Beranda Wisata Dalam Negeri Jawa Barat Citumang: Objek Rekreasi Mempunyai Daya Magnet Khusus

Citumang: Objek Rekreasi Mempunyai Daya Magnet Khusus

36

Citumang

Travelbiz – Informasi Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia – Citumang adalah tempat rekreasi di Pangandaran yang jangan terlewati. Karena keelokannya banyak beberapa pelancong yang bertandang ke tempat wisata itu sekedar untuk berpoto-poto dan berenang, nikmati keelokan sungai citumang itu.

Objek rekreasi alam Citumang sebagai objek rekreasi yang mempunyai daya magnet khusus, yakni sungai Citumang yang mengucur memotong rimba jati dengan airnya yang bening kebiruan. Pinggiran sungai yang terbagi dalam ornament batu-batuan padas dengan lubuk dalam dihias relief alam dan saluran sungai yang tembus ke goa.

Citumang Pangandaran

Citumang Pangandaran

Objek rekreasi citumang ini berada di Dusun Bojong Kecamatan Parigi Ciamis, memiliki jarak lebih kurang 15 km dari Pangandaran ke barat. Atau sekitaran 4 km dari jalan raya Pangandaran – Cijulang. Jarak semuanya dari kota Ciamis sekitaran 95 km.

Bisa diraih dengan kendaraan umum jalur Cijulang, diteruskan dengan kendaraan ojeg, dihubung pada jalan kaki mencari pinggir sungai dan kebun wargaan sejauh 500 mtr..

Perlu Anda kenali jika nama Citumang datang dari legenda mengenai satu ekor buaya buntung, Sang Tumang. Demikian kuatnya keyakinan warga akan kedatangan buaya buntung itu hingga sampai saat ini tinggalkan nama yang menempel kuat jadi nama sungai.

Versus lain cerita Citumang, datang dari Cai (Bhs. Sunda = air) yang menumpang (cai menumpang) yang terkait dengan ialah air sungai yang mengucur di bawah tanah. Kata cai menumpang ini bersamaan Air yang bening menunggu Anda perjalanan waktu semakin lama beralih menjadi Citumang.

Baca Juga:  Obyek Wisata Bandung: Teropong Bintang Boscha yang Fenomenal

Pada kedalaman tertentu Anda bisa menikmatinya dengan mandi dan berenang. 500 mtr. dari lokasi pamandian ke hilir, ditemui daya tarik alam berbentuk saluran sungai Citumang yang masuk ke perut bumi dan keluar kembali di arah hulu. Saluran sungai yang masuk ke goa ini dinamakan Goa Taringgul yang selanjutnya diberi nama baru sebagai Sanghyang Tikoro (Batara Kerongkongan).

Nikmati Citumang, bukan hanya mandi dan berenang sama seperti yang sepanjang ini lebih banyak dilaksanakan pelancong asing, tapi juga anda dapat lakukan aktivitas yang lain misalnya : nikmati situasi sejauh sungai, penjelajahan ke goa dan nikmati privasi di tengah-tengah alam yang asli, sejuk dan eksotik.

Nach jika anda tidak pernah bertandang ke tempat wisata citumang, cepatlah bertandang ditanggung anda tidak menyesal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here