Museum Pendet yang Artistik

Bali sangat kaya sekali dengan museum. Berbagai museum untuk mengkodifikasikan berbagai kesenian entah itu seni lukis dari berbagai aliran, seni tari dan seni lainnya serba lengkap di Bali. Dan salah satunya ialah Museum Pendet yang berada di Gianyar yang lumayan terkenal.

Museum Pendet yang Artistik

1. Sarat Nilai Historis

Museum Pendet ini sarat dengan nilai historis yang tinggi. Museum ini dibuat untuk menyimpan berbagai macam koleksi hasil karya seni lukis dan patung dari seorang pelukis yang terkenal di Bali yakni Wayan Pendet. Didalamnya tersimpan lebih kurang 29 buah lukisan dan 80-an buah patung hasil karyanya. Memangnya ada keterkaitan antara kesenian tarian dan patung?

Baca Juga:  Wisata Depok: Setu Pengasinan, Pilihan Wisata Keluarga

Ternyata hubungan diantara keduanya sangat erat. Apa sebabnya? Wayan Pendet menjadikan objek-objek lukisannya yang terdiri dari patung-patungnya yang sudah terlebih dulu dibuat. Museum ini terbagi dalam dua ruangan yakni, pertama, ruangan yang menyimpan koleksi lukisan anaknya Wayan Pendet yaitu Wayan Gunarsa yang berupa lukisan dan sketsa-sketsa humor. Dan diruang keduanya terdapat patung dan karya lukisan dari Wayan Pendet sendiri.

Hasil karya Pendet baik berupa patung maupun lukisan dikenal memiliki nilai estetika yang sangat tinggi. Berbagai karyanya juga memiliki ciri khas dalam bentuknya yang terkadang membuat tersenyum para pengagumnya. Seperti terlihat dalam Patung Cak yang tengah memeragakan gerakan tari secara jenaka dan tumpang tindih. Patung Cak ini menggambarkan sebuah gerakan tari yang dilakukan secara kolosal.

Baca Juga:  Desa Celuk: Wisata Kerajinan Emas-Perak Di Bali

Kesan lucu tidak hanya terlihat dari hasil-hasil karya Pendet, namun juga pada patung-patung yang menghiasi halaman luar museum tersebut. Ada patung monyet nyengir yang mempersilahkan masuk, gorilla dengan anaknya, belalang yang percaya diri, babi mendongak sombong serta masih banyak lagi yang lain dan kesemuanya itu bisa memancing senyum dan gelak tawa bagi pengunjung yang datang ke Museum Pendet ini.

2. Dimana?

Museum Pendet berada di Pedesaan Nyuh Kuning, Ubud, Gianyar, Bali.

Selamat Berkunjung!