ayam taliwang1

ayam taliwangTak lengkap rasanya jika melewatkan cicipan kuliner saat berlibur di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Rasanya yang mampu menggoyang lidah siapapun membuat makanan khas pulau indah ini menjadi tujuan wisata tersendiri.

Plecing kangkung dan ayam taliwang adalah dua sajian yang paling populer di Lombok. Ada banyak restoran yang menghidangkan dua menu tersebut. Nah, agar bisa merasakan sensasi kuliner dengan maksimal, Anda bisa mencicipinya di Restoran 2EM Bersaudara yang terletak di jalan Transmigrasi nomor 99 Cakranegara, Mataram. Lokasi ini bisa Anda capai dengan angkuta umum.

Menu ayam taliwang yang mereka sajikan cukup pedas. Dengan bumbu yang merasuk hingga ke dalam, menu ini wajib disantap. Ayam taliwang lazimnya selalu dimakan dengan plecing kangkung. Plecing terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar plus sambal tomat. Sambal tomatnya dibuat dari racikan cabai rawit, garam, terasi dan tomat. Untuk merasakan plecing kangkung Anda cukup merogoh kocek tidak lebih dari Rp. 10 ribu. Selain dua masakan utama itu, kita juga bisa memesan makanan lain seperti beberuk, ayam julak dan sate sumsum.

Baca Juga:  Legenda di Balik Cerita Tentang Air Terjun Benang Stokel

List menu 2EM Lombok 1Beberuk terdiri dari kacang panjang, bawang merah, cabai, terong yang dicampur dengan sambal dan perasan jeruk nipis. Sama halnya dengan plecing, beberuk juga sangat menyegarkan dan – tentu saja – pedas. Sedangkan ayam julak adalah menu yang serupa ayam taliwang namun dimasak dengan cara dipanggang dengan bumbu pedas. Ayam julak sangat cocok disantap dengan nasi hangat yang masih mengepul. Bagi yang tak menyukai rasa pedas, sebaiknya Anda menghindari menu ini. Seporsi ayam julak berharga sekitar Rp. 30 ribu.

ayam taliwang1Nah, bagi penyuka sate, sate sumsum sangat menarik dicoba. Tidak seperti umumnya sate yang menggunakan saus kacang, menu ini justru menggunakan sambal yang rasanya cukup manis. Yang membuat tambah nikmat adalah sumsumnya yang meleleh di mulut kala kita menggigitnya.

Baca Juga:  Menyambangi Penunjak dan Masbagik, Sentra Gerabah Setelah Banyumulek

Usai merasakan berbagai menu makanan berat, Anda bisa menutupnya dengan segelas es kelapa muda madu yang sangat segar. Perut kenyang, segala lelah akibat menyusuri setiap sisi Lombok pun lenyap.

Restoran 2EM Bersaudara ini selalu dijubeli pengunjung saat jam makan siang. Jika ingin lebih santai, sebaiknya Anda tidak mengunjunginya saat tengah hari.

Menu lain yang wajib Anda cicipi selama di Lombok adalah sate bulayaknasi balap puyung dan sate tanjung.

Selama liburan Anda bisa menginap di Lombok Raya HotelLombok Raya Hotel dan Grand Legi Hotel.

Incoming search terms:

  • sasak lombok bendungan pand
  • sate tanjung
  • sate tanjung lombok utara
  • wisata dan kuliner lombok utara
Baca Juga:  Beribadah di Ketinggian Gunung Pengsong