Beranda Wisata Alam Danau Danau Ranu Klakah Tempat Wisata Favorit Mencari Ikan

Danau Ranu Klakah Tempat Wisata Favorit Mencari Ikan

28

Danau Ranu Klakah, Lumajang Tempat Wisata Favorit Mencari Ikan

Ranu Klakah Lumajang sebagai salah satunya danau alami yang tercipta dari letusan Gunung Lemongan. Danau ini sebagai danau terluas dan paling besar antara ke-3 danau yang ada di lereng gunung itu. Keadaannya masih lumayan natural serta menjadi satu diantara tempat favorite untuk cari ikan oleh warga sekitaran Ranu Klakah berada di dusun Tegal Randu, kecamatan Klakah, kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Ranu Klakah ada di ketinggian 900 mdpl dengan luas 22 hektar dan kedalaman capai 30 mtr.. Panorama Ranu Klakah kelihatan luas dan tidak terhambat oleh apa saja dari tempat pintu air.

Danau Ranu Klakah

Bila tidak tertutup kabut, pemandangan Ranu Klakah akan berlatar Gunung Lemongan, Jawa Timur (bernama lain Gunung Lamongan/Klakah). Situasi berasa sejuk karena terletak ada di lereng gunung dan tempatnya lumayan tinggi. Keadaan air danau cukup bersih dan jernih karena datang dari sejumlah sumber mata air disekitaran danau. Sarana simpatisan wisata Ranu Klakah Lumajang yang lumayan menarik ialah penyewaan perahu motor dan penyewaan becak air.

Pengunjung bisa memakai sarana ini dengan beli ticket pada loket selain dermaga perahu. Dengan memakai perahu motor, pengunjung bisa nikmati semua pojok teritori Ranu Klakah tanpa perlu berusaha susah payah jalan kaki melingkari danau. Sebuah taman bermain kecil yang teduh dibuat dari sisi pintu air Ranu Klakah.

Baca Juga:  Romantisme Wisata Bromo Bulan Madu

Pas dipakai sebagai tempat untuk bermain untuk pengunjung yang bawa anak-anak. Disekitaran tempat taman banyak ditemui pohon besar yang cukup membuat situasi sekitaran cukup sejuk. Keadaannya cukup terurus walau tidak ada sarana simpatisan seperti toilet dan masjid.

Pengunjung bebas manfaatkan taman itu untuk santai sekalian nikmati panorama alam Ranu Klakah. Warung apung yang dibuat di pinggir danau sediakan sajian kulineran ciri khas Ranu Klakah berbentuk olahan ikan air tawar. Terletak tidak jauh dari taman dan bisa dijangkau dengan menusuri jalan setapak di pinggir Ranu Klakah.

Danau Ranu Klakah

Cukup menarik menikmati hidangan olahan air tawar sambil menikmati pemandangan Ranu Klakah Lumajang. Harga yang dijajakan cukup dapat dijangkau tetapi diharap pengunjung bertanya harga makanan lebih dulu.

Kegiatan yang banyak kelihatan disekitaran teritori Ranu Klakah ialah aktivitas beberapa pemicu dan beberapa penjaring. Mereka banyak kelihatan saat pagi hari dan sore hari tetapi terkadang saat siang hari beberapa pada mereka telah datang di lokasi. Tipe ikan yang didapatkan dari Ranu Klakah cukup bermacam dimulai dari ikan nila, tawes, bawal, dan lain-lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here