Beranda Transportasi Macam-macam Jenis Ukuran dan Tipe Bus Pariwisata

Macam-macam Jenis Ukuran dan Tipe Bus Pariwisata

19

Macam-macam Ukuran dan  Yang Perlu Anda Ketahui

Tipe Bus Pariwisata  – Akhir-akhir ini perkembangan bus di Indonesia begitu cepat, ini membuat begitu kerap model yang ada dan semakin memberikan dukungan kenyamanan dengan perjalanan. Beberapa model dan type bus yang memesona tentu mempunyai arah berbeda sama sesuai kepentingan penggunanya.

Secara umum pembagian type angkutan bus dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa hal.

Macam-macam Ukuran dan Tipe Bus Pariwisata

Perlu Kamu kenali bila tempat persewaan bus siapkan beberapa macam type dan model bus yang bisa Kamu tentukan . Maka seharusnya Kamu memperhatikan informasi berkenaan jenis bus terbaru yang ada saat ini saat sebelum memutuskan untuk sewa bus.

Hal itu untuk kenyamanan dan kemewahaan waktu kerjakan perjalanan rekreasi dengan kelompok.

Tipe Bis Berdasar Ukuran

Berbicara permasalahan ukuran, ada banyak tipe type bus yang memiliki ukuran berbagai. Ini sanggup punyai dampak dengan fasilitas dan banyaknya kursi bus dan type bus yang dimiliki. Sedetilnya check dan baca lebih dahulu informasi ini.

1. Big Bis

Big bis ada beberapa macam, yakni :

  • Bis semi HD atau non HD

Bus non HD atau normal Deck adalah jenis bus yang sekarang ini sangat jarang hadirnya di Jakarta, bus non HD memiliki tinggi 3300mm, dan kekuatan penumpang 50 orang (2-2), dan 60 penumpang (2-3).

  • Bis High Deck
Baca Juga:  Fasilitas Yang Ada Di Bis Pariwisata

Bus High Deck adalah jenis bus yang memiliki Tinggi sekitar 3500mm, panjang sekitar 12000mm, lebar 2500mm. bus High Deck memiliki kekuatan Penumpang sampai 50 penumpang (2-2), dan 60 penumpang (2-3).

  • Bis Super High Deck

Super High Deck adalah jenis bus yang sekarang ini populer di Jakarta, bus SHD memiliki tinggi sekitar 3700-3900mm, panjang 12000mm (12800mm untuk berchasis MB O500RS) sampai 13500mm (triple Axle).

  • Bis High Deck Double Glass

Bus HDD atau High Deck Double Glass adalah macam bus High Deck tapi memiliki penyekat pembatas kaca (topi) disebelah Depan bus. bus hdd memiliki dimensi panjang sampai ke 12000mm (khusus Mercedes Benz OC 500 RS 1836/ O500R memiliki panjang 12800mm), tinggi 3500-3700mm, lebar 2500mm.

  • Bis Double Decker (DD) / Bis Tingkat

Bus ini memiliki ketinggian kurang lebih 4150 mm dengan 2 tingkat deck yang dihubungkan melalui tangga. Saat sebelum tren bus ini menebar di Jakarta, bus DD di bus AKAP (Angkutan Kota Antara Provinsi) terkenal lebih dahulu di negeri tetangga Malaysia. Semua sesuatunya telah diatur serba otomatis.

Meliputi setir sudah power stering, elektronik stability program dan akurasi dan stabilitas setir saat jalan. Dengan begitu jadi Penumpang sanggup betul-betul dimanjakan dengan semua kemewahannya karena bus type ini hanya mempunyai kursi untuk penumpang 47 saja. Sedang untuk kekuatan angkutnya sampai 250 ton.

  • Bis Ultra High Decker
Baca Juga:  KM Leuser Diharapkan Mampu Tingkatkan Wisata Karimunjawa

Bus ultra high decker ialah jenis bis pariwisata lainnya yang terbaru. Memiliki ruang bagasi yang betul-betul luas dengan tinggi sekitar 1, 8 mtr., keseluruhnya tinggi bus ultra high decker dari permukaan tanah adalah 4 mtr..

Bisa menjadi perhatian untuk beberapa busmania yang ikut dengan acara GIAAS, bus ultra high decker ialah bus keluaran terbaru pada tahun 2018. Bus type ini mempunyai mesin yang diperkirakan di atas chasis premium Mercedez Benz dengan kekuatan 11. 967 cc.

Agar memberi kemudahan akses naik segi depan jadi segi kursi dari driver diperkirakan lebih rendah. Disamping itu untuk pintu tengah sanggup dibikin dengan menggunakan tangga. Kekuatan angkut dari bus ultra high decker sampai 59 orang sampai bus ini masuk dengan barisan jenis bus pariwisata dengan kapastis seringkali.

Ada 2 type formasi, yaitu formasi seat 2-2 ( 2 kanan dan 2 kiri) dengan kekuatan 40, 43, 44 sampai 47 seat dan formasi seat 3-2 ( 3 kanan dan 2 kiri). Umumnya ukuran big bus adalah 12500 (panjang x 2500 (lebar) x 3200 (tinggi) mm.

2. Medium bis

Medium bis biasa disebutkan dengan bis ¾. Medium bis mempunyai kekuatan sedang saat dari 25, 27, 29 dan 31 seat. Bila kepentingan bus banyak Kamu tidak penuhi paket penumpang jadi bisa menggunakan support media bus ini. Umumnya ukuran media bus adalah 7500 (panjang) x 2200 (lebar) x 3000 (tinggi) mm.

Baca Juga:  Fasilitas Yang Ada Di Bis Pariwisata

3. Mikro Bus/Mini Bis

Ada 2 type mikro bus/mini bus, yaitu type elf long dan type elf short. Elf long mempunyai kekuatan baik 16-19 bangku sedang elf short mempunyai kekuatan baik 13-15 bangku.

Kedua type mikro bus/mini bus ini adalah kendaraan khusus angkut penumpang yang disebutkan kendaraan modifikasi dari pabrikasi Isuzu. Umumnya ukuran mikro bus adalah 5500 (panjang) x 1700 (lebar) x 2600 (tinggi) mm.

4. Mini Van Toyota Hiace

Walau kita tahu Toyota Hiace adalah armada keluaran ulang tahun 2013 an, sekarang ada lagi satu tipe transportasi pariwisata yang terhitung baru dari Toyota Hiace yaitu Mini Van Toyota Hiace. Nyaris sama dengan elf short, Mini Van Toyota Hiace mempunyai kekuatan maksimal 15 seat.

Pabrik Isuzu sendiri telah menyiapkan interior khusus untuk type Toyota Hiace. Maka armada ini sudah dapatkan pasarannya sendiri yaitu saat kerap dicintai untuk kendaraan persewaan harian.

Perlu dijumpai bila Ongkos Persewaan Bus Semacam Mini Van Toyota Hiace ini betul-betul kerap diambil beberapa artis, pejabat dan mereka yang ingin ke lapangan dan kecepatan dengan berkendaraan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here