Beranda Wisata Dalam Negeri DKI Jakarta Taman Mini Indonesia Indah (TMII): Tempat Wisata Edukasi & Rekreasi

Taman Mini Indonesia Indah (TMII): Tempat Wisata Edukasi & Rekreasi

25

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Cantik (TMII) adalah sebuah tempat pengajaran merangkap rekreasi di Jakarta. Diprakarsai oleh Ibu Tien Soeharto, bekas Ibu Negara Indonesia pada masa itu, TMII sebuah taman yang paling luas yang diisikan oleh beberapa museum, satu diantaranya museum yang taruh barang-barang pemberian beberapa kepala negara dunia yang bertandang ke Indonesia, Museum Indonesia, Museum Asmat, dan Museum Filateli.

tmii

Ada pula Museum Fauna yang ambil wujud Komodo, Museum Transportasi, Teater Imax, Planetarium, dan ada beberapa kembali.

Atraksi kebudayaan tradisional dan kontemporer dari semua Indonesia berupa sinetron, tarian, dan musik, diselenggarakan secara teratur di dua teater khusus.

Di TMII Anda juga bisa merasakan Kebun Anggrek yang luas, dengan koleksi Anggrek yang kaya untuk dicicip dan dibeli. Untuk memperlengkap rekreasi keluarga, TMII memiliki tempat olahraga air namanya Snowbay. Selain itu ada pula asrama pelajar dan rumah tradisional seukur aslinya dari 33 provinsi di Indonesia.

Di sini Anda bisa cicipi keindahan ukir-pahatan Rumah Gadang–rumah tradisional Minangkabau, Tongkonan–rumah tradisional Toraja, dan rumah panjang Suku Dayak dari Kalimantan dan rumah Suku Nias berpembawaan Megalitikum.

Taman ini sebagai rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai factor kehidupan tiap hari masyarakat 33 provinsi Indonesia (pada tahun 1975) yang dipertunjukkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, dan hadirkan berbagai pakaian, tarian dan tradisi daerah.

Baca Juga:  Berwisata ke Kawasan Wisata Taman Impian Jaya Ancol

Disamping itu, di tengah-tengah TMII ada sebuah danau yang mendeskripsikan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnyanya, kereta menggantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku), berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMIII sebagai satu diantaranya kawasan wisata paling penting di ibu-kota.

TMII memiliki lambang yang pada intinya terbagi dalam huruf TMII, Rangkuman dari “Taman Mini Indonesia Elok”. Sedang maskotnya berupa figure wayang Hanoman yang dinamakan NITRA (Anjani Putra). Maskot Taman Mini “Indonesia Elok” ini ditetapkan penggunaannya oleh Ibu Tien Soeharto, bertepatan dengan dwi windu usia TMII, pada tahun 1991.

Gagasan pembangunan satu miniatur yang berisi kelengkapan Indonesia dengan semua di dalamnya ini dicetuskan oleh Ibu Negara, Siti Hartinah, yang lebih dikenal dengan panggilan Ibu Tien Soeharto. Gagasan ini tercetus pada sebuah bertemu muka di Jalan Cendana no. 8 Jakarta di tanggal 13 Maret 1970. Melalui miniatur ini diharapkan dapat hidupkan rasa suka dan rasa cinta tanah air kesemua bangsa Indonesia. Karenanya dimulailah satu proyek yang disebut Proyek Miniatur Indonesia “Indonesia Cantik”, yang ditangani oleh Yayasan Kemauan Kita.

TMII mulai dibikin tahun 1972 dan ditetapkan di tanggal 20 April 1975. Berbagai factor kekayaan alam dan budaya Indonesia sampai pemberdayaan teknologi modern dimainkan di tempat dengan lebar 150 hektar. Aslinya topografi TMII cukup berbukit, tetapi ini sama sesuai tekad perancangnya. Tim perancang gunakan ketinggian tanah yang tidak rata ini untuk membikin bentang alam dan lansekap yang kaya, mendeskripsikan berbagai type lingkungan hidup di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here