Beranda Wisata Dalam Negeri Bali Menyaksikan Keelokan Sunset dari Tanah Lot

Menyaksikan Keelokan Sunset dari Tanah Lot

35

Travelbiz – Informasi Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia – Tanah Lot ialah sebuah tempat wisata di Bali, Indonesia. Di tempat ini ada dua pura yang berada di di atas batu besar. Satu berada di atas bongkahan batu dan satunya berada di atas tebing serupa dengan Pura Uluwatu.

Tanah Lot

Pura Tanah Lot ini sebagai sisi dari pura Sad Kahyangan, yakni berpura-pura yang disebut beberapa sendi pulau Bali. Pura Tanah Lot sebagai pura laut tempat penyembahan dewa-dewa penjaga laut.

Legenda

Daftar Isi

Menurut legenda, pura ini dibuat dengan seorang brahmana yang mengelana dari Jawa. Beliau ialah Danghyang Nirartha yang sukses memperkuat keyakinan warga Bali akan tuntunan Hindu dan membuat Sad Kahyangan itu pada era ke-16.

Di saat itu penguasa Tanah Lot, Bendesa Beraben, iri pada beliau karena beberapa penganutnya mulai wafatkannya dan ikuti Danghyang Nirartha. Bendesa Beraben memerintah Danghyang Nirartha untuk tinggalkan Tanah Lot.

Beliau menyanggupi dan sebelum meninggalkan Tanah Lot beliau dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura disana. Beliau juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura.

Ular ini masih tetap ada sampai saat ini dan secara ilmiah ular ini terhitung tipe ular laut yang memiliki beberapa ciri berbuntut gepeng seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan memiliki toksin 3x semakin kuat dari ular cobra. Akhirnya legenda mengatakan jika Bendesa Beraben ‘akhirnya’ jadi penganut Danghyang Nirartha.

Baca Juga:  Pantai Karang Nini Yang Semakin Mempesona Banyak Wisatawan

Tanah Lot ialah sebuah tempat wisata di Bali, Indonesia. Di tempat ini ada dua pura yang berada di di atas batu besar. Satu berada di atas bongkahan batu dan satunya berada di atas tebing serupa dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini sebagai sisi dari pura Sad Kahyangan, yakni berpura-pura yang disebut beberapa sendi pulau Bali. Pura Tanah Lot sebagai pura laut tempat penyembahan dewa-dewa penjaga laut.

Lokasi

Objek rekreasi tanah lot berada di Dusun Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, sekitaran 13 km barat Tabanan. Disamping utara Pura Tanah Lot ada sebuah pura yang berada di atas tebing yang menjuru ke laut.

Tebing ini menyambungkan pura dengan dataran dan seperti jembatan (meliuk). Tanah Lot populer sebagai lokasi yang cantik untuk menyaksikan matahari tenggelam (sunset), turis-turis umumnya ramai di sore hari untuk menyaksikan keelokan sunset di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here