Tempat diving terkenal di Bali salah satunya adalah Tulamben, jaraknya sekitar dua jam jika berkendara dari wilayah Sanur. Persis tempat selam indah satu ini terletak di daerah wisata Tulamben yang berlokasi di Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, sekitar 104 km ke arah timur dari Denpasar. Tempat ini menjadi favorit para penyelamat karena merupakan tempat karamnya kapal Liberty Glo sehingga membawa ketertarikan tersendiri bagi penyelamatan alien maupun lokal. Kapal Amerika milik Serikat ini tenggelam saat peristiwa Perang Dunia II di tahun 1942. Letusan Gunung Agung mendorong kapal yang karam ini lebih dalam dari permukaan udara. Setidaknya sekitar sembilan sampai tiga puluh meter di bawah air.

Baca Juga:  Mencoba Parasailing di Tanjung Benoa

Mari Menyelam di Tulamben, Bali

 

Kapal Liberty di Tulamben

Kapal Liberty ini diperkirakan memiliki panjang sekitar 120 meter dan spot menyelam ini cocok untuk pemula sampai penyelamat profesional. Si penyelamat dapat melihat berbagai fasilitas yang masih membekas di kapal ini seperti senjata, toilet, rantai jangkar kapal. Dalamnya kapal ini menjadi spot menyelam dengan kapal karam paling mudah di dunia.

menyelam di tulamben

Kehidupan bawah laut yang beraneka ragam disebabkan karena kayanya plankton diperairan ini. Plankton dibawa dari kedua samudera terkenal yakni Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Jika sedang beruntung, para penyelamat dapat melihat Hiu Paus (Manta Ray). Dengan kayanya dinding-dinding terumbu karang memberikan kesempatan bagi ikan-ikan kecil nan indah hidup di dalamnya.

Baca Juga:  Pulau Kotok, Pulau Yang Jernih & Romantis di Kepulauan Seribu

Mari Menyelam di Tulamben, Bali

Salah satu spot menyelam di Tulamben adalah The Coral Garden (Taman Terumbu Karang). Berkat air yang tenang memungkinkan kita untuk bersnorkling ria di atas permukaan laut. Berbagai anemon, anglerfish, dan ikan bayan mudah dilihat di kedalaman lima sampai duapuluh meter. Berliburlah ke kawasan ini saat bulan Juli hingga Oktober agar mendapatkan pengalaman yang optimal.

Beberapa kilometer sebelah timur dari Tulamben terdapat hamparan terumbu karang Amed. Amed terkenal dengan pasirnya yang hitam bersanding dengan warna air laut yang biru. Salah satu pilihan tepat jika Anda jenuh dengan riuhnya kawasan Kuta. Pilihan menyelam memberikan pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan. Melihat ikan-ikan berlalu lalang dengan warna-warnanya yang cantik sungguh memanjakan mata. Ada berbagai paket menyelam yang ditawarkan di kawasan wisata ini tinggal Anda sesuaikan dengan budget yang sesuai kantong Anda.

Baca Juga:  Pulau Pelangi, Pulau Dengan Pohon Yang Rindang & Lebat!