Beranda Berita Gelora Sriwijaya, Stadionnya Masyarakat Palembang

Gelora Sriwijaya, Stadionnya Masyarakat Palembang

87

Gelora Sriwijaya, Stadionnya Masyarakat Palembang

Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring adalah Stadion kebanggaan warga Palembang. Dimana, Stadion ini diakui sebagai stadion bertaraf internasional. Hal ini terbukti dengan banyaknya, kegiatan sepakbola berskala internasional di gelar disini

Seperti halnya kebanyakan stadion di kawasan Indonesia yang bisa digunakan sebagai kawasan menarik untuk dikunjungi. Begitu pula dengan tempat ini. Dimana, ada sisi-sisi menarik yang tidak boleh ditinggalkan dan wajib untuk dijelajahi saat berada di Palembang.

Sejarah Panjang Jakabaring

Sejarah mencatat pada tahun 2004, Palembang ditunjuk sebagai penyelenggara PON XVI. Oleh karena itu pada 1 januari 2001, Pembangunan stadion ini dimulai. Tempat ini di desain mirip dengan gelora bung karno.

Jakabaring

Dimana, stadion bisa digunakan untuk multi event. Demi menghargai kejayaan kerajaan sriwijaya, maka dari itu stadion ini diberi nama gelora sriwijaya.

Dahulu, Sriwijaya adalah kerajaan yang berhasil menyatukan nusantara. Senada dengan semangat pon yaitu menyatukan keberagaman ke dalam olahraga. Maka, dengan semangat dan harapan sama inilah nama Sriwijaya disematkan

Mengenal Stadion

Tempat ini terletak di komplek Jakabaring Sport City, mempunyai luas wilayah kurang lebih 325 hektar. Ada banyak event internasional yang sering digelar disini seperti, Piala Asia tahun 2017.

komplek Jakabaring Sport City

Selain itu, tempat ini juga digunakan sebagai tempat perhelatan olahraga multi event se –Asia yaitu Asian Games 2018. Banyak nitizen terpukau dengan kemegahan stadion ini. Apalagi, tempat ini menjadi viral dan banyak diperbincangkan.

Baca Juga:  Pelni Telah Angkut 6,4 Juta Ton Per Mtr. Kubik Muatan Pos Laut semenjak 2014

Sama seperti halnya Gelora Bung Karno yang saat ini begitu megah, cantik, dan menggemaskan. Apalagi, pada saat malam hari. Wisatawan pasti akan dibuat lupa bila, Indonesia punya kawasan semenggemaskan itu.

Renovasi Stadion

Asian Games memang penuh dengan gengsi. Tidak hanya melalui prestasinya saja. Melainkan, melalui sarana dan prasananya juga harus menunjang serta ramah bagi semua atlet. Karena, nama bangsa ini pun juga dipertaruhkan disini.

Oleh karena itu, Stadion ini pun perlu di renovasi. Demi memenuhi standar internasional. Mulai dari kualitas rumput yang digadang-gadang mempunyai kualita sama dengan Allianz Arena, di Bayern Munchen.

Selain itu, gelora bumi sriwijaya juga merombak kursi. Dimana, dipasang kursi dengan single seat. Dengan dipasangnya kursi ini kapasitas tempat ini pun menyusut dari 30 ribu menjadi 27 ribu penonton saja.

Rencana renovasi ini memang disesuaikan dengan kebutuhan terkini. Hal ini bertujuan agar tempat ini bisa berstandar FIFA. Jadi, bila dikemudian hari Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah event dengan kelas lebih tinggi. Jakabaring siap untuk digunakan.

Sayangnya, kondisi terbaru jakabaring yang menelan biaya hingga miliyaran rupiah ini harus dirusak oleh ulah supporter tidak bertanggung jawab. Dan yang membikin miris adalah stadion ini dirusak oleh warga sriwijaya fc sendiri.

Kemarahan ini terjadi lantaran sriwijaya fc mendapatkan hasil buruk saat dikalahkan oleh arema. Mereka seakan tidak mau menerima kenyataan bahwa pada saat itu, sriwijaya memang bermain sangat buruk.

Baca Juga:  Kue Maksuba Khas Palembang

Beberapa fasilitas rusak seperti kursi-kursi lepas. Padahal, Asian games tinggal menghitung hari. Untung saja, TNI dan Polri bisa bersatu untuk membenahi kawasan stadion. Hingga, akhirnya bisa digunakan pada saat Asian games berlangsung.

Fasilitas Baru

Renovasi stadion ini bisa dibilang sangat detail. Dimana, ada layanan seperti hotel berbintang yaitu dengan adanya sauna yang dikhusukan untuk atlet sehabis bertanding. Ukurannya pun cukup lebar sekitar 2×3 meter

Diletakkan tepat di belakang loker pemain. Sehingga, para pemain tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati fasilitas yang diberikan ini. Selain itu, stadion ini pun terhubung dengan sistem layanan terpadu yaitu LRT.

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat Lokasi kawasan ini berada di Jl. Gubernur H. A Bastari, 15, Ulu, Seberang Ulu 1, Kota Palembang, Sumatra Selatan. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke sini pun sangat mudah. Karena pemerintah sudah cukup memanjakan dengan berbagai macam transportasi umum.

Bila wisatawan dari luar kota. Disarankan untuk menggunakan pesawat dan turun di bandara Sultan Mahmud Baddarudin. Kemudian, menggunakan LRT yang sudah disediakan untuk mencapai kawasan ini.

Apabila, wisatawan merasa ragu dengan kondisi LRT yang sering rusak. Maka, ada alternatif lain yang bisa digunakan yaitu dengan menggunakan bus yang sudah disediakan oleh pemerintah.

Untuk kendaraan pribadi lebih baik jangan menggunakan. Karena, kondisi kota Palembang selalu macet membuat waktu tempuh bakal lebih lama dibandingkan dengan wisatawan naik transportasi umum.

Baca Juga:  Tangkahan: Tempat Wisata Medan Yang Populer

Apalagi, transportasi umum disini disediakan sejak pagi hingga malam hari, jadi, jangan takut pulang malam. Kalau sudah disini, jangan lupa untuk ambil foto dan gambar sebagai kenangan yang tidak terlupakan.

Wisatawan yang ingin melihat kemegahan kawasan ini tidak dikenakan harga tiket masuk. Wisatawan hanya bisa melihatnya dari luar. Jika, ingin masuk dikenakan biaya sesuai dengan jenis bangku penonton saat gelaran sepakbola berlangsung.

Untuk masalah penginapan di dekat Jakabaring Sport City sudah ada hotel yang bisa dijadikan alternatif untuk menginap. Harganya pun cukup murah mulai dari 200 ribu hingga 1 juta pun ada disini.

Bagi wisatawan yang ingin membaca lebih dalam mengenai profil tempat ini. Bisa membuka beberapa situs ini internet. Atau juga bisa membuka skycrapercity. Dimana, situs ini mengupas tentang tempat ini lebih dalam.

Jakabaring Sport Center adalah kawasan yang memang menarik untuk dikunjungi. Kebanggaan akan fasilitas kelas internasional memamg layak untuk diapresiasi. Ayo datang dan saksikan sendiri kemagahan stadion kebanggaan rakyat Palembang.

Lokasi: Jl. Gubernur H. A Bastari, 15, Ulu, Seberang Ulu 1, Kota Palembang, Sumatra Selatan
HTM: Free
Buka / Tutup: 24 Jam
No. Telepon:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here