Nasi Tumpang Kelantan

Destinasi Wisata Terbaik – Jalan – jalan ke Kelantan Malaysia tentu tak sekedar berwisata saja. Tak afdhol rasanya bila tidak menyempatkan diri untuk mencoba kuliner khas daerah yang kita kunjungi. Apa kuliner yang harus dicoba bila mengunjungi Kelantan? Sebagai rujukan, mungkin bisa anda coba kuliner Nasi Tumpang Kelantan yang memiliki bentuk dan rasa khas yang tidak sama dengan bentuk dan rasa Nasi Tumpang yang kerap Anda cicipi di Indonesia.

Nasi Tumpang Kelantan dikatakan memiliki sejarah yang unik. Awalnya Nasi Tumpang Kelantan Malaysia ini banyak diproduksi oleh istri-istri nelayan bagi suami mereka. Ya, Nasi Tumpang Kelantan ditujukan sebagai bekal anti-lapar bagi para nelayan ketika melaut. Mengapa memilih Nasi Tumpang untu dijadikan bekal? Konon nasi ini memiliki karakteristik makanan yang awet alias tahan lama. Tidak cepat basi walaupun berbahan santan.

Nasi Tumpang Kelantan

Kini Nasi Tumpang Kelantan bisa dengan mudah ditemui di gerai makan atau kedai-kedai makan di daerah Kelantan. Harganya juga murah, mulai RM1 hingga RM2 saja untuk sebungkus Nasi Tumpang. Namun jangan salah, sekalipun murah tapi isinya sangat bergizi. Biasanya Nasi Tumpang Kelantan terbuat dari beras (yang menyediakan energi bagi tubuh), ikan (biasanya ikan kembung), dan campuran rempah-rempah pilihan seperti bawang merah dan bawang putih, lengkuas, santan, dan lain-lain.

Nasi Tumpang Kelantan

Ngomong-ngomong bagaimana sih bentuk Nasi Tumpang Kelantan ini? Bentuk Nasi Tumpang Kelantan adalah kerucut yang didalamnya berisi nasi dengan berbagai layer berisi ikan dan bumbu pelengkapnya.

Baca Juga:  Gardens by the Bay Singapura Yang Hijau dan Rimbun!

Biasanya dijual menyerupai bentuk Nasi Tumpeng (berkerucut) namun teridir dari bagian yang terpisah. Nasi ini bisa ditemukan dibungkus dengan kertas nasi. Namun untuk rasa yang lebih nikmat pilih Nasi Tumpang Kelantan yang dibungkus menggunakan daun pisang. Rasa dan aromanya, benar-benar terasa lezat.

Bila disamakan bentuk serta komposisi layernya mungkin bisa disamakan dengan makanan arem-arem di Indonesia. Namun persamaannya hanya pada bahan dasar beras dan penggunaan daun pisang sebagai pembungkusnya. Di luar dua hal tersebut, keduanya berbeda sama sekali. Namun yang pasti Nasi Tumpang Kelantan ini masih cocok untuk dicicipi oleh lidah orang Indonesia.

Klik Objek Wisata Kelantan yang lainnya!