Teluk Belongas

Teluk Belongas yang berada di sisi barat pantai Mawun adalah salah satu destinasi paling seru untuk snorkling maupun diving. Kendati belum begitu dikenal oleh wisatawan, namun destinasi ini menjanjikan keasyikan menyelam yang tidak kalah dengan Gili Trawangan dan beberapa pantai lain di Lombok. Sedikitnya ada beberapa lokasi penyelaman di Teluk Belongas yang rajin didatangi penyelam yakni The Magnet, Coral Garden, Bawahan Reef, Wollis Pinnacle, Gili Sera, The Cathedral dan Blue Hole.

Sebelum menyelam, menuju Teluk Belongas memang agak sulit. Terletak di bagian barat daya Lombok, tepatnya di Lombok Selatan jalanan menuju tempat ini rusak dan bolong-bolong, tanjakan dan turunan berbatu akan menemani sepanjang perjalanan Anda. Lebih baik Anda menyewa mobil untuk menuju Teluk Belongas ini, karena tidak ada angkutan umum yang melewati daerah ini. Namun kesengsaraan akan perjalanan yang rusak akan berakhir begitu Anda menikmati sensasi snorkling dan diving di Teluk Belongas nan sepi itu.

beach south lombok belongas resortTitik menyelam paling terkenal di Teluk Belongas adalah “The Magnet” yakni sebuah puncak yang ada di laut terbuka dengan jarak tempuh sekitar 25 menit menggunakan boat. Lokasi penyelaman berada di kedalaman sekitar 50 meter. Jarak menyelam yang aman di The Magnet adalah di kedalaman 15 meter, karena gelombangnya yang tenang dan jarak pandangnya ideal.

Baca Juga:  Pantai Indah Pulau Phu Quoc Vietnam

Menyelam di lokasi ini Anda akan menyaksikan sekelompok Hiu Martil, Barrakuda, Tuna, Manta, Eagle Ray dan keindahan biota laut lainnya. Beberapa penyelam profesional yang berada di The Magnet biasanya karena ingin melihat Hiu Martil dari dekat. Karena kondisinya yang tidak rata, maka penyelam yang ingin menyusuri The Magnet dianjurkan yang sudah berpengalaman. Ya, penyelam yang diperbolehkan adalah yang sudah memegang sertifikat advance dan melakukan setidaknya sudah 50 kali melakukan penyelaman di The Magnet dan titik lainnya yang juga curam yakni The Cathedral. Bagi penyelam pemula, Teluk Belongas masih menyediakan spot-spot yang cocok. Disini Anda akan melihat terumbu karang yang menawan serta biota laut yang indah.

lombok divingDi titik Coral Garden yang berada di sekitar batu besar, Anda bisa melihat karang lunak berwarna kuning, oranye dan ungu, karang cambung, beberapa Gorgonia dan Anemon. Ada juga beberapa udang dan gerombolan Barrakuda kecil.

Baca Juga:  Berburu Songket Indah Khas Lombok Di Sukarara

Coral garden termasuk kedalam wilayah menyelam yang mudah karena bisa menyelam hingga kedalaman 25 meter di bawah laut. Sementara itu jika menyelam di titik Bawahan Reef dan Wollis Pinnacle, Anda akan melihat frogfish hitam besar, Hiu, Belut pita dan beberapa spesies dari Nudibrach. Di area ini terdapat sebuah batu besar yang tingginya sekitar 7 meter di bawah permukaan laut. Tempat menyelam paling menarik berada di kedalaman maksimal 19 meter.

Teluk Belongas

Jangan lupa untuk menyelam ke Gili Sera. Gili Sera adalah kumpulan batu-batu besar. Dari bawah permukaan laut terlihat seperti potongan batu besar dan litterling pasir di sekitar pulau. Batuan ini tertutup oleh karang, spons dan tunicates. Gili Sera merupakan tempat penyelaman yang bagus karena arusnya tidak terlalu kuat sehingga Anda bisa leluasa melihat hewan-hewan laut yang kecil.

Baca Juga:  Pondok Wisata Pantai Cemara Sumba Yang Menyenangkan

Spot selanjutnya adalah The Katedral dan Blue Hole di kedalaman 40 meter dibawah permukaan laut. Dianjurkan hanya penyelam yang berpengalamanlah yang boleh menyusuri titik ini.

Waktu menyelam yang paling baik di Teluk Belongas adalah antara bulan Juni hingga awal November dimana Anda bisa berenang dengan puluhan Hiu Kepala Martil dan Mobula Ray. Khusus untuk penyelaman di titik The Cathedral dan The Magnet lebih cocok dilakukan antara bulan November dan April. Sedangkan antara bulan Mei dan Oktober, medannya sangat ekstrim, sehingga yang boleh menyelam hanyalah yang sudah pernah melakukan 100 kali penyelaman di The Magnet dan The Cathedral.

Masih banyak spot-spot menyelam dan berselancar yang bisa Anda nikmati di Lombok, seperti Sekotong, Pantai Gerupuk dan Pantai Kuta. Jangan lupa untuk memilih penginapan yang nyaman selama liburan Anda di Lombok. Berikut beberapa hotel yang layak Anda coba yakni Lombok Raya Hotel, Grand Legi Hotel dan Griya Asri Hotel. Semuanya berada di kawasan Kota Mataram.