Beranda Wisata Pantai Jolosutro, Keindahan Blitar di Sisi Selatan

Pantai Jolosutro, Keindahan Blitar di Sisi Selatan

29

Pantai Jolosutro, Keindahan Blitar di Sisi Selatan

Blitar, tempat kelahiran presiden pertama Indonesia, memang belum sepenuhnya dikenal sebagai kota wisata. Setidaknya, hanya ada satu nama yang akan selalu diingat dan menjadi ikon wisata kota ini. tempat itu adalah Makam Bung Karno.

Selain itu, tidak ada lagi yang mengenal kota ini bahkan dengan pantai-pantainya pun mereka tidak mengenal. Ya, Blitar memang berada di pesisir selatan jawa, mempunyai keindahan pantai ini tidak kalah dengan yang dimiliki oleh pacitan.

Pantai Jolosutro

Salah satunya adalah pantai Jolosutro. Bagi warga blitar sendiri, kawasan ini menjadi yang paling dicari untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Selain itu, esoktisnya kawasan ini menjadi salah satu kunjungan wisata wajib bila berada di Blitar.

Pantai Jolosutro adalah kawasan yang bisa dikatakan menjadi saksi sejarah dalam perjuangan melawan penjajahan belanda. Dahulu, konon cerita pernah terjadi peperangan di kawasan ini banyak para pahlawan dan tentara belanda gugur disini.

Walaupun, pernah digunakan sebagai medan pertempuran. Tempat ini masih tetap asri dan suasana alaminya seakan tetap terjaga. Walaupun, pada saat liburan tiba, kawasan ini akan dipadati oleh pengunjung sekitar Blitar.

Mitos Dan Misteri

Tempat wisata ini dikenal sebagai tempat yang mempunyai kekuatan mitos dan misteri begitu kuat. Bahkan bisa dibilang objek wisata di kab blitar ini adalah salah satu tempat angker yang saat berkunjung harus pemisi terlebih dahulu.

Baca Juga:  Pulau Tidung Pulau Unik, Mengesankan, Instagramable

Kehadiran ritual pesugihan di pantai ini membuat cerita-cerita berbau mistis tersebut seakan nyata. Biasanya, mereka yang ingin meminta bantuan dari mahkluk lain, harus datang pada malam jumat kliwon. Ritual khusus tersebut akan dilakukan menjelang sore hari

Keindahan

Terlepas dari semua kisah horror yang datang kawasan ini tetap mempunyai sisi keindahan yang bisa dirasakan oleh wisatawan. Dimana, keindahan itu hadir dari sisi pasir pantainya yang hitam. Seakan mampu mencermikan bagaimana kondisi kawasan ini.

Pasir hitam di sini memang jarang di temui di beberapa pantai ini menjadi daya pikat tersendiri. Banyak pengunjung pun tergoda untuk menikmati butiran pasir disini. apalagi, saat semilir angin berhembus menembus kulit. Rasanya seperti berada di suatu tempat lain.

Disini, wisatawan bisa menikmati sebuah bukit. Dimana, bukit ini adalah batas antara pantai satu dengan pantai lain. Bukit ini dinamakan Karang Nritep. Disinilah biasanya para petualang akan mendaki dan menikmati pantai ini dari sisi lain.

Untuk mencapai bukit ini, ada jalan setapak yang bisa ditempuh dengan jalan sedikit menanjak. Melihat pantai jolosutro dari sini sungguh decak kagum tidak akan pernah berhenti untuk bersyukur atas keindahan alam yang diberikan oeh Tuhan.

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat lokasi kawasan ini berada di Desa Renginrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, Jawa Timur 66194. Bagi warga Kediri, tulungagung, sidoarjo bisa pergi ke kawasan ini dengan menggunakan bantuan aplikasi peta.

Baca Juga:  Obyek Wisata Pulau Seribu: Wisata Pulau Putri

Dengan aplikasi ini sobat pelancong akan dipandu dengan rute jalan dan jalur menuju ke letak pantai jolosutro berada. Bila wisatawan berangkat dari blitar perjalanan dimulai dari kecamatan kanigoro, jln raya lodoyo, binangun kemudian kecamatan wates.

Tempat ini pun juga bisa diakses dari arah kota malang dengan rute dari bendungan karangkates menuju kearah Blitar. Di hutan jati kesamben, ambil arah selatan melewati hutan jati besar.

Setelah sampai di kecamatan binangun akan ada beberapa pilang yang memudahkan sobat pelancong menuju ke kecamatan wates dan lokasi pantai jolosutro.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk kawasan ini hanyalah 7 ribu rupiah saja. Disini, diharapkan wisatawan agar bisa pulang sesaat setelah sunset turun. Karena, jalan menuju kawasan ini bisa dibilang cukup gelap dan sedikit berbahaya.

Di dekat objek wisata juga sudah tersedia beberapa penginapan yang bisa dipilih. Apabila, sobat pelancong merasa terlalu malam untuk pulang.

Berita Terkait

Warga sekitar pantai kebanyakan menganut agama hindu dimana menjelang nyepi, mereka akan menggelar upacara melasti. Upacara ini merupakan rangkaian dari hari raya nyepi yang memang sangat sakral.

Bagaimana pun kawasan ini berada di sisi selatan jawa. Dimana di kawasan ini masih berhubungan erat dengan legenda ratu pantai selatan. Jadi, wisatawan yang berada di sini harus berhati-hati dengan keganasan ombak sering kali datang tanpa di duga.

Baca Juga:  Wisata Kuliner Gudeg Wijilan Yogyakarta

Pantai Jolosutro

Karena, tempat ini pernah menimbulkan korban gara-gara berenang terlalu ke tengah. Saat ombak besar datang. Korban tersebut tak bisa menyelamatkan diri dan pada akhirnya tenggelam. Korban kecelakaan ombak sampai saat ini belum juga ditemukan.

Sekian deskripsi review yang bisa kami berikan bagi wisatawan tentang Pantai Jolosutro. Kurang, dan membutuhkan lebih banyak informasi? Wisatawan bisa langsung membuka beberapa situs di internet yang sudah mengupas lebih dalam tentang tempat ini.

Selain itu, wisatawan pun juga bisa melihat berbagai macam keindahannya atau kisah mistis di video-video yang sudah tersebar luas di media sosial. Jadi, jangan sampai terlewatkan untuk melihat keindahan kawasan ini dari berbagai macam sisi.

Pada tahun 2019 ini objek wisata ini sudah mengalami peningkatan pengunjung. Diharapkan melalui foto dan gamabr di media sosial. wisata di jatim, Indonesia ini bisa terus meningkat. Ayo datang dan rasakan sensasi berbeda di sini.

Jangan lupa ajak pula keluarga, sahabat, kawan dan teman sekantor untuk menikmati tempat yang indah di kawasan Blitar Selatan. Ingat, Pantai Jolosutro sudah menunggumu! Jangan buat dia lama menunggu ya!

Lokasi: Desa Renginrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, Jawa Timur 66194
Map: Klik Disini
HTM: Rp 7.000
Buka / Tutup: 07:00 – 17:30
No. Telepon:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here