Air Terjun Sendang Gile

Air terjun selalu menjanjikan sensasi. Uniknya hampir setiap destinasi wisata baik dalam negeri maupun luar negeri selalu menawarkan keindahan air yang mengalir dari atas bukit ini. Di Lombok Utara, Anda bisa menemukan gemericik air nan menyegarkan ini di air terjung Sendang Gile. Lokasinya berada di 80 km dari Mataram, tepatnya Desa Senaru Kecamatan Bayan.

Air terjun Sendang Gile adalah salah satu titik pemberhentian sebelum mendaki ke puncak Rinjani.  Namun bagi yang tidak ingin menjelajahi gunung, Sendang Gile bisa dijadikan pilihan utama wisata di Pulau Lombok.

Air Terjun Sendang Gile

Air terjun Sendang Gile mempunyai tinggi sekitar 35 meter, dan merupakan yang tertinggi dibandingkan 2 air terjun lainnya di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Airnya yang jernih dan dingin membuat wisatawan selalu menghabiskan waktu untuk mandi dan bermain di sungai yang menampung limpahan air dari bukit. Keindahan ini didukung dengan aneka pohon dan tumbuhan yang berjajar di sepanjang mata memandang.

Baca Juga:  Tari Gandrung, Tari Tradisional Lombok yang Lahir Sejak Jaman Erlangga

Lokasi air terjun ini tidaklah terlalu jauh, Anda hanya akan menghabiskan waktu sekitar 15 menit dari jalur treking menuju Gunung Rinjani. Jalanan menuju air terjun sudah ditata demikian rupa sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kesasar. Sedikitnya ada 500 anak tangga yang harus dilewati sebelum akhirnya menyaksikan keindahan Sendang Gile.

Puas bermain air dan merasakan kesejukannya, Anda bisa sembari mengisi perut. Ada Rumah Makan Senaru yang menyediakan aneka makanan. Dari pondokan rumah makan ini Anda tetap bisa menyaksikan derasnya air terjun. Seperti halnya banyak tempat wisata lainnya, air terjun Sindang Gile juga menyimpan cerita legenda. Konon airnya jika dipakai untuk mandi dan membasuh muka akan membuat kita awet muda.

Baca Juga:  Silmido, Sebuah Pulau Tak Berpenghuni di Incheon

Air Terjun Sendang Gile LombokAda baiknya Anda tidak terlalu banyak membawa barang saat mengunjungi Sendang Gile. Selain karena jalurnya yang menharuskan Anda berjalan kaki, usara yang dingin membuat barang bawaan Anda rentan sekali basah. Lebih baik, bawa barang secukupnya dan air minum agar tenaga Anda tetap prima kendati digunakan untuk berjalan kaki.

Anda bisa mencapai lokasi air terjun Sindang Gile dengan menyewa mobil. Jika menggunakan mobil sewaan dari Mataram, Anda akan menempuh jarak 60 km dengan tarif Rp. 450 ribu belum termasuk bensin. Alternatif menginap wisatwan tidak terlalu banyak di sekitar lokasi, sehingga lebih baik Anda bermalam di Mataram. Ada beberapa pilihan tempat menginap, seperti Bidari Hotel , Lombok Plaza Hotel atau Giri Hotel Lombok.

Beberapa destinasi lain yang bisa Anda kungjungi di Lombok adalah Pantai Kuta dan Taman Suranadi. Anda tidak akan kecewa mengunjungi dua tempat ini.

Baca Juga:  Wisata Depok: Taman Wisata Pasir Putih, Destinasi Wisata Terbaik!