Plecing Kangkung Khas Lombok

Plecing Kangkung Khas LombokBanyak yang meremehkan kangkung karena kita jarang mendapati sajian yang enak dengan menggunakan sayur jenis ini. Pendapat itu mungkin akan segera berubah jika Anda merasakan Plecing Kangkung, masakan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat yang biasanya disajikan dengan Ayam Taliwang.

Plecing Kangkung terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar plus sambal tomat. Sambal tomatnya dibuat dari rajikan cabai rawit, garam, terasi, dan tomat. Plecing Kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti tauge, kacang panjang, kacang tanah goreng ataupun urap.

Kangkung yang digunakan untuk memasak Plecing ini juga sangat khas. Tidak seperti tanaman kangkung yang biasa tumbuh di Pulau Jawa, kangkung khas Lombok ini berupa kangkung air yang biasanya ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu sehingga menghasilkan kangkung dengan batang yang besar dan renyah. Kangkung di daerah ini memang sangat terkenal, teksturnya lembut sehingga tidak terasa alot walaupun kita makan hingga ke batangnya. Tak heran jika kangkung Lombok menjadi alternatif oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga:  Piknik ke Gili Tangkong

Terasi Khas LombokSelain kangkungnya yang khas, Plecing yang enak juga dikarenakan terasi yang dipakai tidak sembarangan. Terasi khas Lombok yang digunakan untuk Plencing Kangkung adalah terasi Lengkare yang rasanya lebih gurih dan manis. Terasi inilah yang digunakan untuk memperkaya rasa di sambal plecing dan bumbu urap.

Terasi Khas LombokTerasi jenis ini biasanya berbentuk kemasan ½ kg seharga Rp. 50 ribu. Oya, Plecing Kangkung biasanya disajikan dengan bentuk lingkaran. Dimulai dengan lingkaran besar kemudian diatas ada lingkaran yang lebih kecil seterusnya mengerucut hingga ke atas. Tujuan penyajian seperti ini agar bahan sayur dan sambal bisa terlihat semua dari atas.

Susunannya adalah dengan pertama-tama meletakkan kangkung di lingkaran paling besar, kemudian di atasnya ada tauge, kemudian kacang goreng, dan yang terakhir diletakkan sambal plecing menutupi kacang tanah. Kacang tanah goreng ini fungsinya untuk menetralisir pedas dan penyeimbang rasa antara kangkung dan taoge yang mempunyai banyak serat.

Baca Juga:  Lombok, Surga Berjemur Para Bule

Plecing Kangkung kini sudah dijual dimana-mana. Jika ke Lombok, Anda tidak akan kesulitan menemukan hidangan ini. Di Mataram, terdapat sebuah rumah makan yang menyediakan beragam masakan khas Lombok yakni Rumah Makan Dua-EM Bersaudara yang ada di Jl. Transmigras 99 Mataram. Disini Anda bisa menikmati Plecing Kangkung yang disajikan dengan sambal tomat yang super pedas dan kelapa urap.

Dengan harga hanya Rp. 7.500, Anda bisa merasakan sensasi masakan yang menggugah selera ini. Selain Plecing Kangkung dan Ayam Taliwang, masakan khas Lombok lain yang perlu Anda cicipi adalah Sate Bulayak. Sama-sama bercita rasa pedas namun dengan sajian yang berbeda. Satenya berasal dari daging sapi dan dimakan dengan Bulayak alias lontong. Ada juga Ares yang tak kalah sedap.

Baca Juga:  Bersenang-senang di Kesunyian Air Terjun Geripak

Jika berminat untuk berlibur ke Lombok sebaiknya Anda juga memilih hotel yang nyaman. Beberapa hotel di Kota Mataram yang bisa Anda singgahi adalah Bidari Hotel, Griya Asri Hotel dan Lombok Plaza Hotel.

Incoming search terms:

  • masakan khas lombok
  • oleh2 khas lombok
  • plecing kangkung khas lombok
  • sejarah plecing kangkung
  • plecing kangkung
  • plecing
  • resep plecing kangkung bersaudara
  • resep plecing khas lombok
  • resep urap kangkung super pedas
  • sate khas lombok terbuat dari daging sapi cabe rawit dan terasi disebut