Air Terjun Mayung Putek Lombok

Dari beberapa air terjun yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Mayung Putek punya keistimewaan yakni airnya mengandung belerang. Terletak di Desa Sajang, Sembalun, Lombok Timur, air terjun Mayung Putek adalah destinasi wisata yang harus Anda kunjungi. Diberi nama “Mayung Putek” yang dalam bahasa Sasak artinya rusa putih. Konon, lokasi air terjun ini pada saat-saat tertentu sering terlihat rusa putih sedang minum dan mandi.

Air Terjun Mayung PutekAir terjun Mayung Putek, beberapa diantaranya menuliskan dengan “puteq”, mempunyai ketinggian sekitar 60 meter. Selain tergolong cukup tinggi, air yang deras menghujam ke bawah itu ternyata mengandung belerang karena berasal langsung dari Rinjani. Itu mengapa air terjun Mayung Putek berwarna putih dan mempunyai khasiat bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Baca Juga:  Kalimantan Tengah Destinasi Wisata Yang Layak Dikunjungi

Tempat wisata ini cocok untuk didatangi beramai-ramai dengan kerabat atau teman. Sambil menikmati deburan air yang jatuh ke bumi, kita bisa bercanda bersama. Kawasan ini juga masih sangat alami dengan udara yang bersih. Pemandangan indah dan menawan karena berada di kawasan kaki pegunungan Rinjani. Kita bisa menikmati air yang dingin dan menyehatkan serta pemandangan yang elok sekaligus. Pada musim liburan, banyak wisatawan yang memanfaatkan waktu luangnya untuk bersantai di air terjun Mayung Putek. Sayangnya, tidak fasilitas pendukung yang bisa dimanfaatkan pengunjung seperti misalnya toilet atau mushola.

Air Terjun Mayung Putek 1Ada dua alternatif rute yang bisa ditempuh untuk mencapai air terjung Mayung Putek. Yang pertama melewati kawasan Kabupaten Lombok Timur yakni Mataram – Narmada – Mantang – Kopang – Terara – Sikur – Aikmel – Suwela – Sapit – Lemor – Sembalun Bumbung – Sembalun Lawang Bira. Sedangkan rute kedua melewati jalur Kabupaten Lombok Utara yakni Mataram – Pusuk atau sepanjang jalan Pantai Senggigi – Pemenang – Tanjung – Godang – Selengan – Batu Gembung – Desa Senaru – Dasan Grisak – Desa Sambek Elen – Bira. Sesampainya di Desa Bilok Petung, kita akan menemukan tanda panah bertuliskan “Air Terjun Mayung Putik”.

Baca Juga:  Eurwangni Beach, Pantai yang Ramai Sepanjang Tahun

Setelah mengikuti tanda tersebut kita akan berada di kawasan air terjun. Tapi perjalanan belum selesai, kita masih harus berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit melewati jalan setapak, menuruni anak tangga, melewati bukit dan menyeberangi sungai hingga tiba di lokasi air terjun tersebut. Anda sebaiknya menyewa mobil atau motor untuk menuju air terjun Mayung Putek.

Beberapa destinasi wisata lain yang berada di kawasan Lombok Timur adalah Gunung Rinjanidesa Tetebatu dan pantai Kaliantan. Selama berlibur di Lombok Anda bisa menginap di Lombok Raya Hotel, Lombok Garden Hotel dan Grand Legi Hotel. Selamat berlibur!

Incoming search terms:

  • air terjun mayung putek
  • air terjun mayung putek dilombok
  • air terjun sembalun
  • air terjun sembalun ntb
  • jln menuju mayung putek
Baca Juga:  Jongmyo Shrine, Kuil Konfusius Tertua di Dunia