Beranda Wisata Pantai Klayar Pacitan, Menyingkap Keindahan Pantai Pasir Putih Pacitan

Pantai Klayar Pacitan, Menyingkap Keindahan Pantai Pasir Putih Pacitan

29

Yuk Menyingkap Keindahan Pantai Pasir Putih Pacitan!

Travelbiz – Informasi Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia – Pantai Klayar Pacitan – Pantai Klayar merupakan pantai yang baru-baru ini booming di perbincangkan di berbagai media sosial oleh penggemar jalan-jalan (wisatawan), dengan keindahan yang sangat menawan pantai ini menjadi primadona baru para traveler lokal maupun luar negeri, tak heran memang jika pantai ini menjadi pantai yang banyak di gemari oleh wisatawan baru-baru ini, karena memang pesona-nya yang sangat luar biasa membuat wisatawan ingin berkunjung ke pantai klayar ini.

Pantai yang terletak di desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur yang berjarak sekitar 40km dari kota pacitan ini akhir-akhir ini di banjiri oleh pengunjung di saat hari libur atau week end, banyak sekali wisatawan yang penasaran dengan keindahan pantai ini, pantai ini mempunyai spot menarik dan unik yaitu terdapatnya batu tebing karang yang besar berada di tengah-tengah pantai hingga terlihat membelah kedua sisi pantai.

Tebing Pantai Klayar

Pantai Klayar Pacitan

Selain terdapat batu karang besar di tengah pantai yang banyak menarik perhatian wisatawan pantai ini juga memiliki pasir putih yang bersih bak pantai timur tengah dubai dan juga garis pantai yang panjang hingga membebaskan mata memandang pantai ini dari segala penjuru, di dekat bibir pantai terdapat rentetan pohon kelapa yang tumbuh subur menambah keindahan pantai klayar, bisa juga para wisatawan bersantai di bawahnya sambil menikmati panorama pantai klayar ini.

Baca Juga:  Inilah 4 Masakan Khas Jawa Timur Yang Amat Lezat

Tebing Pantai Klayar

Tebing Pantai Klayar Pacitan

Bak pantai tanah lot bali yang mempunyai icon berupa pura, seperti yang saya utarakan di atas pantai klayar ini juga memiliki icon yang berupa tebing karang tinggi yang membelah bibir pantai, selain karang besar yang berada di tengah pantai di pantai klayar ini juga terdapat karang-karang yang terletak di bibir-bibir pantai di bagian kanan dan kiri sebagai penahan terjangan ombak samudra.

Yang Paling Menarik di Pantai Klayar

Selain keunikan-keunikan di atas pantai klayar memiliki spot yang paling unik hingga mungkin tidak akan di jumpai di pantai lain yaitu keunikan fenomena terdapatnya bunyian yang menyerupai seruling , fenomena ini terjadi di karena terdapat lempengan batu karang yang terdapat cekungan di antaranya, jika batu tersebut di terjang ombak maka menimbulkan bebunyian yang menyerupai seruling,

Nah oleh karena itu fenomena ini di kenal dengan seruling samudra, banyak sekali wisatawan yang penasaran dengan fenomena ini, bahkan kebanyakan wisatawan jika di tanyai tentang pantai klayar mereka menjawab “yang ada seruling samudranya” nah kurang lebih seperti itu tuturnya. Bagaimana dengan anda apakah anda juga penasaran ingin menyaksikan seruling samudra di pantai klayar ini.

Sunset Pantai Klayar

Sunset Pantai Klayar Pacitan

Selain terdapat tebing di tengah pantai di sisi timur pantai klayar anda juga dapat menjumpai tebing yang cukup tinggi laksana dinding raksasa yang mendulang tinggi membatasi pantai ini, anda dapat menaiki tebing tersebut untuk menikmati keindahan pantai klayar dari atas, dari atas tebing anda bisa melihat panorama pantai klayar yang sangat mengagumkan,

Baca Juga:  Tangkahan: Tempat Wisata Medan Yang Populer

Di tebing ini juga sering menjadi spot kesukaan wisatawan untuk menikmati indahnya sunset saat senja tiba. jika anda beruntung anda juga dapat menyaksikan penduduk pantai klayar ini sedang mengabil hasil deresan yang berasal dari bunga kelapa sebagai bahan dasar pembuatan gula jawa.

Seruling Samudra Pantai Klayar

Rute dan Lokasi Pantai Klayar Pacitan

Untuk dapat mencapai pantai klayar ini anda akan menemui medan yang kurang bagus di mana kondisi jalan belum begitu bagus , banyak sekali jalanan berlubang dari bekas aspal yang lama tidak diperbarui, alangkah baiknya jika anda menggunakan mobil pribadi sediakanlah ban serep untuk berjaga-jaga jika terjadi ban pecah atau bocor, jika anda berangkat dari kota jogja sebaiknya anda membawa rombongan minimal 6-10 orang pasalnya di perbatasan jawa tengah dan jjawa timur ini konon rawan begal, bukan bermaksud untuk menakut-nakuti tetapi hanya sebagai langkah antisipasi saja, sebaiknya anda beramai-ramai jika hendak menikmati keindahan pantai klayar ini, apalagi jika anda menggunakan kendaraan bermotor.

Alamat Pantai Klayar terletak Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur

Untuk rute yang harus anda lalui untuk sampai ke pantai klayar, jika anda berangkat dari kota Jogja , dari kota jogja anda ambil saja jalan menuju kota wonosari kemudian > Pracimantoro > Giribelah > perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur > Punung > hingga sampai ke Pantai Klayar. Atau lebih jelasnya silahkan anda cermati koordinat Gps dan google map di bawah ini.

Baca Juga:  Cerita di Balik Indahnya Pemandangan Gunung Batok Bromo

Fasilitas Infrastruktur dan Harga Tiket Masuk Pantai Klayar Pacitan

Untuk dapat masuk pantai klayar anda hanya perlu membayar tiket masuk pantai klayar sebesar Rp 5.000 khusus untuk hari Senin-Jum’at atau weekday, sedangkan Rp 7.000 khusus untuk Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional seperti Hari Raya Lebaran, Tahun Baru dan liburan sekolah, di pantai klayar ini juga sudah terdapat banyak sekali resto sederhana (warung) yang menjajakkan makanan seperti nasi goreng, bakso, mie ayam dll, Untuk beristirahat di pantai klayar juga sudah di bangun penginapan dan hotel dengan tarif biaya Rp 100.000 per kamar. Tapi sayangnya di pantai klayar ini kualitas sinyal ponsel di kurang bagus.

Tips Sebelum ke Pantai Klayar

Untuk tips dari saya jika anda berangkat dengan kendaraan pribadi entah itu motor atau mobil sebaiknya membawa teman atau rame-rame pastikan kendaraan anda juga dalam kondisi yang prima, sediakan ban serep untuk berjaga-jaga jika terjadi becah ban atau bocor, dan satu lagi yang paling penting jangan lupa untuk membawa Kamera entah itu dari smartphone atau kamera digital karena sayang sekali ke pantai klayar tanpa mengabadikan momen-momen seru dan keindahan pantai klayar ini.

Sekian ulasan dari saya mengenai pantai klayar semoga dapat membantu anda sebagai media referensi tempat berlibur yang bagus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here