Beranda Wisata Alam Gua Gua Cerme: Tempat Walisongo Menyebarkan Islam di Jawa

Gua Cerme: Tempat Walisongo Menyebarkan Islam di Jawa

131

Gua Cerme

Daftar Isi

Gua Cerme ialah gua warisan riwayat yang berada di desa Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul atau sekitaran 20 km selatan Yogyakarta. Gua Cerme mempunyai panjang 1,5 km yang tembus sampai sendang di daerah Panggang, dusun Ploso, Giritirto, Kabupaten Gunungkidul. Dari sisi gua Cerme, disekelilingnya ada gua yang lain lebih kecil seperti goa Dalang, goa Ledek, goa Badut dan goa Kaum yang kerap dipakai untuk bersemedi.

Gua Cerme

Untuk capai gua, ada tangga dengan tinggi 759 m. Kata cerme datang dari kata khotbah yang menyaratkan perbincangan yang sudah dilakukan walisongo. Gua Cerme dahulunya dipakai oleh beberapa Walisongo untuk menebarkan agama Islam di Jawa. Disamping itu, gua Cerme dipakai untuk mengulas gagasan pendirian Mushola Agung Demak. Tiap Senin atau Selasa wage, selalu diselenggarakan upacara sukuran untuk minta karunia ke Tuhan.

Gua Cerme

Goa ini terhitung goa yang panjang dan dalam. Daya magnet khusus pelancong dari Goa Cerme ialah keelokan stalagtit dan stalagmit dan ada sungai bawah tanah dan jumlahnya kelelawar dalam gua.

Gua Cerme

Lantai goa tergenangi oleh air tanah dengan umumnya kedalaman air sekitaran 1 sampai 1,5 mtr.. Goa ini terbagi dalam banyak ruang, seperti pentas tatap muka, air zam zam, mustoko, air suci, watu riset, pelungguhan / paseban, kahyangan, grojogan sewu, air penguripan, gamelan, batu gilang, lumbung padi, gedung sekakap, kraton, pentas, goa lawa dan watu menggantung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here