Danau Aek Natonang

Danau Aek Natonang

Danau Aek Natonang berada di Dusun Tanjungan, Kecamatan Simanindo, Pulau Samosir, Sumatera Utara. Jika Pulau Samosir disebutkan sebagai “pulau di atas pulau”, Danau Aek Natonang yang ada di Pulau Samosir ini dapat disebutkan sebagai “danau di atas danau” (di atas Danau Toba).

Danau Aek Natonang

Aksesibilitas ke danau seluas 105 hektar ini juga kurang baik. Ditambah minimnya sarana prasarana pendukung, membuat Danau Aek Natonang tidak mendapat kunjungan wisatawan dan direncanakan sebagai areal Hutan Wisata.

Danau Aek Natonang bukan salah satu danau di Pulau Samosir, ada sebuah danau kembali yang semakin besar dari Danau Aek Natonang di pulau ini yang namanya Danau Sidihoni.

Baca Juga:  Berwisata Ke Taman Penangkaran Buaya Asam Kumbang, Medan Sunggal

Merilis dari saluran Pariwisata Sumut, Danau Aek Natonang ini dijepit oleh rimba pohon pinus dan permukiman warga, di tempat selebar 65 hektar.

Teritori danau ini masih asri dan sedikit tersentuh oleh pelancong.
Panoramana seperti pada bawah kolong langit Pulau Samosir dengan rumput-rumputan hijau jadi daya tarik tertentu untuk tujuan ini.

Walau sedikit didatangi pelancong, tetapi sekarang ini beberapa sarana mulai diperkembangkan di danau ini.

Pelancong yang tiba dapat lakukan beberapa kegiatan seperti bermain sepeda, olahraga di jogging trek yang disiapkan, dan bermain di taman air.

Untuk pecinta camping, Danau Aek Natonang ini dapat menjadi salah satunya alternative spot untuk kemping.

Baca Juga:  Danau Situ Lengkong: Danau Bernuansa Religius

Situasi yang jauh dari keramaian dan sepi, jadikan danau ini pas untuk jadi tempat camping. Ditambah lagi api unggun dan panorama malam hari yang menakjubkan.

Artikel Terkait: