Danau Tondano

Daftar Isi

Danau Tondano

Danau Tondano ialah danau terluas di Propinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Danau ini dijepit oleh Pegunungan Lembean, Gunung Kaweng, Bukit Tampusu, dan Gunung Masarang. Danau ini dilingkari pada jalan propinsi dan menyambungkan kota Tondano, Kecamatan Tondano Timur, Kecamatan Eris, Kecamatan Kakas, Kecamatan Remboken, dan Kecamatan Tondano Selatan. Danau ini sebagai danau pemroduksi ikan air tawar seperti ikan mujair, pior/kabos, payangka wiko (udang kecil), nike dan sebagainya.

Danau Tondano

Luas danau ini 4.278ha, dan ada pulau kecil namanya Likri (depan dusun Tandengan kecamatan Eris). Di pinggir Danau Tondano kelihatan terang Gunung Kaweng. Kabarnya danau ini muncul karena letusan yang hebat karena ada cerita sepasang individu manusia yang berbeda tipe menyalahi larangan orangtua untuk kawin (bahasa Minahasa: kaweng) dengan ngotot lari (tumingkas) di rimba. Sebagai karena menyalahi saran orangtua karena itu meledaklah kembaran gunung kaweng itu hingga jadi danau Tondano.

Baca Juga:  Danau Sentarum: Danau Konservasi & Wisata Kebanggaan Indonesia

Danau Tondano

Danau Tondano memiliki objek rekreasi yang populer “Sumaru Endo” Remboken, dan Resor Rekreasi Bukit Pinus (Tondano arah Toliang Oki). Dari pinggiran danau Tondano (Toliang Oki), kita bisa lewat pucuk Bukit Lembean dan melihat keelokan Laut Maluku (di samping timur), persisnya teritori Tondano Pante (Kecamatan Kombi), Kabupaten Minahasa.