Beranda Wisata Hamparan Indah Kota Makale Dari Atas Patongloan

Hamparan Indah Kota Makale Dari Atas Patongloan

35

Hamparan Indah Kota Makale Dari Atas Patongloan

Travelbiz – Informasi Destinasi Wisata Terbaik – Patongloan adalah sebuah tempat yang berada di atas bukit batu dan berjarak sekitar 4 km dari kota Makale, dalam wilayah pemerintahan kabupaten Tana Toraja. Tempat ini berada di atas tebing. Menurut keluarga yang kini bermukim di tempat tersebut merupakan tanah Tongkonnan Keluarga Besar Karengke.

Makale Dari Atas Patongloan

Tempat ini berada di dalam wilayah RT. Tuan, Kelurahan Manggau, Kecamatan Makale. Disinilah anda dapat menikmati keindahan pegunugan dan lembah di beberapa wilayah Toraja, disiang hari mata anda akan jelas melihat kota Makale secara keseluruhan, tampak asri dilingkari hijaunya pepohonan. Apalagi bila sang bulan menepis surya kembali ke peraduannya, kerlap-kerlip lampu jalan dan kendaraan indah kelihatan dipelupuk mata dimalam hari.

Steve, (23), mahasiswa UKI Toraja, yang mengunjungi tempat ini mengungkapkan kesenangannmya bisa bersantai sejenak, dari kesibukan kuliah di akhir pekan. Steve tak sendiri. Bersama puluhan temannya kelihatan asyik bersenda gurau sembari nikmati Kopi Toraja, yang sengaja dibawa.

Johan, seorang mahasiswa semester akhir di sebuah Perguruan Tinggi di Makasar, yang ada dikelompok mahasiswa itu, berharap bahwa lokasi Tongkonan ini sebisanya segera digarap, minimal bisa bangun semacam pondok kecil untuk bersantai. “Saya merasa senang bisa berada di tempat bersama teman-teman,” ungkap dia.

Baca Juga:  Pantai Karang Nini Yang Semakin Mempesona Banyak Wisatawan

Pemuda ini mengatakan sudah merasa bosan dengan obyek wisata lain yang kondisinya begitu-begitu saja. Untuk itu ia bersama teman-temannya mencari objek wisata lain yang kondisinya tidak kalah menarik seperti saat ini. “Sejauh mata memandang, landscape (hamparan) menawarkan pesona keindahan alam sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa,” tutur John.

Suasana alam dengan habitatnya yang khas serasa makin lengkap, saat secara kebetulan seekor bai lampung (babi hutan_red) bertubuh besar dikejar puluhan anjing masyarakat yang tinggal sekitar lokasi ini.

Sejam sebelum meninggalkan lokasi, puluhan mahasiswa ini berteriak-teriak kegirangan dengan suara teriakan khas Toraja, saat menyaksikan beberapa ekor seba (monyet_red) mencuri buah kakao di kebun milik penjaga lokasi ini. “aihihihiiiii, aiihihiiiii, aihiiiiii…,” teriakan puluhan pemuda ini terdengar bersahut-sahutan menggema dalam hamparan landscape.

Untuk sampai di lokasi ini, bila menggunakan kendaraan motor dari Makale, pengunjung harus melewati jalan arah Manggau dan Santung. Setelah sampai di jembatan Paria, Manggau, ambil jalan ke arah poros Bassean-Sarong.

Kemungkinan besar masih terdapat objek-objek wisata yang belum tersentuh, seperti di Patongloan ini. Perlu ekstra kerja keras yang utamanya datang dari para pelaku dan pemerhati pariwisata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here