Beranda Wisata Mau Lihat Raja Ampat? Ke Waduk Bajulmati Saja

Mau Lihat Raja Ampat? Ke Waduk Bajulmati Saja

32

Asal-Usul Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati diambil dari nama desa tersebut yaitu Bajulmati. Sementara, ada sejarah panjang mengenai nama dari bajulmati itu sendiri. Dahulu wilayah ini adalah hutan belantara yang diisi oleh makhluk buas seperti banteng dan buaya.

Waduk Bajulmati

Kemudian, beberapa orang datang untuk membuka kawasan ini, nah pada saat inilah mereka harus menghadapi hewan-hewan ini termasuk buaya. Pada akhirnya, mereka pun banyak membunuh para buaya-buaya.

Dari kejadian tersebut, akhirnya desa ini dinamakan bajulmati. Dikarenakan, banyaknya buaya-buaya yang mati. Seperti itulah asal-usul dari kawasan ini yang diceritakan turun-temurun dari para warga.

Tetapi, dengan penumpasan para buaya ini menjadi sebuah legenda serta sebuah kisah mistis dan misteri yang sampai saat ini masih dirasakan oleh warga. Apalagi, ada pula beberapa mitos berkembang pesat dan sangat dipercaya di kawasan ini.

Mengenal Waduk Bajulmati

Kawasan ini berada di dua kabupaten berbeda. Situbondo dan juga Banyuwangi. Dilihat dari namanya maka, semua orang pasti akan tahu bahwa kawasan ini masuk ke dalam kabupaten banyuwangi.

Tetapi, ada juga yang menyebutkan bahwa sebenarnya kawasan ini masuk ke kabupaten Situbondo. Status kepemilikan tempat ini pun masih dipertanyakan sampai saat ini. masih belum ada kejelasan objek wisata ini milik siapa.

Baca Juga:  Rasakan Kesejukan dan Keindahan Alami Kota Jakarta di Taman Anggrek Ragunan

Waduk Bajulmati

Proyek pembangunan pembuatan waduk pada kala itu menghabiskan dan sekitar 450 miliar rupiah di ambil dari dana kas kabupaten Banyuwangi. Dengan luas kurang lebih 98,43 meter persegi. Dan mempunyai daya kapasitas tamping air kurang lebih 10 juta meter

Tempat yang membendung sungai bajulmati ini pun mempunyai mafaat sangat besar yaitu mampu mengairi sawah sekuas 1800 ha. Untuk air baku dan sarana tenaga PLTMH. Peresmian kawasan ini dipimpin langsung oleh presiden Joko Widodo pada tahun 2016

Keindahan

Banyak yang mengatakan bahwa kawasan ini adalah Raja Ampat KW. Dimana, secara sepintas memang hampir mirip raja ampat. Oleh karena itu jangan lupa membawa kamera dslr. Karena, mengambil foto dan gambar disini adalah sebuah kewajiban.

Waduk Bajulmati

Menikmati keindahan tempat ini sembari merasakan desiran hembusan angin adalah hal wajib yang tidak boleh dilewatkan. Apalagi, warna air dan kedalaman waduk yang mampu menghasilkan berbagai macam ikan membuat tempat ini juga jadi surga memancing.

Duduk sembari memancing dan melihat pemandangan di sekitar menjadi daya tarik tersendiri bagi seluruh sobat pelancong yang datang. di kawasan ini pula sudah tersedia beberapa wahana yang bisa dimanfaatkan .

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat Lokasi kawasan ini berada di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, kabupaten Situbondo, Dusun Watukebo Desa Bajulmuti, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi Regency, east java.

Baca Juga:  Pantai Klayar Pacitan, Menyingkap Keindahan Pantai Pasir Putih Pacitan

Dari pusat kota bwi menempuh jarak kurang lebih 41 km dapat ditempuh kurang lebih 1 – 2 jam perjalanan. Bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi dan menggunakan transportasi umum.

Waduk Bajulmati

Untuk Denah kawasan ini sobat pelancong hanya perlu mengikuti jalan situnondo – banyuwangi. Setelah melewati pintu masuk taman nasional baluran, arahkan kendaraan terus lurus.

Setelah melewati empat perempatan sobat pelancong akan menemukan gapura pintu masuk kawasan ini. masuk saja dan sampailah di lokasi. Bila ingin menggunakan bus, sobat pelancong bisa memulainya dari terminal banyuwangi.

Naik bus dengan jurusan terminal situbondo. Kemudian, sobat pelancong turun tempat di gapura waduk bajulmati. Kemudian, bisa naik ojek atau berjalan kaki.

Kawasan ini pun juga bisa ditempuh dari bondowoso dan malang. Sobat pelancong hanya perlu mengaktifkan aplikasi peta di smartphone. Aplikasi ini akan menunjukkan rute, arah menuju dan letak waduk.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk terbaru adalah 5 ribu rupiah. Ditambah dengan biaya parkir sebesar 5 ribu untuk mobil dan 3 ribu ruoiah untuk motor. Apabila ingin menikmati wahana ada di dalam. Sobat pelancong perlu menambah uang lagi sesuai dengan kebijakan setiap wahana.

Wisata Terdekat

Jangan lupa mampir ke beberapa wisata terdekat seperti taman nasional Baluran dan Gunung Ijen. Untuk Gunung Ijen harus sedikit berhat-hati karena gas beracun yang bisa memakan korban, oleh karena itu pendakian disini pernah ditutup.

Baca Juga:  Makanan Enak di Surabaya, Kuliner Legendaris Sate Ayam Lisidu

Terlepas dari kisah terebut. Gunung ijen memang mampu menghadirkan pesona luar biasa apalagi pemandangan blue fire nya yang mampu menghipnotis sobat pelancong yang datang ke kawasan tersebut.

Sekiranya cukup sekian review yang bisa diberikan untuk wisatawan. Bagi yang masih membutuhkan info lebih dalam lagi mengenai tempat ini. Sobat pelancong bisa membuka situs Wikipedia yang sudah mengulas lebih dalam mengenai kawasan ini.

Bisa juga sobat pelancong membuka beberapa situs yang sudah menyiarkan berbagai macam video mengenai tempat ini. disana, sobat pelancong bisa melihat keindahan tempat ini dari sudut-sudut.

Waduk Bajulmati adalah kawasan yang sempurna untuk dikunjungi. Terletak di daerah jatim membuat kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke raja ampat. Dimana biaya pergi ke sana sangat mahal. Jadi, kawasan sobat pelancong ingin pergi ke sini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here