Mengenang Pahlawan Bangsa di Taman Makam Pancaka Tirta

Pahlawan ialah orang-orang yang telah berjasa kepada suatu daerah atau negara sehingga menghormatinya sudah menjadi keniscayaan. Bahkan, diyakini esensi dari ucapan founding father negeri ini, Bung Karno, yakni “Jas Merah” atau jangan sekali-kali melupakan sejarah merupakan bentuk dari penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang habis-habisan, rela korban harta, materi bahkan nyawa demi kemerdekaan republik tercinta.

Mengenang Pahlawan Bangsa di Taman Makam Pancaka Tirta 1

1. Wisata Bali

Bali memiliki Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta yang berada di Tabanan. Dengan berkunjung ke tempat ini bisa menjadi penanda bahwa kita respek dan menaruh hormat yang besar kepada mereka atas jasa-jasanya yang sangat besar. Demikian juga, sekaligus untuk menafakuri hidup bahwa kematian bagi setiap insan ialah niscaya dan siapapun mustahil bisa menghindar dari kematian itu.

Baca Juga:  Mengunjungi Museum Subak

Di Taman Makam Pahlawan ini tersimpan jasad para pahlawan bangsa yang gugur dalam peperangan membela republik, khususnya wilayah Bali, terlepas dari penjajahan. Di tempat ini juga ada makam putera-puteri terbaik bangsa yang gugur setelah Perang Kemerdekaan sampai sekarang.

Tepat di depan pintu taman makam ini berdiri tegak patung dua orang pahlawan yakni Wagimin  dan I Gusti Debes yang menyiratkan keperkasaan para pahlawan bangsa yang pemberani dan memiliki jiwa ksatria. Generasi penerus bangsa yang masih hidup tentu sangat diharapkan dengan berkunjungnya ke tempat ini bisa mencontoh semangat dan daya juang mereka untuk “berperang” dengan “musuh” bangsa ini, kini.

2. Lokasi

Dimana tepatnya Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta? Taman ini berada di Jalan Bima, Desa Abian Tuwung, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. Jarak dari Denpasar sekitar 21 km yang bisa ditempuh sekitar 65 menit dari bandara internasional Ngurah Rai.

Baca Juga:  Mendengar Nyanyian Burung Kokoan di Langit Petulu

Selamat Berkunjung!