Nasi Kerabu Kelantan

Destinasi Wisata Terbaik – Akrab dengan kuliner Nasi Kuning di Indonesia? Nasi yang sengaja diberi air parutan kunyit agar berwarna kuning ini ternyata memiliki ‘teman berwarna’ di Malaysia. Bila disini disebut dengan Nasi Kuning –sesuai dengan warnanya, di Malaysia terkenal si nasi biru bernama Nasi Kerabu.

Nasi Kerabu ini biasanya menjadi kuliner khas wilayah pantai timur Malaysia seperti di Kelantan. Oleh karena itu sering disebut dengan Nasi Kerabu Kelantan. Wah, bagaimana bentuk dan rasa Nasi Kerabu Kelantan ini ya?

Nasi Kerabu Kelantan

Nasi Kerabu Kelantan sebenarnya memiliki dua versi, Nasi Kerabu biru dan Nasi Kerabu putih. Versi yang putihnya tentu tak terlalu menarik untuk dibahas karena memang begitulah warna dasar nasi. Nah, untuk yang Nasi Kerabu biru ini banyak yang tertarik untuk mencicipi karena warnanya yang menarik. Apakah aman dimakan? Tentu saja. Kok bisa menjadi biru, apa menggunakan pewarna kimia? Oh tidak, Nasi Kerabu Kelantan yang berwarna biru menggunakan sari kelopak Kembang Telang (Clitoria ternatea) yang diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan warna biru yang tetap aman dikonsumsi.

Nasi Kerabu Kelantan

Konon cara memasak Nasi Kerabu Kelantan biru ini sangatlah susah. Sehingga menjadi kebanggan tersendiri bagi mereka yang mampu menghidangkan masakan satu ini. Walau demikian Nasi Kerabu Kelantan –baik yang putih atau biru, sama-sama nikmat dan cocok untuk dinikmati oleh lidah Asia. Kuliner ini bahkan telah dikenal luas dan merambah negara-negara tetangga seperti Negara Thailand. Di sana Nasi Kerabu lebih dikenal dengan nama Khaoyam.

Baca Juga:  Dubai Miracle Garden, Sepotong Surga di atas Gurun Pasir

Lantas apakah ada perbedaan antara Nasi Kerabu biru dan putih? Yang membedakan biasanya Nasi Kerabu Kelantan biru tidak dimakan dengan kuah tumis melainkan di sajikan bersama sambal kelapa ataupun sambal biasa. Kuliner ini kerap ditemui dengan pelengkap seperti kerupuk, daging goreng, dan telur asin.

Hmm, mirip dengan lauk yang menemani Nasi Kuning kebanggan Indonesia ya. Rasa Nasi Kerabu Kelantan memang cenderung gurih, sehingga amat cocok ditemani dengan lauk yang erasa pedas dan manis. Beberapa lauk lain yang bisa digunakan sebagai pelengkap Nasi Kerabu Kelantan ini antara lain ikan goring serta taburan serundeng kelapa.

Klik Objek Wisata Kelantan yang lainnya!