan menuju lokasi air terjun juga sangat menyenangkan. Sawah-sawah penduduk Lombok terbentang sepanjang perjalanan. Kelelahan menyusuri jalan menuju air terjun ini akan terbayar lunas begitu melihat Kerta Gangga yang memang indah.

Baca Juga:  Bendungan Batujai, Destinasi Wisata Tengah Kota

Ciptaan Tuhan ini tidak hanya menarik wisatawan domestik, namun juga mancanegara. Selain artis Hollywood seperti Lopez dan Pitt, pelancong-pelancong dari berbagai negara juga akan lazim kita lihat disini. Oya, untuk menikmati keindahan air terjun tanpa batas Anda tidak dikenakan tiket masuk. Hanya saja jika Anda membawa motor haruslah membayar tiket parkir seharga Rp. 1000.

Oya, selama berada di tempat ini, janganlah membuang sampah sembarangan. Menjaga kebersihan wilayah ini, dan juga tempat wisata lainnya berarti ikut membantu mengembangkan kehidupan pariwisata di Lombok dan sekitarnya. Selain air terjun Kerta Gangga, pulau ini memiliki beberapa destinasi air terjun lainnya seperti air terjun Sendang Gile, air terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu. Selama berlibur di Lombok, Anda bisa menginap di Lombok Raya Hotel, Lombok Garden Hotel dan Grand Legi Hotel.

Incoming search terms:

  • air terjun gangga
  • air terjun kerta gangga
  • air terjun gangga lombok utara
  • Artis yang pernah ke lombok
  • air terjun kerta gangga lombok
  • Artis korea yang pernah ke lombok
  • lokasi tempat air terjun kerta gangga lombok
  • misteri air terjun gangga
  • poto artis lombok telanjsn
  • kisah pelancong artis dunia di lombok
Baca Juga:  Warungboto, Situs Bangunan Pesanggrahan peninggalan Sri Sultan Hamengku Buwono II