Eksotisme Gunung Payung di Perbukitan Pantai Selatan Pulau Dewata

Kawasan wisata Gunung Payung ialah panorama keindahan yang memadukan antara panorama alam perbukitan dengan kelautan yang lokasinya saling berdekatan. Wilayah perbukitan di sekitar Gunung Payung ini langsung berhadapan dengan Samudera Indonesia sehingga pengunjung bisa langsung menyaksikan dua keindahan tersebut secara bersamaan.

Eksotisme Gunung Payung di Perbukitan Pantai Selatan Pulau Dewata 1

1. Keindahan Bak Surgawi

Tentu saja, eksotisme dari indahnya samudera yang membantang luas sejauh mata memandang dan perbukitan yang berumpak juga sejauh mata memandang akan semakin nikmat bila disaksikan sore hari ketika sang surya hampir mendekati peraduannya. Semburatan lembayung senja akan kelihatan begitu eksotis dengan paduan deburan ombak samudera dan semilirnya angin perbukitan Gunung Payung yang sungguh bak di surga.

Baca Juga:  Kolam Alam Limbong, Telaga Eksotik di Balik Bukit Cadas

Jika ingin melihat keindahan yang sempuran, maka Anda bisa naik ke atas perbuktian Gunung Payung dimana pengunjung akan bisa menyaksikan sunset tepat di tengah-tengah Samudera Indonesia. Demikian, selain bisa menikmati keindahan alam, Gunung Payung juga memiliki tempat pemujaan bagi kalangan umat Hindu yakni Pura Dang Kahyangan Gunung Payung. Pura ini selain sebagai Pura Prasanak dari Pura Luhur Uluwatu, juga pura tersebut memiliki nilai sejarah.

Pendirian pura dan nama kawasan Gunung Payung masih berhubungan erat dengan perjalanan Maharesi Suci yang dikenal sebagai Dang Hyang Nirartha atau Dang Hyang Dwijendra.

2. Lokasi

Untuk mencapai kawasan Gunung Payung sangat mudah karena sarana jalan menuju lokasi itu cukup baik dan hanya berjarak sekitar 30 kilometer arah selatan dari ibukota Denpasar menuju arah desa Pecatu, kemudian ke arah Nusa Dua.

Baca Juga:  Mengunjungi Wisata Alam Iseh

Kawasan Gunung Payung terletak di dalam wilayah Desa Adat Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Pada saat ini, kawasan tersebut belum dikembangkan sebagai daerah tujuan wisata oleh Pemerintah Daerah Tingkat II Badung. Sehingga di sekitar kawasan Gunung Payung belum ada sarana dan fasilitas untuk kepariwisataan.

Selamat Berkunjung!