Menikmati Lukisan di Museum Nyoman Gunarsa

Satu lagi museum yang patut Anda kunjungi ketika berada di Bali yakni Museum Nyoman Gunarsa. Museum Nyoman Gunarsa menyimpan aneka benda seni Bali yang berupa penggabungan antara seni klasik dan modern. Akulturasi keduanya telah membentuk nafas seni dan menjiwai mayoritas karya yang ada di museum ini.

Menikmati Lukisan di Museum Nyoman Gunarsa 1

Musem Nyoman Gunarsa dibangun pada tahun 1990 dengan diprakarsai oleh seniman yang lumayan ternama di Bali yakni Drs. Nyoman Gunarsa. Museum ini pun kemudian diresmikan pada tahun 1994 langsung oleh Menteri Pariwisata dan Kebudayaan (Menbudpar ketika itu) Wardiman Djoyonegoro. Museum Nyoman Gunarsa sendiri memiliki tiga lantai dengan peruntukkan: 2 lantai untuk menyimpan berbagai koleksi kesenian lukisan, patung, maupun barang antik khas Bali. Dan satu lantai lagi diperuntukkan bagi seniman lokal maupun mancanegara yang ingin mengadakan pameran lukisan.

Baca Juga:  Pondok Wisata Pantai Cemara Sumba Yang Menyenangkan

1. Pembagian Fungsi

Museum Nyoman Gunarsa dibagi menjadi 2 bagian utama, yakni tempat koleksi lukisan klasik Bali dan tempat lukisan modern khas Bali. Untuk kebersihan dan perawatan museum ini dikelola langsung oleh pemilik museum, karena museum ini merupakan museum milik pribadi. Fasilitas yang terdapat di museum ini antara lain; toko buku dan souvenir, coffee shop, rest room serta taman yang luas, sementara area parkir terdapat di depan museum

Didalamnya setidaknya ada sekitar 250 lukisan yang tersimpan dan dibuat dalam jangka waktu lebih kurang 20 tahun yang lalu. Selain itu, terdapat juga patung-patung tradisional Bali, berbagai wayang dan keris peninggalan zaman Kerajaan Gelgel. Di lantai museum ini terdapat panggung terbuka yang diberi nama “Surya Chandra Murti” dengan dilengkapi oleh pintu gerbang besar yag dibuat sendiri oleh Nyoman Gunarsa.

Baca Juga:  Menikmati Jajanan Khas Solo di Pusat Jajanan Malam Gladag Langen Bogan

2. Lokasi Museum

Museum Nyoman Gunarsa berada di Dusun Banda, Kecamatan Bajarangkan, dan termasuk Kabupaten Klungkung. Atau tepatnya berada di pertigaan Banda Desa Takmung, sekitar 3 kilometer ke arah barat Kota Semarapura.

Jadwal Buka: Selasa s/d Minggu.

Jam Buka: 09:00 Wita s/d 17:00 Wita.

Selamat Berkunjung!