Air Panas Belulang , Desa Mengesta , Kabupaten Tabanan , Kecamatan Penebel

Berendam Kaki di Air Panas Belulang

Siapa yang tak ingin berlibur sekalian berobat. Siapa yang tidak menginginkan sambil menenangkan pikiran, dan mengembalikan ketentraman hati dengan berwisata juga sekalian menyembuhkan rupa penyakit fisik, penyakit kulit utamanya.

Berendam Kaki di Air Panas Belulang

Memangnya ada objek wisata yang demikian? Tentu ada. Di Bali apa saja ada, salah satunya adalah ya di Air Panas Belulang.

1. Tak Menimbulkan Bau Belerang

Air Panas Belulang terhampar di tengah persawahan yang luas dan indah. Bisa dibayangkan bagaimana sistem terassering di Bali yang memanjakan mata dan membuat kesrengsem ternyata di tengah-tengahnya ada air panas yang juga bisa menyembuhkan penyakit kulit. Terlebih dahulu air panas ini berbeda dengan kebanyakan air panas lainnya yang menimbulkan bau belerang yang cukup menyengat. Air Panas Belulang tidak menimbulkan bau belerang.

Baca Juga:  Memotret Undakan Pesawahan di Pupuan Panorama Bali

Sumber mata air panas ini berasal dari sekitar lokasi Pura Beji yang kemudian ditampung dalam sebuah kolam dan dialirkan ke beberapa kolam pancuran yang ukurannya lebih kecil. Anehnya meski air panas ini tidak memiliki bau belerang yang menyengat, namun memiliki kandungan belerang yang tinggi sehingga bisa digunakan untuk menyembuhkan aneka penyakit kulit.

Untuk mencapai lokasi ini pengunjung harus melewati kira-kira 200 meter dari tempat parkir, selama dalam perjalanan pengunjung akan pematang sawah yang sudah ditata sedemikian rupa sambil menikmati pemandangan alam sekitarnya yang masih asri dan alami. Namun apalah artinya hanya berjalan beberapa langkah saja jika dibalas dengan mujarabnya air panas ini.

Baca Juga:  Pantai Memanjang Delodbrawah Bali

Konon menurut cerita, masyarakat percaya adanya air panas di yakini beristana Ida Putra Puncak Gunung Agung, mata air panasnya berada di lokasi Pura Beji, tempat membersihkan diri sebelum sembahyang ke pura. Penduduk sekitar pada awalnya sebagian besar bermata profesi sebagai petani, namun saat ini sering berkembang zaman ada juga yang menjadi pedagang dan karyawan.

2. Lokasi

Air Panas Belulang terletak di Desa Mengesta, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan , kurang lebih 15 km dari Kota Tabanan.

Selamat Berendam!