Warung boto

Destinasi Wisata Terbaik – Terletak dipinggir kota Yogyakarta, tepatnya di Jl. Veteran sebelah barat Kebun Binatang Gembira Loka. Menuju tempat ini ada beberapa alternative jalan, lewat sisi utara dari pusat kota kearah timur sampai Pabrik Susu Sarihusada atau perempatan SGM keselatan, sebelum perempatan sebelah kiri jalan disitulah Situs ini terletak, jika lewat jalur selatan bisa lewat bekas terminal Bus Umbulharjo ke timur perempatan belok ke kiri sampailah ditempat yang dituju. Dan jika menggunakan angkutan umum bisa mempergunakan bis kota jalur 7 dan jalur 2.

Warungboto

WarungbotoSitus pesanggrahan ini dibangun sekitar tahun 1800-an oleh Sultan Hamengku Buwono II, dan disebut kan bahwa pesanggrahan ini bernama Pesanggrahan Rejowinangun. Kondisi saat ini sangatlah tidak terawat walalupun merupakan cagar budaya.

Baca Juga:  Hamparan Indah Kota Makale Dari Atas Patongloan

Bangunan pesanggrahan ini terdiri dari dua lantai, yakni yang satu yang menjadi ciri khas bangunan-bangunan pesanggrahan yakni satu lantai berada di bawah tanah. Kalau dilihat dari lantai atas bangunan ini tidak begitu Nampak karena sudah banyak mengalami kerusakan yang disebabkan usia bangunan.

Namun jika kita melihat dibagian bangunan bawah tanahnya masih sangatlah menakjubkan dan terlihat masih sangat kokoh. Untuk memasuki Warungboto bangunan bawah tanah kita bisa melalui lorong kecil yang ada di sebelah kiri. Bangunan yang berada dibawah tanah ini terdapat taman yang dilengkapi dengan kolam.

Terdapat 2 kolam yang pertama kolam berbentuk lingkaran dengan diameter 4,5 m dan tepat ditengahnya terdapat air mancurnya sedangkan kolam yang kedua berbentuk bujursangkar berukuran 10 x 4 m, kedua kolam tersebut saling terhubung ditandai dengan adanya lobang saluran yang terlihat.

Baca Juga:  Gua Selarong: Tempat Bersembunyi Pangeran Diponegoro

Warung boto

Disisi utara dan selatan kolam terdapat pintu yang menghubungkan dengan bagian ruang yang lain, sesdangkan disebelah timur terdapat tiga jendela dengan bentuk satu kotak dan dua lengkung pada bagian atasnya. Dibagian barat kolam ada satu pintu berbentuk lengkung atasnya menghubungkan dengan 2 pintu lengkung yang lain yang dilengkapi dengan beberapa anak tangga yang menghubungkan dengan lantai diatasnya.

Kalau dilihat secara struktur bangunan ini hampir sama dengan situs Goa Siluman atau Tamansari, kondisi yang tidak terpelihara sebagai salah satu faktor rusaknya situs ini dan situ Pesanggrahan Goa Siluman di Wonocatur.

Untuk menikmati atau berkunjung ke tempat ini tidak dikenakan tiket masuk, jika anda beruntung bisa menemui penjaga situs ini anda bisa mendapatkan keterangan lebih mendetail, termasuk fungsi dari masing masing bangunan yang ada.

Baca Juga:  Girigondo, Makam Raja dan kerabat Pakualaman