air terjun benang stokel lombok

Keindahan air terjun Benang Stokel yang terletak di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat ini ternyata bukannya tanpa cerita legenda. Masyarakat setempat percaya bahwa air terjun Benang Stokel adalah tempat membersihkan diri Dewi Anjani.

Air Terjun Benang StokelDewi Anjani adalah mahkluk gaib yang dipercaya sebagai penunggu Gunung Rinjani. Menurut legenda yang berkembang, pada waktu – waktu tertentu Dewi Anjani turun dari gunung kemudian mandi dan membersihkan rambutnya di sini. Itu sebabnya, warga percaya bahwa jika sedang mempunyai masalah dengan rambut, mandi di Benang Stokel akan menjadi salah satu jalan keluar.

Menghilangkan rambut rontok dan menghitamkannya dapat dilakukan dengan membasuhnya di bawah hujaman air terjun Benang Stokel. Selain itu, jalur Benang Stokel – Gunung Rinjani juga sering digunakan oleh orang-orang sakti untuk mencari berkah atau keselamatan dengan melakukan pendakian atau pertapaan ke Gunung Rinjani. Selain itu ada yang mengatakan jika kita mandi disini, maka kita akan terlihat satu tahun lebih muda. Hingga kini, hal tersebut masih dipercaya oleh masyarakat.

Baca Juga:  Mengeksplorasi Kawasan Rawa Nan Indah, Upo Marsh

Di luar cerita legenda itu, kawasan wisata air terjun Benang Stokel sangat indah dan sejuk serta menenangkan. Suasananya bisa menghilangkan penat dan membua pikiran menjadi jernih kembali. Pesona air terjun ini berasal dari tingkatan air terjunnya yang tertutup oleh hijaunya daun juga karena tempat ini dikelilingi pepohonan yang membuat nuansa alamnya jelas terasa. Urutan air terjun yang paling atas disebut kelambu, sedangkan pada tingkatan kedua terdapat 3 air terjun yang berjajar. Lokasi air terjun Benang Stokel ini berada di ketinggian 552 mdpl di kawasan wisata Taman Nasional Gunung Rinjani.

Air Terjun Benang Stokel 1Dalam bahasa Sasak, Benang Stokel artinya segumpal benang. Nama itu diberikan karena bentuk air terjun ini yang menyerupai benang yang diikat menyatu. Untuk menuju air terjun ini Anda bisa menggunakan kendaraaan pribadi atau menyewa kendaraaan roda dua maupun roda empat. Berada di 30 km dari kota Mataram ke arah timur, air terjun Benang Stokel bisa ditempuh dengan total waktu 45 menit atau 25 km ke arah utara kota Praya.

Baca Juga:  Tempat Wisata Romantis di Yogyakarta Wajib Anda Kunjungi

Jika berangkat dari kota Mataram, kita akan melewati Narmada – Sedau hingga sampai ke pertigaan Desa Pancor Dao. Arahkan kendaraaan ke timur laut sehingga mencapai pertigaan Pasar Teratak. Selanjutnya berbelokkan ke kiri ke arah utara melewati jalan pedesaan. Untuk masuk ke air terjun Benang Stokel Anda harus membayar tiket masuk seharga Rp. 1000 per orang dengan biayar parkir sepeda motor Rp.1000 dan mobil Rp. 2.500. Selain air terjun Benang Stokel, destinasi wisata di Lombok Tengah Aik Bukak, Air Terjun Kelambu dan pantai Selong Belanak. Selama berlibur di Lombok, Anda bisa menginap di Lombok Raya Hotel, Lombok Garden Hotel dan Grand Legi Hotel.

Incoming search terms:

  • cerita rakyat lombok
  • Cerita lombok
  • Cerita rakyat lombok tengah
  • legenda dewi anjani
  • air terjun benang kelambu lombok
  • Kisah Dewi Anjani
  • cerita dewi anjani
  • sejarah dewi anjani
  • mitos lombok
  • legenda lombok
Baca Juga:  Mari Kembali ke Masa Lalu di Sade Desa Rambitan