Taman Sari Jogja

Destinasi Wisata Terbaik – Tamansari adalah taman yang banyak ditanami oleh tanaman bunga yang berbau harum dimana pembangunannya dilaksanakan pada masa setelah perjanjian Gianti.

Pangeran Mangkubumi yang setelah bertahta bergelar Sultan Hamengkubuwono I membangun Keraton sebagi Pusat Pemerintahan Keraton Kasultanan Ngayogyokarto Hadiningrat, pada sumbu Imajiner yakni garis lurus antara Pantai Parangtritis dan Gunung Merapi, adapun sebagai titik acuannya adalah sebuah mata air / umbul. Beliau memerintahkan Demang Tegis (salah seorang portugis yang mendapat gelar jasa dari Keraton pada masa itu) sebagai arsitek dan Bupati Madiun Raden Ronggo Prawirosentiko yang dipercayakan untuk membangun sebuah istana air tersebut.

Taman Sari Jogja

Fungsi mulanya adalah sebagai tempat menentramkan hati, istirahat dan rekreasi setelah lama dalam peperangan. Namun demikian dipersiapkan pula sebagai benteng pertahanan Keraton apabila dalam kondisi bahaya, Selain itu juga tempat ini sebagai sarana ibadah maka tidak heran bila dalam komplek ini (tepatnya di Sumur Gumuling) dapat ditemukan Mushola sebagai tempat beribadah. Bangunan Istana Air tersebut mempunyai 2 pintu utama yang menghadap ke Barat yaitu Gapuro Agung dan yang menghadap ketimur yakni Gapuro Panggung.

Baca: Berpetualang Mengikuti Kesegaran Arus Kalisuci

Pengunjung saat ini pada saat berkunjung akan melewati pintu sebelah Timur (Gapura Panggung). Setelah masuk pengunjung akan akan memasuki area Kolam pemandian yang dulunya hanya diperbolehkan untuk Sultan dan keluarganya. Suara Air yang berpadu dengan bangunan dengan elemen arsitektur dari Hindu dan Budha, Jawa dan Islam, Cina, Portugis dan gaya Eropa. Dalam area ini kolam terbagi menjadi 3 bagian yakni Umbul Kawitan (kolam yang diperuntukkan bagi putra-putri Raja), Umbul Pamuncar (kolam yang diperuntukkan bagi para selir), dan Umbul Panguras (kolam untuk Raja).

Baca Juga:  Pulau Menjangan Besar Karimunjawa

Taman Sari Jogja

Selain dari Kolam ini pengunjung juga dapat melihat lorong yang menghubungkan antara Komplek Tamansari dengan Kraton juga Pulo Kenongo. Dilorong inilah adanya Mushola yang dipakai sebagai tempat ibadah, Lorong disini banyak sekali tempat-tempat rahasia yang semasa itu memang digunakan untuk berjaga-jaga pada saat keraton keadadaan bahaya.

Keluar dari lorong ini kita dapat menjumpai bekas Pulo Kenongo yang dulunya banyak ditanami bunga kenanga yang membuat Tamansari berbau harum bunga kenanga. Disini kita kan lihat Gedung Kenanga yang merupakan bangunan tertinggi di area Tamansari ini, sehingga kita dapat melihat seluruh area Taman dan jikalau beruntung dengan cuaca yang bagus maka bisa menikmati sunset

Adapun Jam kunjung ke Tempat ini adalah: Senin – Minggu, pukul 09.00 – 15.30 WIB

Tiket Untuk Pengunjung sebesar :

Wisatawan Domestik: Rp 3.000
Wisatawan Mancanegara: Rp 7.000
Untuk pemandu wisata / Guide bisa nego berkisar antara Rp. 20.000 s/d Rp. 50.000

Bagaimana Cara Menuju Kesini:

Untuk menuju tempat ini bisa menggunakan Angkutan umum yang menjadi kendaraan wisata di kota Yogyakarta seperti Andong atau becak, namun bisa juga menggunakan taksi sedangkan untuk angkutan umum seperti bus kota atau transjogja tidak melewati area ini. Bisa juga anda menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Rental & Sewa Bus Pariwisata Jogja Murah

Jika memang Anda sedang mencari informasi tentang tempat sewa bus di Jogja, yang murah, dengan bus terbaru, dan juga pelayanan yang terbaik, serta fasilitas bus terkeren, maka Anda bisa terus melanjutkan membaca informasi Sewa Bus Pariwisata Jogja, Paket Pariwisata Jogja yang di tampilkan di situs ini.

Baca Juga:  Taman Pintar Yogyakarta, Bermain dan Menggali Ilmu di Kota Pelajar

Di Jogja ada banyak perusahaan yang menyewakan bus, dan tentunya masing-masing menawarkan apa yang terbaik yang bisa mereka tawarkan, memberikan informasi tentang salah satu perusahaan yang memberikan jasa layanan sewa bus pariwisata jogja murah, yang benar-benar terbaik, baik dalam hal kualitas Bus yang di sewakan, maupun dalam hal pelayanannya.