Daftar Isi

Mengenal Museum Le Mayeur

Bali menjadi terkenal, khususnya di kalangan para seniman, salah satunya karena terdapatnya banyak museum di Pulau Dewata tersebut. Bali memang pantas mendapatkan julukan Pulau Seribu Museum—disamping julukan Pulau Seribu Pura dan Pantai. Salah satunya adalah Museum La Majeur yang berada di Denpasar, Bali. Museum ini memiliki nilai sejarah yang tinggi dan makanya tak heran begitu dilestarikan keberadaannya.

Mengenal Museum Le Mayeur 1

1. Nama Museum

Nama museum ini sendiri diambil dari seorang pelukis berkebangsaan Belgia bernama Le Majeur yang datang ke Bali pada tahun 1932. Museum ini didirikan sekitar tahun 1957. Ketika di Bali sang pelukis tersebut bertemu dengan penari Legong yang cukup terkenal ketika itu bernama Ni Nyoman Pollok yang kemudian dinikahinya dan mereka tinggal di daerah Pantai Sanur.

Baca Juga:  Asyik Bersampan di Bendungan Palasari Bali!

Dahulu kala, museum ini seringkali dikunjungi oleh founding father bangsa ini, Seokarno atau yang akrab dipanggil dengan Bung Karno. Di museum ini tersimpan berbagai hasil karya lukis dan seni rupa yang dihasilkan oleh Majeur sendiri. Selain karya lukis, juga terdapat seni rupa yang dipamerkan seperti berbagai macam jenis peralatan rumah tangga dan seni patung.

Salah satu yang menjadi ciri khas museum ini yakni adanya sepasang arca yang merupakan replika dari sang empunya yakni Le Majeur dan sang istri tercinta Ni Nyoman Pollok. Ada setidaknya 88 buah lukisan hasil karya Majeur dengan menggunaakn berbagai macam media semisal hardboard, triplek, urfah, bagor dan kanvas. Yang menjadi tema utama lukisan-lukisan Majeur ini yaitu istrinya sendiri meski ada beberapa wanita Bali dalam berbagai pose yang juga menjadi tema lukisannya.

Baca Juga:  Jadwal Kapal Pelni KM Awu Mei 2023

2. Lokasi

Museum Le Majeur berada di lokasi yang strategis karena terdapat di pusat ibukota Denpasar. Yakni berada di Jalan Hang Tuah, Denpasar.

Museum Le Majeur berjarak kurang lebih 3 km dari pusat Kota Denpasar dan hanya dalam waktu sekitar 10 menit, Anda akan tiba ditempat ini untuk melihat lukisan sambil menikmati indahnya suasana Pantai Sanur yang indah nan menawan.

Selamat Berkunjung!