Beranda Wisata Alam Danau Danau Sidihoni: Dijuluki ‘Danau di Atas Danau’

Danau Sidihoni: Dijuluki ‘Danau di Atas Danau’

70

Danau Sidihoni

Daftar Isi

Danau Sidihoni berada di Kecamatan Pangururan, Pulau Samosir. Jika Pulau Samosir disebutkan sebagai “pulau di atas pulau”, Danau Sidihoni yang ada di Pulau Samosir ini dapat disebutkan sebagai “danau di atas danau” (di atas Danau Toba). Air danau ini kerap berbeda berwarna, dan oleh warga di tempat peralihan warna ini disambungkan dengan kejadian-peristiwa yang terjadi di Indonesia.

Danau Sidihoni

Danau Sidihoni berjarak 8 kilometer dari Pangururan ini cukup indah. Pemandangan di sekitar danau bisa dipantulkan oleh air danau. Dikelilingi oleh bukit landai berwarna hijau muda dan deretan pohon pinus, semakin menambah keindahan. Sayang, danau berair jernih ini belum dikelola dengan baik.

Mayoritas warga disekitaran danau masih manfaatkan airnya untuk sarana “mandi bersihkan jamban” (MCK). Terbatasinya fasilitas prasarana transportasi membuat objek rekreasi ini jarang-jarang mendapatkan lawatan pelancong.

Danau Sidihoni bukan salah satu danau di Pulau Samosir, ada sebuah danau kembali yang lebih kecil dari Danau Sidihoni di pulau ini yang namanya Danau Aek Natonang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here