kiskendo

Destinasi Wisata Terbaik – Gua Kiskendo berada di Dusun Sukamaya, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta, 35 km Barat Laut dari arah Yogyakarta. Akses untuk jalan menuju gua ini beraspal dan sempit, hanya muat untuk mobil kecil saja, bagi anda yang menggunakan bus besar anda akan berhenti di Desa Niten dekat dengan Kantor Kecamatan Girimulyo, dan masih ditempuh 8 km untuk menuju ke Gua Kiskendo. Gua ini berada diketinggian 1200 diatas permukaan laut, menjadikan tempat ini selalu berhawa sejuk. Mitos – mitos yang masih begitu besar tentang gua ini, menjadikan gua kiskendo diyakini warga setempat sebagai tempat keramat.

kiskendo

Memasuki Gua Kiskendo , anda akan disambut dengan keindahan batuan stalaktit dan stalagmite. Menurut legenda gua ini merupakan kerajaan yang dipimpin oleh rajanya yang bernama Mahesosuro dan Lembusuro yang menurut legenda manusia berkepala kerbau dan sapi. Gua kiskendo merupakan komplek objek wisata, didalam komplek ini terdapat 15 ruangan dengan berbagai mitos yang berkembang didalamanya, mulai dari Lidah Mahesosuro yaitu batu yang mempunyai lidah, yang merupakan lidah Mahesosuro yang dipotong Subali agar tidak hidup lagi. Pertapaan ledek yaitu tempat pertapaan agar diberi kesuksesan.

Baca Juga:  Asyiknya Wisata Arung Jeram di Sungai Palayangan!

Pertapaan santri tani yaitu tempat pertapaan yang diguanakan agar hasil tani melimpah. Pertapaan Subali yaitu tempat dimana Subali bertapa sebelum melawan Mahesosuro dan Lembusuro. Sumelong yaitu Lubang yang dapat menembus keatas yang digunakan subali untuk melarikan diri. Lumbuk kampek tempat penyimpanan barang- barang berharga kerjaan. Selumbung yaitu Lumbung makanan kejraan. Gua seterbang yaitu gua yang terhubung dengan Pantai Selatan.

Gua KiskendoPertapaan Kusuman yaitu tempat bertapa untuk memperoleh derajat yang tinggi. Padasan yaitu Sumber air kerjaan.Sepranji yaitu Tempat peternakan kerjaan. Babat Kendel yaitu batu yang mirip dengan usus manusia dan menurut mitos merupakan isi perut Mahesosuro. Sawahan yaitu tempat menanam padi dan selangsur sebagai tempat serdadu kerjaan. Anda bisa melihat alur cerita tentang Gua Kiskendo yang disangkut pautkan dengan kisah Perwayangan Ramayana yang diukir dalam relif didepan mulut gua.

Baca Juga:  Warungboto, Situs Bangunan Pesanggrahan peninggalan Sri Sultan Hamengku Buwono II

Didekat Gua Kiskendo juga terdapat gua Sumitro berjarak dua 20 meter,yang mempunyai dua mulut gua Vertikal dan Horizontal, yang mempunyai aliran sungai bawah tanah didalam gua, keindahan dan kesejukan disekitar gua ini, dan tersedianya tanah yang kosong yang cukup luas, cocok bagi anda yang ingin berkemah ditempat ini.

Gua Kiskendo Jogja

Banyak obyek wisata lainnya yang berdekat dengan gua kiskendo, Grojogan Sewu yang mempunyai ketinggian 20 meter, Watu Blencong 250 meter diatas Gua Kiskendo, Gunung Krengseng, Watu Gajah dan Gunung Kelir berjarak 4,5 km dari Gua Kiskendo.

Anda bisa menikmati semuanya dalam satu perjalanan. Selain gua kiskendo anda juga bisa berwisata ke gua- gua lainnya yang ada di jogja seperti gua jomblang dan gua cermai.

Baca Juga:  Warga Lokal yang Berwisata di Yogyakarta Diharapkan Terus Booking Melalui Visiting Jogja

Bagaimana Cara Menuju Kesini:

Jika menggunakan kendaraan umum maka Anda akan berhenti di desa Niten dekat Kecamatan Girimulyo, dari tempat ini jarak yang harus ditempuh masih sekitar 8 km. Namun jika menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat akan berhenti di dekat area Gua. Yang perlu diingat adalah jalan yang menanjak dan sempit maka kondisi kendaraan harus dalam kondisi yang prima dan sopir yang mengetahui medan jalan.