Beranda Kuliner Nikmatnya Mie lethek Kuliner Khas Bantul Yogyakarta

Nikmatnya Mie lethek Kuliner Khas Bantul Yogyakarta

70

Mie lethek Kuliner Khas Bantul Yogyakarta

Travelbiz – Informasi Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia – Belum komplet rasa-rasanya bila bertandang ke-kota Jogja tanpa rasakan kesedapan bermacam kulinerannya. Selainnya kaya dengan tempat rekreasi Yogyakarta kaya kulineran-nya yang menjadi legenda, umumnya kulineran di yogya sebagai kulineran ciri khas asli peninggalan simbah “nenek moyang” secara turun-temurun. Seperti Mie lethek, Mie lethek Kulineran Ciri khas Bantul Yogyakarta ini mungkin kedengar asing dalam telinga kamu yang bukan domisili di Yogya.

Secara bahasa Mie lethek memiliki arti mie yang warna kusam, tetapi tidak boleh saksikan warna letheknya”lusuh” ya, pasalnya bila mie ini sudah diproses oleh si koki jadi olahan mie lethek, hem, kamu tidak akan tahan dengan enaknya melahap mie lethek ini.

Mie lethek Kuliner Khas Bantul Yogyakarta

Mie lethek Kuliner Khas Bantul Yogyakarta

Bahan Pembuatan Mie lethek Kuliner Khas Bantul Yogyakarta

Walau mie ini lethek tidak berarti mie ini kotor ya, tetapi lethek “warna lusuh” karena proses dan bahan dari mie lethek ini yang jadikan mie ini warna lusuh, disamping itu mie lethek ini juga sehat di konsumsi karena benar-benar tidak memiliki kandungan bahan pengawet dan bahan warna apa saja jadi masih alami ya, adapun bahan dari mie lethek ialah kombinasi dari tepung singkong dan gaplek hingga berwarna kelihatan lethek sama dengan namanya.

Baca Juga:  Nikmatnya Oseng-Oseng Mercon Jogja!

Mie lethek ini hampir serupa dengan mie bihun hanya perbedaannya struktur mie lethek lebih kenyal dari mie bihun. Tidak seperti mie bihun yang dipasarkan dipasar tradisonal atau swalayan. Langkah pembuatannya juga sama dengan mie bihun ada yang dimasak dan ada yang direbus.

Bumbu untuk membikin mie lethek juga simpel yakni bawang putih, kemiri,garam, dan merica. Bila ingin lebih nikmat kembali dapat dipertambah dengan suwiran ayam dan telur bebek.

Hidangan mie lethek umumnya di sandingkan dengan wedang uwoh atau teh poci, Mie lethek ini terenak di cicipi saat lagi masih hangat ya, kuahnya yang dibuat dari kaldu ayam selanjutnya digabung dengan telur dan suiran daging ayam makin menambahkan nikmat cita-rasa dari mie lethek ini.

Banyak warung yang menawarkan mie lethek ini tetapi cuman beberapa yang populer salah satunya warung Mie Lethek Pak Ronto, Warung Mie Lethek Kang Sum dan Mie lethek Bantul Mbah Mendes. 3 warung mie lethek ini termasuk telah lama sekali membuka hingga benar-benar rekomend sekali untuk kamu yang ingin nikmati kuliner mie lethek khas Bantul Yogyakarta.

Adapun menu yang dijajakan ialah Bakmi Goreng, Bakmi Godhog, Nasi Goreng, Nasi Godhog, Magelangan Goreng, Magelangan Godhog, Teh Jawa dengan formasi gula batu asli(teh poci) dan wedang uwoh. Untuk nikmati mie lethek ini kamu cukup bayar Rp 10.000- saja.

Baca Juga:  Berkunjung ke Tempat Wisata Gua Pindul di Gunung Kidul

Lokasi Mie Lethek Khas Bantul Yogyakarta

Untuk lokasi warung mie lethek Bantul yang paling terkenal sebagai berikut :

Warung Mie Lethek Kang Sum

Lokasi: seputaran bekas Pasar Imogiri

Warung Mie Lethek Bantul mBah Mendes

Lokasi: Sorobayan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta
Cabang: Jl Ring Road Utara (sebelah Utara Lotte Mart atau barat SMK), Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Buka: 17.00 – 22.00 WIB

Warung Mie Lethek Pak Ronto

Lokasi: Selatan Pasar baru kecamatan Imogiri, Bantul. Warung Mie Lethek ini buka dari pukul 17.00 hingga pukul 03.00 WIB.

Nah itulah sekilas ulasan mie lethek kuliner khas bantul yogyakarta pastikan anda mampir ya jika berkunjung ke Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here