Candi Prambanan

Destinasi Wisata Terbaik – Lokasi candi terletak di pinggir Jl. Raya Yogya Solo tepatnya ±17 km dari pusat kota Yogya yaitu di desa Prambanan, Kabupaten Sleman. Candi ini menempati area seluas 39,8 Ha dengan bangunan tertinggi 47 meter dan candi yang merupakan Peradaban Hindu ditanah Jawa ini oleh UNESCO sejak tahun 1991 ditetapkan sebagai Cagar Budaya Dunia.

Candi ini dibangun pada masa pemerintahan 2 Raja yakni Raja Rakai Pikatan dan Raja Rakai Belitung sekitar abad 10 atau ± tahun 850 Masehi oleh Wangsa Sanjaya. Candi ini juga disebut candi Roro Jonggrang ini tidak terlepas dengan legenda yang ada yakni legenda yang pada waktu itu diceritakan ada seorang Pemuda bernama Bandung Bondowoso yang jatuh cinta terhadap Putri Roro Jonggrang, namun ternyata cinta bertepuk sebelah tangan.

Candi Prambanan

Untuk menolak tawaran cinta Bandung Bondowoso sang Putri meminta syarat yang secara manusia sulit dipenuhi yakni meminta sang pemuda membuatkan arca sebanyak 1000 buah dalam semalam. Akhirnya syarat itupun disanggupi oleh sang Pemuda dan sebenarnya syarat tersebut bisa terpenuhi jika saja sang putri tidak menyuruh warga menumbuk padi dan membuat api besar sehingga tercipta suasana mirip pagi hari. Padahal sang pemuda telah meyelesaikan 999 dari 1000 yang diminta, karena merasa diperdaya maka sang pemuda mengutuk sang putri menjadi arca yang ke 1000.

Baca Juga:  Asiknya Rekreasi Air di Atlantis Water Adventure Ancol!

Baca: Berpetualang Mengikuti Kesegaran Arus Kalisuci

Struktur candi ini menggambarkan secara jelas kepercayaan dalam agama Hindu, yakni TRIMURTI maka Candi ini memiliki 3 Candi utama yang melambangkan hal tersebut. Ketiga candi terbut adalah Candi Wisnu, Candi Brahma, dan Candi Siwa yang semuanya menghadap ke Timur.

Masing- masing candi utama memiliki satu candi pendamping yakni Garuda untuk Candi Wisnu, Angsa untuk Candi Brahma dan Nandini untuk candi Siwa. Setiap candi utama juga memiliki 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sedangkan pada halaman terdapat 224 candi.

Candi Siwa merupakan candi yang tertinggi dan terdapat 4 ruangan, ruangan utama berisi Arca Siwa, kemudian Arca Durga (istri Siwa juga disebut sebut sebagai arca Putri Roro Jonggrang), Agastya (guru Siwa), dan Ganesha (putra Siwa). Sedangkan disebelah selatan Candi Siwa ada Candi Brahma yang terdiri dari satu ruangan saja berisi Arca Brahma demikian juga disebelah utaranya adalah Candi Wisnu disini juga terdiri satu ruangan saja yang berisi Arca Wisnu.

Candi Prambanan

Di dinding candi ini terdapat banyak relief diantaranya relief Pohon Kalpataru yang di agama Hindu merupakan Pohon Kehidupan, Kelestarian dan keserasian lingkungan, maka tidak heran jika pohon ini dijadikan sebagai Simbol/lambing Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) di Indonesia. Adapun yang merupakan relief utama dinding candi adalah relief yang menggambarkan kisah Ramayana.

Baca Juga:  Rasakan Kesejukan dan Keindahan Alami Kota Jakarta di Taman Anggrek Ragunan

Maka setiap bulan setiap malam bulan purnama dihalaman candi ini dipentaskan satu acara yang menggambarkan kisah Ramayana yang terpahat di dinding candi tersebut yakni Sendratari Ramayana. Kisah Ramayana ini dibuat dalam 4 babak yakni Penculikan Shinta oleh Rahwana, Misi Anoman ke Alengka, Matinya Kumbakarna dan pertemuannya kembali Rama dan Shinta.

Candi Prambanan

Candi Prambanan dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 WIb sampai dengan 17.00 WIB. Adapun pintu masuk dipisahkan antara Wisatawan Mancanegara dan Wisatawan Domestik, demikian pula tariff tiket masuk. Untuk Wisatawan Mancanegara Tiket masuk seharga US$ 20 sedangkan Wisatawan Domestik sebesar Rp. 8.000,00

Bagaimana Cara Menuju Kesini:

Untuk menuju lokasi wisata Candi Prambanan sangat mudah karena berada di pinggir jalan protokol Yogya- Solo. Alat Transportasi yang dapat digunakan :

1. Untuk angkutan umum bisa menggunakan Transjogja Jalur 1A dan turun dihalte Prambanan. Angkutan umum lain adalah Bus jurusan Jogja Solo dan turun di dekat pintu masuk.

2. Kendaraan Pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Rental & Sewa Bus Pariwisata Jogja Murah

Jika memang Anda sedang mencari informasi tentang tempat sewa bus di Jogja, yang murah, dengan bus terbaru, dan juga pelayanan yang terbaik, serta fasilitas bus terkeren, maka Anda bisa terus melanjutkan membaca informasi Sewa Bus Pariwisata Jogja, Paket Pariwisata Jogja yang di tampilkan di situs ini.

Baca Juga:  Obyek Wisata Pulau Seribu: Menikmati “Bali”nya Pulau Seribu di Pulau Tidung

Di Jogja ada banyak perusahaan yang menyewakan bus, dan tentunya masing-masing menawarkan apa yang terbaik yang bisa mereka tawarkan, memberikan informasi tentang salah satu perusahaan yang memberikan jasa layanan sewa bus pariwisata jogja murah, yang benar-benar terbaik, baik dalam hal kualitas Bus yang di sewakan, maupun dalam hal pelayanannya.