Beranda Wisata Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

24

5 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Travelbiz – Informasi Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia – Tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi – Selain di kenal dengan kota pelajar jogja juga di kenal dengan aneka tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi, di jogja sendiri banyak sekali obyek wisata yang dapat di nikmati mulai dari wisata budaya dan pertunjukan kesenian sampai dengan wisata alamnya.

Jogja sering kali mengadakan acara-acara kebudayaan yang menarik untuk disaksikan seperti upacara-upacara perayaan skaten, kirap budaya, rasulan di gunung kidul dan lain-lain, dalam acara-acara tersebut biasanya di meriahkan dengan suguhan pentas kesenian khas jawa seperti jatilan, wayangan dan lain-lain.

Nah ada baiknya jika anda berkunjung ke jogja memperhitungkan waktu yang berpas-pasan dengan acara-acara kebudayan di jogja, pasalnya acara-acara kebudayaan tersebut hanya di laksanakan pada waktu-waktu tertentu saja seperti skaten yang di laksanakan pada saat hari memperingati hari kelahiran (maulid) nambi Muhammad SAW.

Disamping wisata budaya anda juga dapat menikmati aneka tempat wisata yang tak kalah menarik, mulai dari tempat wisata alam, wisata pantai, wisata sejarah anda bisa dapatkan di jogja, nah dalam hal ini ini saya akan mengulas mengenai beberapa tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi, di antaranya sebagai berikut.

Baca Juga:  Hal Unik di Tempat Wisata Umbul Ponggok

1. Malioboro Jogja

Tempat wisata pertama yang wajib di kunjungi adalah Malioboro, berlibur ke jogja akan tidak afdol jika tidak berkunjung ke Malioboro, karena malioboro bisa di juga bilang sebagai maskotnya kota jogja selain tugu jogja.

Malioboro ini sejatinya merupakan Nama Jalan yang membentan dan di kanan kirinya terdapat pedagang kaki lima yang menjual berbagai kerainan dan pernik-pernik unik, oleh karena itu Malioboro ini lebih di kenl dengan destinasi wisata belanja di kota jogja.

Selain menjual pernak pernik unik para pedagang juga menjual Pakaiyan batik yang di jual relative lebih murah di banding dengan yang di jual pada toko-toko, di Malioboro ini anda dapat membeli berbagai kerajinan untuk bahan oleh-oleh yang istimewa untuk keluarga ataupun teman.

malioboro jogjakarta

Malioboro Jogja

Bebeda di waktu siang di malam hari malioboro akan berubah menjadi surga para pecinta kuliner di sini akan di paadati oleh pedagang-pedagang yang menjajakan aneka makanan yang patut anda coba, selain itu seketika anda juga akan menjumpai pengamen jalanan yang menggelar konser di pinggir jalan dengan musik khas nya yang menyerupai keroncong. para penonton akan berdiri mengelilingi pertunjukan musik tersebut.

2. Keraton Jogja

Keraton yang menjadi pusat pemerintahan di jogja ini di bagun oleh Pangeran Mangkubumi pada tahun 1755, Keraton jogja selain menjadi tempat tinggal raja juga menjadi pusat kebudayaan jawa yang sangat kental di dalam keraton jogja anda dapat menyaksikan secara langsung bagaimana kebudayaan jawa ini terus lestari.

Baca Juga:  Wisata Kuliner Gudeg Wijilan Yogyakarta

Sesekali anda juga akan mendengar bunyi lonceng kyai branjanala yang terdengar di seleruh sudut keraton, di dalam kraton jogja anda juga dapat mendengar idahnya lantunan tembang jawa di iringi gamelan khas jawa yang di nyanyikan oleh seorang abdi dalem kraton.

Keraton Jogja

Keraton Jogja

Konon keraton ini di bangun sejajar garis lurus yang menghubungkan gunung merapi dan pantai parang tritis hal tersebut memiliki pesan filosofi tersendiri.

3. Pantai Parang Tritis

Tempat wisata yang wajib di kunjungi selanjutnya adalah Pantai Parang Tritis, siapa yang tidak mengenal keindahan pantai Parang Tritis selain di kenal dengan kindahan dan keunikanya pantai Parang Tritis juga di kenal kaya dengan cerita mistisnya konon katanya pantai Parang Tritis merupakan perwujudan pantai selatan yang merupakan tempat kerajaan ga’ib Nyai Roro Kidul.

Pantai Parang Tritis

Pantai Parang Tritis

Yang paling unik di pantai ini adalah terdapatnya gunung dan padang pasir layaknya di timur tengah padang pasir ini terbentuk dari kikisan tebing yang ada di sekitar pantai Parang Tritis.

4. Pesisir Pantai Gunung Kidul

Selain pantai Parang Tritis jogja juga memiliki destinasi wisata pantai yang juga tidak boleh di lewatkan yaitu deretan pantai di pesisir Gunung Kidul, di pesisir pantai Gunung kidul ini sebagian besar merupakan pantai pasir putih yang masih bersih dan asri.

Pantai Gunung Kidul

Pesisir Pantai Gunung Kidul

Baca Juga:  Pesona Diving di Tempat Wisata Pulau Weh Sabang!

Pantai di pesisir gunung kidul memang sudah sangat popular di kalangan wisatawan, tak lengkap rasanya berkunjung ke jogja tanpa menikmati indahnya pantai di pesisir gunung kidul yang sangat eksotis. Di setiap pantai di pesisir Gunung kidul ini juga memiliki keunikanya sendiri-sendiri yang tentunya sangat menarik.

5. Tugu Jogja

Yang terakhir yaitu tugu Jogja, tugu Jogja yang merupakan maskot dari kota jogja ini juga wajib kamu kunjungi ketika berkunjung ke kota jogja, untuk menikmati pesona tugu jogja anda sebaiknya berkunjung di malam hari di saat sepi kendaraan yang berlalu lalang dan juga tugu akan tampak lebih indah ketika terkena sinar lampu yang terletak di sekitar tugu.

Tugu Jogja

Tugu Jogja

Di tugu jogja anda juga dapat berfoto-foto tapi harus berhati-hati karena meski malam dan sudah cenderung sepi oleh kendaraan yang berlalu lalang tetapi seketika masih ada kendaraan yang akan lewat.

Demikian ulasan dari saya mengenai tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi semoga dapat bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here