Beranda Wisata Alam Danau Danau Maninjau: Terbentuk Karena Letusan Gunung

Danau Maninjau: Terbentuk Karena Letusan Gunung

72

Danau Maninjau

Daftar Isi

Danau Maninjau ialah sebuah danau di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, propinsi Sumatra Barat, Indonesia. Danau ini berada sekitaran 140 km samping utara Kota Padang, ibu-kota Sumatera Barat, 36 km dari Bukittinggi, 27 km dari Lubuk Basung, ibu-kota Kabupaten Agam.

Danau Maninjau

Maninjau yang disebut danau vulkanik ini ada di ketinggian 461,50 mtr. di permukaan laut. Luas Maninjau sekitaran 99,5 km² dan mempunyai kedalaman maksimal 495 mtr.. Cengkungannya tercipta karena letusan gunung yang namanya Sitinjau (menurut legenda setempat), ini bisa kelihatan dari wujud bukit sekitar danau yang seperti dinding. Menurut legenda di Ranah Minang, kehadiran Danau Maninjau erat berkaitan dengan cerita Bujang Sembilan.

Danau Maninjau

Danau Maninjau sebagai sumber air untuk sungai namanya Batang Antokan. Di salah satunya sisi danau yang disebut hilir dari Tangkai Antokan ada PLTA Maninjau. Puncak tertinggi diperbukitan sekitaran Danau Maninjau dikenali bernama Puncak Lawang. Untuk dapat capai Danau Maninjau bila dari arah Bukittinggi maka melalui jalan berliku yang dikenali dengan Kelok 44 sejauh lebih kurang 10 km dimulai dari Ambun Pagi sampai ke Maninjau.

Danau Maninjau

Danau ini terdaftar sebagai danau terluas kesebelas di Indonesia. Dan di Sumatera Barat, Maninjau sebagai danau terluas ke-2 sesudah Danau Singkarak yang mempunyai luas 129,69 km² yang ada di dua kabupaten yakni Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok. Disekitaran Danau Maninjau ada sarana rekreasi, seperti Hotel (Maninjau Cantik Hotel, Pasir Panjang Permai) dan pemondokan dan restaurant.

Baca Juga:  Danau Lindu: Danau Dengan Ikan Yang Melimpah

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here