Taman Pintar Yogyakarta

Destinasi Wisata Terbaik – Taman Pintar Yogyakarta terletak di Jalan Panembahan Senopati no. 3 yang berada dijantung Kota Yogyakarta. Akses untuk ke taman ini sangatlah mudah, banyak angkutan umum yang tersedia, mulai dari becak sampai bis kota, lokasinya yang dekat dengan Bandara Adi Sucipto 8 km, terminal Giwangan 6 km dari setasiun Lempuyangan 3 km dan dari Stasiun Tugu 2 km. Taman yang mulai dibangun tahun 2003 dan diresmikan oleh Sultan Hamengku Buono X pada tanggal 9 juni 2007, dibangun untuk bertujuan meningkatkan kepekaan anak terhadap Ilmu Pengetahuan Informasi dan teknologi (IPTEK).

Taman Pintar Yogyakarta merupakan obyek wisata pendidikan keluarga, yang menawarkan fasilitas wahana dari usia pra sekolah sampai usia sekolah menengah keatas. Mulai dari PlayGround, Gedung PAUD, Gedung Oval, Gedung kotak dan Gedumg Memorabilia.

Taman Pintar Yogyakarta

Pada masing – masing gedung terdapat wahana pembelajaran yang berbeda- beda, dari Wahana Indonesiaku, Taman bermain, titian sains, titian penemuan, petualangan lingkungan, penjelajahan kecil, jembatan sains, Teknologi canggih dan Teknologi populer. Taman ini juga ingin mewujudkan moto yang diambil dari filosofi Ki hajar Dewantara, memahami dan mengingat( niteni), Menirukan (Nirokake) dan Mengembangkan ( nambahi).

Dimulai dari Wahana Taman Bermain, wahana ini bisa digunakan tempat bermain anak dan ruang tunggu publik, yang bertujuan untuk menumbuhkan Kecerdasan dan ketrampilan. Berbagai permainan yang ada di wahana ini adalah Cakram warna, permainan air dan dinding berdendang, disini anak – anak bisa mempelajari terjadinya pelangi, warna dan sumber bunyi, dan berbagai pertanyanan dijalan setapak.

Baca Juga:  Pulau Menjangan Besar Karimunjawa

Taman Pintar Yogyakarta

Anda bisa mengetahui penemu- penemu terkemuka didunia di wahana titan penemuan, Mulai dari penemu bola lampu, listrik, telepon, sampai penemu roda dan temuan terkemuka lainnya.Disini pengunjung bisa mempelajari penemu- penemu besar dari zaman Yunani Kuno sampai Abad ke-20.

Baca : Gua Jomblang Gunung Kidul, Petualangan Berujung Keindahan Fenomena Cahaya Alam

Bagi anak – anak yang tertarik dengan penelitian , diwahan Titan sains terdapat dua bagian yaitu anjungan duga yang menjelaskan tentang metode penelitian, dan bagian penelitian fosil, disini anak- anak akan diajarkan cara dan langkah dalam penggalian fosil. Untuk pengunjung yang Tertarik dibidang Matematika, fisika, kimia dan biologi tersedia wahana jembatan sains dan penerapannya dalam kehidupan sehari- hari, dengan model penyampai interaktif.

Diwahana Teknologi Populer pengunjung bisa belajar tetantang teknologi sekarang yang banyak digunakan masyarakat luas,sedangkan diwahana teknologi Canggih pengunjung bisa bermain mempelajari tentang teknologi masa depan dan cara- cara penerapannya.

Taman Pintar Yogyakarta

Berlanjut di Wahana Indonesiaku, wahana ini dipergunakan untuk meperkenalkan budaya Indonesia, mulai dari Kekayaan alam, warisan leluhur dan teknologi Indonesia modern. Wahana ini bertujuan Untuk memperkenalkan Kekayaan Alam Budaya Indonesia kepada anak- anak agar mereka bisa menumbuh kembangkan budaya Indonesia dan warisan leluhur dibidang IPTEK dan bangga berdiri di Negara Indonesia. Sedangkan diwahana penemuan lingkungan , anjungan akuarium air tawar, hutan buatan, simulasi gempa dan simulasi tsunami, yang bertujuan untuk memperkenalkan sains dan membentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Baca Juga:  Pulau Bidadari, Salah Satu Pulau Di Pulau Seribu Yang Semakin Mempesona Banyak Wisatawan

Untuk biaya masuk Taman Pintar berbeda- beda disetiap gedungya, untuk Gedung PAUD dikenakan biaya Rp.1.000/orang untuk usia 2- 7 tahun, Gedung Oval dan Kotak biaya masuknya Rp.5.000 untuk usia 7- 18 dan untuk orang dewasa Rp. 10.000, Gedung Memorabilia dikenakan biaya masuk Rp.1.000 untuk anak-anak, dan untuk dewasa dikenak biaya Rp.2.000, sedangkan digedung Playground tidak dikenakan biaya. Taman pintar buka mulai dari pukul 09.00-16.00 WIB, dari hari Selasa – Minggu, tutup untuk haris Senin.

Selain taman pintar yogyakarta anda bisa berkunjung ketempat menarik lainnya yang bisa anda kunjungi dan nikmati bersama keluarga seperti taman pelangi yogyakarta dan kids fun yogyakarta yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Bagaimana Cara Menuju Kesini:

Untuk ke Taman Pintar bisa menggunakan berbagai kendaraan umum yang ada di Yogyakarta :

1. Transjogja dengan jalur 1A, 1B, 2A, 2B dan 3 A turun di halte Senopati atau dekat taman pintar

2, Dengan Bus kota jalur 2, 4, 9 12 dan 16 bisa turun di sekitar Taman Pintar atau perempatan Gondomanan dilanjutkan jalan kaki.

3. Becak, Andong atau taksi serta Kendaraan Pribadi baik roda dua atau roda empat.

Rental & Sewa Bus Pariwisata Jogja Murah

Jika memang Anda sedang mencari informasi tentang tempat sewa bus di Jogja, yang murah, dengan bus terbaru, dan juga pelayanan yang terbaik, serta fasilitas bus terkeren, maka Anda bisa terus melanjutkan membaca informasi Sewa Bus Pariwisata Jogja, Paket Pariwisata Jogja yang di tampilkan di situs ini.

Baca Juga:  Menikmati Keindahan Taman Nasional Baluran Jawa Timur

Di Jogja ada banyak perusahaan yang menyewakan bus, dan tentunya masing-masing menawarkan apa yang terbaik yang bisa mereka tawarkan, memberikan informasi tentang salah satu perusahaan yang memberikan jasa layanan sewa bus pariwisata jogja murah, yang benar-benar terbaik, baik dalam hal kualitas Bus yang di sewakan, maupun dalam hal pelayanannya.